Tips Menjaga Kerahasiaan Data Perbankan -->

Kategori Berita

.

Tips Menjaga Kerahasiaan Data Perbankan

Faisol abrori
Senin, 17 Januari 2022

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-laptop-internet-meja-6995134/ 

Untuk urusan perbankan, menjaga kerahasiaan data menjadi salah satu hal yang penting. Bila informasi ini diketahui oleh orang lain, penyalahgunaan transaksi oleh orang yang tidak bertanggungjawab bisa saja terjadi. 

Berbagai macam data seperti nomor CVV kartu debit dan kredit hingga PIN menjadi kunci masuk mengakses data perbankan. Jangan sampai karena tidak adanya kewaspadaan atau sembarangan cek rekening bank menggunakan aplikasi abal-abal, pihak lain leluasa melakukan penyalahgunaan data ini. 

Pada dasarnya, pihak bank sudah menjamin keamanan nasabah ketika melakukan berbagai macam transaksi, bahkan bukan hanya transaksi konvensional namun juga saat menggunakan mobile banking app. Namun, jika dari sisi nasabahnya tidak ada kewaspadaan tentu pengamanan tidak akan maksimal. 

Baca Juga : Cara Mengelola Pinjaman Bank untuk Keperluan Bisnis dan Usaha

6 Tips Menjaga Kerahasiaan Data Bank 

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/laptop-menjelajah-teknologi-dalam-ruangan-6994281/ 

Ada beberapa hal penting yang harus diwaspadai oleh nasabah agar bisa mencegah terjadinya tindak penipuan yang merugikan, seperti: 

1. Hindari Memberikan Data Diri pada Pihak Manapun 

Saat ini berbagai macam hal dapat dengan mudah didapatkan hanya dengan menggunakan aplikasi. Oleh sebab itu, kamu harus waspada dengan tipu daya sehingga kamu memberi informasi data diri perbankan secara mendetail. 

Informasi pribadi seperti tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor KTP, nomor kartu debit hingga pin ATM menjadi informasi penting. Bahkan saat cek rekening bank, kamu harus berhati-hati agar pengecekan dilakukan oleh pihak yang tepat. 

2. Gunakan Kata Sandi yang Tidak Mudah Ditebak 

Untuk dapat memecahkan kata sandi, hacker membutuhkan waktu selama kurang lebih 10 menit karena kata sandi mobile banking app terdiri dari 6 karakter. Menurut penelitian, hingga 80% kasus bocornya data disebabkan karena lemahnya sandi pengguna. 

Oleh sebab itu, mulai saat ini hindari menggunakan sandi yang mudah ditebak namun pastikan sandi tersebut mudah diingat. 

Baca Juga : Cara Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi

3. Aktifkan Dua Lapisan Keamanan 

Terkadang, karena seringnya melakukan cek rekening bank, kita menjadi malas untuk menggunakan 2 lapisan keamanan. Padahal, dobel lapisan keamanan ini menjadi cara terbaik agar dapat menghindari pembajakan akun. 

Pembajakan akun terjadi hingga ratusan juta kali setiap hari, namun dobel lapisan keamanan ini bisa memblokirnya. Lapisan keamanan yang bisa digunakan seperti pengenalan wajah serta sidik jari. Sehingga, meskipun hacker sudah mengetahui password yang kita miliki, mereka tetap tidak akan bisa melakukan transaksi. 

4. Menggunakan Layanan Cek Rekening Bank 

Sebelum melakukan transfer untuk sejumlah pelunasan pembelian online, namun bisa mengecek status rekening bank yang dimiliki penjual dengan menggunakan situs cek rekening. 

Situs cek rekening ini dibuat oleh Kemenkominfo yang mengumpulkan rekening untuk penipuan. Bayangkan saja, sepanjang tahun 2021 ini saja, layanan ini sudah menerima aduan penipuan hingga ratusan ribu kasus. 

5. Hindari Melakukan Transaksi Menggunakan Wifi Public 

Perlu diketahui, koneksi WiFi publik bisa tidak aman untuk melakukan transaksi. Berbagai macam informasi penting yang berkaitan dengan kartu kredit dan kartu debit yang kamu miliki bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Jika memang harus melakukan transaksi menggunakan WiFi public, kamu harus cek rekening bank yang akan dituju terlebih dahulu. 

6. Cek Rekening Bank secara Berkala 

Tidak sedikit orang yang mengalami tindak penipuan disebabkan karena tidak melakukan pengecekan rekening dengan berkala. Padahal, jika kamu melakukan pengecekan rekening secara berkala dan terdapat transaksi mencurigakan di sana, kamu bisa segera memblokirnya. 

Pilihan Mobile Banking Terbaik agar Transaksi Selalu Aman 

Agar memudahkanmu cek rekening bank berkala serta menjamin transaksi dilakukan dengan aman, kamu bisa menggunakan mobile banking dan memilih mobile banking paling aman.

 Salah satu rekomendasi mobile banking app terbaik adalah PermataMobile X dari PermataBank. PermataMobile X mempunyai ratusan fitur yang bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan perbankan. Sebagai salah satu layanan unggulan, ada berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh PermataMobile X ini, seperti: 

Canggih 

PermataMobile X mempunyai banyak fitur perbankan, bahkan jumlahnya mencapai ratusan. Berbagai fitur ini akan memudahkan transaksi yang kamu lakukan. 

Transaksi Terjamin Aman 

Selain berbagai fiturnya yang canggih, PermataMobile X juga terjamin aman. Hal ini disebabkan karena adanya multi-factor authentication yakni sidik jari dan pengenalan wajah. 

Praktis 

PermataMobile X juga sangat praktis. Berbagai macam hal bisa kamu lakukan seperti cek rekening bank, buka rekening, melakukan transfer, pembayaran kartu kredit hingga melakukan isi ulang pulsa. 

Selain cek rekening bank, ada berbagai hal yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan PermataMobile X, seperti: 

  • Pengecekan mutasi hingga 12 bulan terakhir 
  • Melakukan pembayaran tagihan mulai dari tagihan telepon, tagihan listrik, internet dan berbagai tagihan lain 
  • Melakukan pengisian e-wallet, isi ulang pulsa, token listrik bahkan pembelian voucher game 
  • Pembuatan rekening tabungan, pengajuan KTA hingga pembuatan kartu kredit secara online tanpa perlu pergi ke bank 
  • Menjual, membeli hingga melakukan switching reksa dana 
  • Melakukan pembayaran di toko maupun merchant dengan menggunakan fitur QR Pay. Dengan menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu melakukan pembayaran dengan scan barcode. Cara ini tentu saja lebih praktis karena kamu tidak perlu melakukan pengisian e-wallet. 
  • Tarik tunai di semua gerai Indomaret. PermataMobile X memiliki fitur mobile cash, sehingga kamu bisa melakukan Tarik tunai tanpa pergi ke ATM 
  • Mengirimkan WhatsApp Gift. WhatsApp Gift adalah transaksi transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan. Ada berbagai macam pilihan kartu ucapan yang menarik. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu mengetahui nomor rekening yang akan dituju 
  • Mengajukan kenaikan limit sementara credit card 

Bayangkan, hanya dengan 1 aplikasi, kamu bisa melakukan cek rekening bank hingga berbagai macam transaksi lainnya. Jadi, masih ragu menggunakan PermataMobile X?