Arti Kata Pekok dalam Bahasa Jawa -->

Kategori Berita

.

Arti Kata Pekok dalam Bahasa Jawa

Faisol abrori
Jumat, 04 Februari 2022

arti kata pekok

Arti Pekok - Pernahkah kamu mendengar kata pekok? Atau justru kamu pernah mengucapkan? Pekok sendiri merupakan sebuah kata atau istilah yang kerap diucapkan oleh orang-orang Jawa. Kata ini sering diucapkan anak muda di Jawa Tengah dan Jawa Timur karena tergolong sebagai bahasa gaul. 

Sebetulnya ada juga orang tua yang kerap mengucapkannya, namun tidak sesering anak muda. Alasannya, karena pekok dinilai sebagai kata yang kurang sopan diucapkan. Orang tua yang mengatakan pekok biasanya sudah terlampau kesal. 

Apa sesungguhnya arti pekok itu ? Mari simak jawaban selengkapnya pada konten berikut ini : 

Arti Pekok Dalam Bahasa Jawa 

Untuk diketahui, pekok ini sebetulnya memiliki banyak sekali makna tergantung bagaimana penggunaannya. Kalau mengacu pada bahasa Jawa, arti pekok secara harfiah adalah ada cekungan atau memiliki cekungan. Selain itu, kata pekok memiliki arti lain yang cenderung kasar dan tidak sepantasnya diucapkan. Apa sajakah itu? 

Bodoh 

Pekok bisa dimaknai bodoh. Yang dimaksud bodoh dalam hal ini adalah sudah dikasih contoh untuk melakukan sesuatu tapi nggak bisa-bisa. Misalnya dikasih contoh cara menjawab soal matematika, tapi berkali-kali tidak paham juga. Ketika seseorang sudah terlalu kesal, maka kata pekok ini bisa saja keluar. 

Contohnya yaitu : Pekok banget sih kowe, ora mudeng-mudeng mulai mau (Bodoh banget sih kamu, nggak paham-paham dari tadi) 

Ngeyel atau Egois 

Selain itu, pekok juga bisa dimaknai ngeyel atau egois. Biasanya diucapkan kepada seseorang sulit banget dikasih tau padahal sudah jelas salah dan dia merasa paling benar. 

Contoh : Pekok tenan kowe yo (egois sekali kamu ya). 

Nyeleneh 

Arti pekok selanjutnya adalah nyeleneh. Maksudnya adalah gokil, asal-asalan, dan biasa digunakan untuk lucu-lucuan sekalian menyindar. 

Misalnya seperti : Nyeleneh tenan arek iki (gokil banget anak ini). 

Selain itu masih banyak arti kata pekok lainnya yang berbeda sesuai penggunaannya. Dan arti-arti tersebut aku temukan pada forum-forum online. Demikian penjelasan singkat seputar arti pekok dalam bahasa Jawa. Indonesia memang kaya akan bahasa dan seharusnya kita bisa menjaganya dengan baik.