Cara Mudah Mengikuti Pelatihan Online Prakerja di Skill Academy -->

Kategori Berita

.

Cara Mudah Mengikuti Pelatihan Online Prakerja di Skill Academy

Faisol abrori
Senin, 21 Februari 2022

cara mengikuti pelatihan prakerja skill academy

Mendapatkan sebuah pekerjaan memang dambaan semua orang yang telah lulus menjalani pendidikan. Oleh karena itu Anda bisa mengikuti cara mudah mengikuti pelatihan online prakerja di skill academy berikut ini.


Pada dasarnya pelatihan prakerja dalam skill academy ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran yang semakin meningkat di negara Indonesia. Sehingga pada bulan April yang lalu, pemerintah telah membuka pendaftaran kartu prakerja.


Apa yang dimaksud skill academy dan kartu prakerja?


Istilah kartu prakerja mungkin masih asing di beberapa telinga masyarakat. Secara umum kartu prakerja sendiri merupakan sebuah program pengembangan kompetensi dan berfokus mencari pekerja yang terkena PHK dengan usia diatas 18 tahun.


Semua masyarakat dengan umur diatas 18 tahun bisa mendaftar kelas pelatihan online prakerja di skill academy. Jika Anda bisa lolos dari proses pendaftaran tersebut, maka akan mendapatkan insentif sebanyak 2,4 juta rupiah disertai dana 1 juta rupiah sebagai dana pelatihan.


Sementara untyk dana pelatihan tidak bisa dicairkan dan hanya bisa digunakan untuk membeli kelas pelatihan prakerja salah satunya di skill academy. Skill academy merupakan sebuah lembaga pelatihan online dari Ruanguru.


Skill academy telah bekerja sama dengan program kartu prakerja. Sedangkan untuk program pelatihan prakerja di skill academy ini telah dibagi menjadi beberapa kelas, terutama untuk kategori bisnis, pemasaran, teknologi, dan lain sebagainya.


Sebagai informasi bahwa kelas yang tersedia di skill academy ini bisa habis, dalam kata lain kuota terbatas. Sehingga bagi Anda yang ingin mendaftar pelatihan prakerja online di skill academy harus cepat mendaftar supaya tidak ketinggalan kelas.


Menariknya untuk setiap harinya akan disediakan satu kelas pilihan. Jika Anda mengikuti satu kelas pilihan tersebut, Anda akan diberikan bonus pulsa senilai 50 ribu rupiah untuk 100 orang pertama.


Cara mengikuti pelatihan online di skill academy






Sebelum mengikuti pelatihan online prakerja di skill academy, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Supaya  akun Anda bisa terdaftar harus memasukkan beberapa data dan informasi pribadi.


Sementara untuk setiap kelas online pelatihan prakerja akan dibimbing oleh instruktur yang kredibel di bidangnya serta telah memiliki pengalaman kerja kurang lebih lebih dari 3 tahun.


Para instruktur yang membimbing kelas pelatihan prakerja di skill academy juga telah memiliki sertifikat resmi sesuai dengan bidang keahliannya. Berikut beberapa cara mengikuti pelatihan prakerja online di skill academy yang bisa Anda simak.


1. Melakukan pendaftaran


Langkah pertama dalam mengikuti pelatihan prakerja online di skill academy adalah dengan melakukan pendaftaran. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk dalam situs website Prakerja.go.id.


Setelah itu buat akun dengan menyertakan data diri Anda. Sedangkan untuk tahapan membuat akun perlu menggunakan alamat email. Setelah konfirmasi email telah berhasil, maka Anda bisa kembali dalam situs tersebut dan masuk dalam akun.


Kemudian Anda akan disuruh mengisi beberapa data diri seperti nomor KK dan NIK, beberapa data diri dalam KTP serta memasukkan nomor telepon. Nomor telepon tersebut bisa digunakan untuk verifikasi akun melalui SMS.


2. Tahap seleksi


Jika akun prakerja yang Anda miliki telah diverifikasi, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan tahap seleksi. Anda bisa mengikuti tes motivasi serta kemampuan dasar.


Beberapa tes mengikuti prakerja di skill academy seperti tes motivasi dan kemampuan dasar bisa Anda ikuti dengan bergabung dalam gelombang pendaftaran.


Setelah Anda selesai mengikuti beberapa tes dalam gelombang pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah tinggal menunggu pengumuman hasil akhir.


3. Memilih kelas pelatihan


Setelah berhasil dalam tahap seleksi, Anda bisa memilih jenis kelas pelatihan di skill academy melalui aplikasi atau situs website skillacademy.com. Anda bisa memilih jenis kelas berlabel prakerja yang ingin Anda ikuti kemudian klik beli kelas online.


Kemudian bayar kelas menggunakan kartu prakerja, lalu Anda akan mendapatkan sebuah voucher skill academy untuk kelas pilihan Anda dan diberikan oleh Mitra Platfrom Digital Resmi.


Jika Anda sudah membeli kelas pilihan dan membayarnya menggunakan kartu prakerja, maka langkah selanjutnya bisa kembali dalam aplikasi skill academy atau situs website skill academy.


Setelah itu klik tukar kode voucher dan Anda bisa memasukkan kode voucher yang telah diberikan oleh Mitra Platfrom Digital Resmi. Anda bisa menyelesaikan pelatihan online prakerja di skill academy, kemudian dapatkan sertifikat elektronik hasil pelatihan.


4. Memberikan ulasan atau rating pada program prakerja online


Langkah berikutnya setelah Anda mengikuti pelatihan prakerja online di skill academy, maka Anda bisa memberikan ulasan atau rating pada program prakerja online melalui dashboard prakerja Anda.


5. Intensif pasca pelatihan serta pasca survei


Anda bisa mendapatkan intensif pasca pelatihan sebesar 600 ribu rupiah per bulan dan selama 4 bulan lamanya. Intensif pasca pelatihan tersebut akan diberikan setelah Anda menyelesaikan pelatihan prakerja.


Selanjutnya Anda bisa mengisi beberapa survei yang telah diberikan ketika pelatihan online selesai. Pengisian beberapa survei pasca pelatihan tersebut akan memberikan insentif senilai 50 ribu rupiah untuk setiap surveinya.


Sementara untuk berbagai informasi mengenai jadwal kelas atau informasi pendaftaran online prakerja di skill academy lainnya bisa Anda simak melalui laman website http://event.skillacademy.com/giveaway-harian.


Melalui laman website tersebut, Anda bisa mengetahui berbagai promo menarik dan harga menarik lainnya dalam kelas prakerja di skill academy yang dibagikan untuk setiap harinya.