Cara Mengaktifkan Kembali Akun Tokopedia Agar Bisa Melakukan Penjualan -->

Kategori Berita

.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Tokopedia Agar Bisa Melakukan Penjualan

Faisol abrori
Rabu, 16 Februari 2022

cara mengaktifkan kembali akun tokopedia untuk berjualan

Seringkali masalah mengenai akun toko di Tokopedia menjadi kendala penjual ketika melakukan jualan online terjadi pada penjual. Apabila toko tidak aktif, maka proses penjualan bisa terhambat. DI bawah ini terdapat beberapa informasi mengenai cara mengaktifkan kembali akun Tokopedia dan cara mengatur status tokonya.

Cara Mengaktifkan Toko

Cara mengaktifkan kembali toko pada Tokopedia sebenarnya sangat mudah. Penjual hanya perlu login kembali ke akun toko yang ada di Tokopedia. Kemudian, bukalah kembali salah satu halaman jualan yang tertera seperti biasanya. Di sana akan ada halaman yang berisikan pesanan baru, konfirmasi pesanan, status pengiriman dan detail lainnya mengenai toko. Selesai.

Ketika penjual memiliki akun Tokopedia, sebaiknya penjual juga mengetahui kerugian akibat status toko yang tidak aktif. Ya, toko yang tidak aktif seperti tidak melakukan aktivitas penjualan atau mengabaikan pesanan yang ada selama 30 hari secara berturut-turut dapat menyebabkan toko tidak aktif. Hal ini bisa memberi dampak tersendiri pada seller.

Lalu, apa saja kerugian yang bisa terjadi pada seller apabila toko di Tokopedianya tidak aktif? Berikut beberapa informasinya.

1. Tidak Ditemukan

Apabila toko tidak aktif selama 30 hari berturut-turut, maka toko bisa tidak dapat ditemukan pada kolom pencarian. Hal ini tentunya akan merugikan penjual karena pembeli tidak bisa mengakses toko milik penjual. Apabila pembeli tidak bisa mengakses toko, maka pembeli tentu tidak bisa berbelanja di toko tersebut.

2. Melihat Tampilan “Tidak Aktif”

Mungkin toko penjual masih bisa ditemukan di kolom pencarian, namun ada masalah lain yang bisa terjadi. Pada halaman toko akan muncul tulisan “Tidak Aktif”, hal ini akan meragukan pembeli untuk dapat melakukan belanja online di toko tersebut. Pembeli menjadi ragu atau bahkan tidak percaya jika tidak melihat keaktifan toko dan interaksi jual beli yang ada di dalamnya.

3. Produk Tidak Dapat Dibeli

Selain yang sudah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan produk yang dijual juga tidak dapat dibeli oleh pembeli karena status toko yang tidak aktif. Hal ini akan membuat pembeli otomatis untuk beralih ke toko lain yang lebih memungkinkan untuk membeli produk yang ingin dicarinya. Lalu, hal ini juga jelas akan merugikan penjual karena tidak mendapat pemasukan dari produk yang dijual.

4. Tidak Mendapat Informasi

Selebihnya, penjual tidak akan mendapat informasi lebih lanjut mengenai promo atau pembaruan fitur yang ada pada akun toko Tokopedia. Beberapa informasi tersebut biasanya melalui email, seller info, atau TopChat. Namun, karena toko tidak aktif, maka informasi tersebut akan sulit bahkan tidak bisa diterima lagi oleh penjual.

Cara Mengatur Status Toko

Cara mengaktifkan kembali akun Tokopedia salah satunya dengan mengatur status toko. Di sini, maksudnya adalah mengatur status toko yang awalnya tidak aktif menjadi aktif kembali. Status toko yang “tidak aktif” bisa terjadi karena penjual tidak melakukan interaksi apapun terhadap tokonya di Tokopedia.

Apabila penjual tidak melakukan aktivitas penjualan dan mengabaikan pesanan yang masuk selama 30 hari berturut-turut, maka toko bisa menjadi tidak aktif dan tentunya akan merugikan penjual. Untuk mengatasinya tentu penjual harus bisa melakukan aktivitas penjualan lagi, dengan memproses pesanan, mengatur pengiriman dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai cara mengaktifkan kembali akun Tokopedia dengan mudah. Penjual cukup melakukan login kembali dan melakukan berbagai aktivitas penjualan agar toko bisa aktif kembali. Dengan begitu, pembeli pun akan menjadi percaya lagi dengan keberadaan toko.

 Baca juga