Apa Arti Angel dalam Bahasa Jawa? -->

Kategori Berita

.

Apa Arti Angel dalam Bahasa Jawa?

Faisol abrori
Kamis, 03 Februari 2022

 Apa Arti Angel dalam Bahasa Jawa - Angel merupakan sebuah kata yang lebih familiar dengan arti malaikat. Karena memang angel dalam bahasa Inggris itu artinya malaikat. Beda bahasa inggris beda pula bahasa Jawa. 

Dalam bahasa Jawa juga terdapat istilah angel, tapi maknanya bukanlah malaikat. Lalu apa maknanya? Mari simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawaban selengkapnya. 

Apa Arti Angel Dalam Bahasa Jawa? 

Bagi kamu orang jawa, aku yakin sudah paham betul tentang arti dari kata angel ini. Yang bukan dari Jawa Tengah, Jogja, atau Jawa Timur mungkin akan merasa kesulitan. Baiklah, aku kasih tau artinya. 

Angel dalam bahasa Jawa memiliki makna sulit, susah,  atau sukar. Cara membacanya bukan enjel, melainkan tetap dibaca angel. Misalnya seperti ini : Soal iki angel tenan digarap. (Soal ini sulit sekali dikerjakan). 

Jadi kata Angel ini biasanya diucapkan ketika mengalami kesulitan dalam sesuatu hal. Misalnya kesulitan mengerjakan soal seperti kalimat di atas. 

Contoh Kalimat dari Kata Angel 

Istilah 'angel' sendiri sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berasal dari daerah-daerah yang sudah disebutkan di atas. Berikut ini beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jawa yang berasal dari kata Angel lengkap dengan artinya : 

  • Angel wes bro, angel tenan (sulit sudah bro, sulit banget). 
  • Aku ora isa nggarap PR, pitakonane angel banget (aku nggak bisa mengerjakan PR, pertanyaannya sulit banget). 
  • Soal fisikane angel yo (soal fisikanya susah ya). 
  • Cah iki angel tenan yo dikandani (anak ini susah banget ya diberitahu). 
  • Angel tenan tuturanmu (susah banget penuturanmu). 
  • Piye ujiane? Angel ora soale? (Bagaimana ujiannya? Susah tidak soalnya?). 
  • Angel wes angel, aku bingung arep laopo maneh (Susah sudah susah, aku bingung mau ngapain lagi). 
  • Kawontenanipun sapunika radi angel (keadaan saat ini cukup sulit). 

Nah sekarang sudah tau kan apa arti angel dalam bahasa Jawa itu? Oh ya, selain bahasa Jawa angel juga ada dalam bahasa Sunda yang artinya adalah lama. Jadi, jangan sampai salah membedakan antara angel (sulit), angel (malaikat), dan juga angel (lama).