Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Belum Dibayar -->

Kategori Berita

.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Belum Dibayar

Faisol abrori
Rabu, 16 Februari 2022

cara membatalkan pesanan tokopedia

Memesan barang melalui toko online memang menyenangkan, karena tinggal memilih dan barang akan datang segera. Toko online yang sering digunakan adalah Tokopedia, namun tidak jarang pula ada yang kesal karena salah memilih barang. Nah, jika terjadi seperti itu maka tinggal batalkan pesanannya. Di bawah ini ada cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang belum dibayar paling mudah!

Membatalkan Pesanan Melalui Aplikasi Tokopedia

Cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang belum dibayar paling pertama dapat melalui aplikasi Tokopedia langsung. Biasanya cara ini digunakan bagi yang mempunyai aplikasi Tokopedia di ponsel. Cara di bawah ini cukup mudah serta tidak perlu menggunakan bantuan perangkat lain untuk membatalkannya. Berikut cara yang bisa digunakan oleh pengguna dengan mudah serta super cepat:

     Masuklah ke dalam aplikasi Tokopedia, setelah dapat masuk ke dalam aplikasi. Masuklah juga dengan menggunakan akun yang pesanannya ingin dibatalkan.

     Pastikan gunakan akun Tokopedia yang benar agar saat proses pembatalan tidak terjadi kesalahan. Nah, jika sudah dapat masuk ke dalam akun yang dimaksud maka pengguna bisa langsung melakukan pembatalan pesanan tersebut.

     Kemudian, pengguna dapat memilih menu “Akun” yang terletak di bagian kanan sendiri. Di dalam menu tersebut akan muncul beberapa opsi untuk menggunakan Tokopedia.

     Jika ingin membatalkan pesanan, maka pengguna bisa memilih lagi opsi “Transaksi.” Di dalam menu tersebut juga akan muncul lagi beberapa transaksi belanja yang dilakukan si pengguna tersebut.

     Pilihlah pesanan yang belum dibayarkan, klik pesanan tersebut. Nah, akan muncul lagi rincian pembelanjaan yang dilakukan si pengguna. Untuk melakukan pembatalan, pengguna dapat gulirkan ponselnya sampai bawah.

     Setelah itu paling bawah sendiri, akan terdapat fitur untuk membatalkan pesanan. Biasanya bertuliskan “Batalkan Pesanan”, pengguna dapat memilih menu tersebut untuk segera melakukan pembatalan.

     Sebaiknya, sebelum melakukan pembatalan pengguna konfirmasi terlebih dahulu dengan si penjual agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Melalui Perangkat PC

Untuk cara yang kedua yaitu bisa melalui perangkat PC, cara ini digunakan apabila si pengguna menggunakan aplikasi Tokopedia di dalam PC. Teknik yang digunakan juga hampir sama dan tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk mengetahui cara lebih detailnya, pengguna bisa menyimak caranya di bawah ini:

     Bukalah PC yang digunakan untuk menyimpan aplikasi Tokopedia, kemudian nyalakan PC tersebut agar bisa dijalankan dengan baik.

     Setelah menyala, bukalah aplikasi Tokopedia yang ada di halaman depan PC atau yang biasa disebut dengan desktop. Lalu jika sudah masuk pengguna juga dapat masuk atau login menggunakan akun Tokopedia.

     Masuklah menggunakan akun Tokopedia yang pesanannya akan dibatalkan, tuliskan e-mail serta kata sandinya dengan benar. Jika sudah masuk ke dalam akun yang benar, maka pengguna dapat memulai proses pembatalan pesanan yang belum dibayar.

     Untuk tahap berikutnya yaitu jika sudah masuk ke dalam akun yang dimaksud, pengguna dapat menggulirkan kursor sampai ke bawah hingga menemukan sebuah fitur “Menunggu Pembayaran.”

     Fitur di atas, merupakan fitur yang berisi pesanan yang belum dibayarkan. Untuk membatalkannya sangat mudah sekali, pengguna tinggal klik fitur tersebut lalu pilih pesanan yang akan dibatalkan.

     Kemudian akan muncul sebuah link untuk membatalkan pesanan, jika pengguna klik link tersebut maka akan muncul rincian pesanan dan terdapat juga opsi untuk membatalkan pesanan.

     Langkah terakhir yaitu pengguna tinggal klik “Batalkan Transaksi” dan pesanan pun akan batal dengan sendirinya. Namun, sebaiknya lakukan konfirmasi dahulu ke penjual agar penjual tidak segera melakukan packing pesanan tadi.

Jadi itulah 2 cara membatalkanpesanan di Tokopedia yang belum dibayar dengan mudah serta cepat. Namun, sebenarnya pesanan akan secara otomatis batal jika tidak melakukan pembayaran pesanan selama waktu 24 jam. Pengguna juga bisa menggunakan cara tersebut, jika tidak ingin melakukan pembatalan menggunakan cara di atas.

Baca Juga :

Cara Mudah Mengatasi Lupa Kata Sandi Tokopedia

Seller Tokopedia Wajib Baca! Begini Cara Tarik Saldo Tokopedia Langsung ke Rekening Bank