Seringkali masalah mengenai akun
toko di Tokopedia menjadi kendala penjual ketika melakukan jualan online terjadi pada penjual. Apabila
toko tidak aktif, maka proses penjualan bisa terhambat. DI bawah ini terdapat
beberapa informasi mengenai cara mengaktifkan kembali akun Tokopedia dan cara
mengatur status tokonya.
Cara Mengaktifkan Toko
Cara mengaktifkan kembali toko pada
Tokopedia sebenarnya sangat mudah. Penjual hanya perlu login kembali ke akun toko yang ada di Tokopedia. Kemudian, bukalah
kembali salah satu halaman jualan yang tertera seperti biasanya. Di sana akan
ada halaman yang berisikan pesanan baru, konfirmasi pesanan, status pengiriman
dan detail lainnya mengenai toko. Selesai.
Ketika penjual memiliki akun
Tokopedia, sebaiknya penjual juga mengetahui kerugian akibat status toko yang
tidak aktif. Ya, toko yang tidak aktif seperti tidak melakukan aktivitas
penjualan atau mengabaikan pesanan yang ada selama 30 hari secara
berturut-turut dapat menyebabkan toko tidak aktif. Hal ini bisa memberi dampak
tersendiri pada seller.
Lalu, apa saja kerugian yang bisa
terjadi pada seller apabila toko di
Tokopedianya tidak aktif? Berikut beberapa informasinya.
1. Tidak
Ditemukan
Apabila toko tidak aktif selama 30
hari berturut-turut, maka toko bisa tidak dapat ditemukan pada kolom pencarian.
Hal ini tentunya akan merugikan penjual karena pembeli tidak bisa mengakses toko
milik penjual. Apabila pembeli tidak bisa mengakses toko, maka pembeli tentu
tidak bisa berbelanja di toko tersebut.
2. Melihat
Tampilan “Tidak Aktif”
Mungkin toko penjual masih bisa
ditemukan di kolom pencarian, namun ada masalah lain yang bisa terjadi. Pada
halaman toko akan muncul tulisan “Tidak Aktif”, hal ini akan meragukan pembeli
untuk dapat melakukan belanja online
di toko tersebut. Pembeli menjadi ragu atau bahkan tidak percaya jika tidak
melihat keaktifan toko dan interaksi jual beli yang ada di dalamnya.
3. Produk
Tidak Dapat Dibeli
Selain yang sudah dijelaskan
sebelumnya, kemungkinan produk yang dijual juga tidak dapat dibeli oleh pembeli
karena status toko yang tidak aktif. Hal ini akan membuat pembeli otomatis
untuk beralih ke toko lain yang lebih memungkinkan untuk membeli produk yang
ingin dicarinya. Lalu, hal ini juga jelas akan merugikan penjual karena tidak
mendapat pemasukan dari produk yang dijual.
4. Tidak
Mendapat Informasi
Selebihnya, penjual tidak akan
mendapat informasi lebih lanjut mengenai promo atau pembaruan fitur yang ada
pada akun toko Tokopedia. Beberapa informasi tersebut biasanya melalui email, seller info, atau TopChat. Namun, karena
toko tidak aktif, maka informasi tersebut akan sulit bahkan tidak bisa diterima
lagi oleh penjual.
Cara Mengatur Status
Toko
Cara mengaktifkan kembali akun
Tokopedia salah satunya dengan mengatur status toko. Di sini, maksudnya adalah
mengatur status toko yang awalnya tidak aktif menjadi aktif kembali. Status
toko yang “tidak aktif” bisa terjadi karena penjual tidak melakukan interaksi
apapun terhadap tokonya di Tokopedia.
Apabila penjual tidak melakukan
aktivitas penjualan dan mengabaikan pesanan yang masuk selama 30 hari
berturut-turut, maka toko bisa menjadi tidak aktif dan tentunya akan merugikan
penjual. Untuk mengatasinya tentu penjual harus bisa melakukan aktivitas
penjualan lagi, dengan memproses pesanan, mengatur pengiriman dan lain
sebagainya.
Demikian informasi mengenai cara
mengaktifkan kembali akun Tokopedia dengan mudah. Penjual cukup melakukan login kembali dan melakukan berbagai
aktivitas penjualan agar toko bisa aktif kembali. Dengan begitu, pembeli pun
akan menjadi percaya lagi dengan keberadaan toko.