Rahasia Berbisnis Yang Bijak! Beberapa Tips Belanja Grosir Kain Tenun Terbaik -->

Kategori Berita

.

Rahasia Berbisnis Yang Bijak! Beberapa Tips Belanja Grosir Kain Tenun Terbaik

Faisol abrori
Jumat, 07 Januari 2022


Memiliki nilai estetika yang tinggi dan disebut-sebut menjadi identitas Bangsa Indonesia, kira-kira apa itu? Salah satu budaya tradisional Indonesia adalah kain tenun. Namun  sebelum Anda membelinya, Anda bisa menyimak tips belanja grosir kain tenun terbaik pada penjelasan berikut ini. 

Meskipun sudah populer oleh sebagian masyarakat hingga ke manca negara, Anda tetap harus memilih-milih jenis kain tenun. Biasanya terdapat kain tenun yang memiliki corak motif bagus, tetapi jika dipegang terasa kasar dan tidak nyaman dipakai. Oleh sebab itu, Bagi Anda seorang pemula yang hendak terjun dalam industri tekstil dan ingin membeli kain tenun, sebaiknya menyimak beberapa tips belanja grosir kain tenun terbaik berikut ini. 

TIPS CERDAS BELANJA GROSIR KAIN TENUN!


1. Mencari Kain Tenun Dengan Material Yang Berkualitas 

Motif serta corak dari kain tenun yang dibuat oleh pengrajin dari berbagai budaya, membuatnya banyak diminati oleh banyak orang termasuk turis asing. Tidak hanya itu setiap lembar dari motif kain tenun memiliki makna yang mendalam. Biasanya pecinta kain tenun akan mencari terlebih dahulu asal muasal dari kain tenun yang ingin dibelinya. Hal tersebut karena setiap motif dan corak dari kain tenun memiliki filosofi sendiri-sendiri. 

Tips pertama dalam belanja grosir kain tenun terbaik ialah mencari kain dengan material yang berkualitas. Tentunya hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli kain tenun adalah bahannya. Sebaiknya Anda melakukan beberapa riset terlebih dahulu sebelum membeli kain tenun, supaya bisa mengerti seperti apa saja karakteristik material kain tenun yang terbaik. 

Anda juga bisa memilih jenis kain tenun yang sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut, karena biasanya wanita lebih menyukai kain tenun dengan bahan dasar sutra. Sedangkan pria, cenderung tidak menyukai kain tenun dengan bahan dasar sutra.  Maka dari itu, sebelum membeli kain tenun pastikan Anda mengetahui tujuan pembelian tersebut. 

2. Memilih Kain Tenun Dengan Komposisi Padat 

Tips belanja grosir kain tenun terbaik selanjutnya adalah memilih kain dengan komposisi padat. Secara khusus kain tenun terbaik memiliki komposisi jahitan yang padat, melalui mengetahui kualitas jahitan ini Anda bisa menilai kelayakan harga dari kain yang mau dibeli. Semakin banyak benang yang digunakan untuk membuat kain tenun, maka semakin bagus kualitas kain tenun yang dihasilkan. Dengan begitu Anda bisa memastikan kualitas bahan kain tenun dengan memperhatikan komposisi jahitan. 

3. Jangan Membeli Kain Tenun Karena Harganya 

Ketika Anda ingin membeli kain tenun, jangan terpaku pada harga yang ditawarkan. Hal tersebut karena kain tenun bukanlah sekedar kain biasa yang memiliki harga mahal, kain tenun adalah karya seni dengan nilai jual tinggi. 

Dibutuhkan beberapa keterampilan khusus dalam membuat kain tenun ini. Tidak hanya itu ketelitian seorang pengrajin saat memadukan benang juga dibutuhkan, supaya bisa menghasilkan kain tenun dengan corak motif bagus. Maka dari itu, tips memilih kain tenun kualitas terbaik selanjutnya adalah jangan terpukau pada harga yang mahal. Namun pilihlah kain tenun karena keindahan dari corak dan motifnya yang luar biasa. 

4. Pilihlah Kain Tenun Yang Tidak Mudah Luntur 

Anda bisa memilih kain tenun yang tidak mudah luntur supaya mendapatkan kualitas kain terbaik. Tidak hanya itu, memilih kain yang tidak mudah luntur juga merupakan salah satu tips belanja grosir kain tenun terbaik. Pastikan Anda membeli kain tenun jenis aseli, hal tersebut dikarenakan kain tenun dengan kualitas terbaik biasanya tidak mudah luntur walaupun terkena air sekalipun.  

Kain tenun dengan kualitas terbaik mampu mempertahankan warna benang dalam jangka waktu panjang. Jika Anda ingin mengetes apakah kain tenun yang ingin dibeli tidak mudah luntur, Anda bisa mencobanya menggunakan tisu basah. Kandungan ekstrak alkohol pada tisu basah ini, bisa membuktikan seberapa besar kualitas dari kain tenun. 

5. Melihat Proses Pembuatan Kain Tenun 

Tips belanja grosir kain tenun terbaik diantaranya adalah melihat proses pembuatanya. Secara umum proses pembuatan dari kain tenun tersebut, akan mempengaruhi jumlah harga yang ditawarkan. Semakin sulit dan lamanya proses pembuatan kain tenun tersebut, maka akan semakin mahal harga penjualan kain tenun. Jika dibuat secara manual, pembuatan kain tenun sepanjang 80 cm akan membutuhkan waktu sekitar 3 bulan lebih. 

Waktu tersebut menyesuaikan dengan keterampilan dan ketelitian pengrajin dalam menyelesaikan kain tenun. Maka dari itu, tidak heran jika harga dari kain tenun kebanyakan mahal. Menggunakan tips belanja grosir kain tenun terbaik, Anda bisa memilih beberapa kain tenun dengan kualitas bahan bagus. Selain itu Anda bisa mendapatkan kain tenun dengan harga terjangkau. Kain tenun juga merupakan salah satu kebudayaan dari Indonesia, sehingga posisinya hampir sama dengan kain batik. 

Setiap daerah pastinya memiliki ciri khas kain tenun masing-masing. Anda bisa mempraktekkan tips belanja grosir kain tenun terbaik, ketika ingin membeli kain tenun dengan kualitas bahan bagus tetapi dengan harga terjangkau. Untuk tempat membeli kain tenun terbaik, kalian bisa membeli langsung melalui situs zilingotrade.id, karena tersedia banyak kain tenun berkualitas dengan harga yang ramah tentunya.