Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia -->

Kategori Berita

.

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Faisol abrori
Rabu, 16 Februari 2022

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Hampir setiap aplikasi belanja online mempunyai fitur riwayat pembelian, salah satunya Tokopedia. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna, saat akan membeli barang itu lagi. Namun beberapa pengguna merasa terganggu dengan fitur ini. Tidak usah khawatir, karena riwayat ini bisa dihilangkan. Berikut cara menghapus riwayat pembelian di Tokopedia yang sangat mudah:

Hapus Riwayat Pembelian dengan Menutup Akun

Ada beberapa cara menghapus riwayat pembelian di Tokopedia, salah satunya dengan menutup akun. Dengan cara ini tidak cuma riwayat pembelian yang terhapus, namun seluruh data pengguna di Tokopedia akan ikut terhapus. Berikut cara hilangkan riwayat pembelian dengan menutup akun:

1. Pastikan Nomor Hp yang Terdaftar Masih Aktif

Sebelum menghapus riwayat transaksi, pastikan dulu nomor Hp yang terdaftar masih aktif. Pasalnya nanti akan ada verifikasi, melalui pesan yang dikirimkan ke nomor tersebut. Jika nomor sudah tidak aktif, pasti proses penghapusan riwayat transaksi akan menjadi sulit.

2. Masuk ke Aplikasi Tokopedia

Langkah selanjutnya ialah masuk ke aplikasi Tokopedia. Pastikan koneksi internet pengguna stabil, supaya semua menu dalam Tokopedia bisa terbuka. Untuk mengetahui apakah koneksi internet stabil, cukup lihat di halaman utama Tokopedia. Jika semua gambar terbuka, itu artinya koneksi internet bagus dan stabil.

3. Masuk ke Menu Akun

Langkah berikutnya masuk ke menu akun. Menu akun ini bersimbol seperti manusia, dan letaknya ada di bagian bawah kanan pojok layar. Cukup pencet opsi tersebut, dan pengguna akan langsung dibawa ke halaman pengaturan akun.

4. Pilih Tokopedia Care

Masuk ke Tokopedia Care menjadi cara menghapus riwayat pembelian di Tokopedia yang berikutnya. Setelah masuk ke menu akun, gulirkan ke bawah dan pengguna akan menemukan opsi Tokopedia Care. Pencet opsi tersebut, dan pengguna bisa ke langkah selanjutnya.

5. Pilih Opsi Tutup Akun

Setelah masuk ke Tokopedia Care, cari opsi Tutup Akun dan pilih opsi tersebut. Selanjutnya pencet opsi Tulis Kendala, dan tuliskan alasan pengguna mau menutup akun Tokopedia nya. Cukup tulis jika pengguna ingin menghapus riwayat pembelian, yang ada di akun tersebut. Masukkan beberapa foto riwayat pembelian, dan setelah itu pencet tombol Kirim.

Hapus Riwayat Pembelian dengan Membuat Akun Baru

Jika pengguna tidak mau memakai cara sebelumnya, maka pengguna bisa memakai cara satu ini. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu menutup akun yang lama. Jadi data di akun yang lama tetap ada, dan tetap bisa dipakai. Caranya sangat gampang, pertama pengguna harus keluar dari akun sebelumnya.

Setelah itu daftarkan akun yang baru, dengan email dan juga nomor Hp yang baru. Selanjutnya pengguna akan diminta untuk memasukkan data diri. Mulai dari nama, hingga alamat lengkap pengguna. Terakhir cukup pencet opsi konfirmasi, supaya akun baru bisa segera digunakan.

Nantinya pengguna akan mendapatkan konfirmasi pengaktifan akun baru, yang akan dikirim ke email terdaftar. Jika sudah mendapatkan email tersebut, itu artinya akun sudah bisa digunakan untuk transaksi di Tokopedia. Dengan akun baru ini, riwayat pembelian lama akan hilang dan tidak akan ada riwayat pembelian sama sekali.

Itulah cara menghapus riwayat pembelian di Tokopedia yang sangat mudah. Pengguna bisa memakai salah satu cara di atas, buat menghilangkan riwayat transaksi. Kedua cara diatas hanya mempunyai sedikit perbedaan, jadi pilih sesuai kebutuhan pengguna. Dijamin riwayat pembelian akan hilang dari akun Tokopedia, dan tidak bisa dilihat lagi.