Cara Tukar Uang Asing di Bank BRI dengan Mudah -->

Kategori Berita

.

Cara Tukar Uang Asing di Bank BRI dengan Mudah

Faisol abrori
Minggu, 20 Februari 2022

Kebutuhan akan uang asing pasti dibutuhkan beberapa kalangan. Maka dari itu, uang rupiah harus ditukar dulu di pihak berwenang. Bank BRI adalah salah satu tempat yang melayani penukaran uang asing tersebut. Jika ingin melakukannya, maka harus mengetahui cara tukar uang asing di Bank BRI yang benar secara menyeluruh.

Namun selain mengetahui caranya, perlu dipahami juga apa saja syarat yang harus dibawa. Hal ini penting agar tidak harus kembali untuk memenuhi syarat yang ada. Dua poin ini tentu penting untuk dipahami secara mendalam. Maka dari itu, simak semua ulasan yang ada di bawah ini agar proses penukaran uang asing berjalan dengan baik.

Metode Penukaran Uang Asing Langsung di BRI

Tidak banyak yang tahu jika cara tukar uang asing di Bank BRI bukanlah proses yang rumit. Hanya saja ada beberapa komponen langkah penting yang harus dipahami secara mendetail. Pada ulasan kali ini, akan diberikan urutannya secara jelas dan menyeluruh. Inilah urutan langkah yang harus dilakukan untuk menukar uang di BRI:

     Datangi kantor BRI di domisili masing-masing. Tidak harus kantor yang besar, mulai dulu datang ke kantor cabang paling dekat.

     Kemudian, tanyakan kepada satpam apakah di kantor tersebut melayani penukaran uang asing. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua kantor BRI melayani hal tersebut. Jika tidak melayani, biasanya pihak kantor akan memberitahu alamat kantor cabang BRI lain yang melayani penukaran uang.

     Sedangkan jika kantor yang dikunjungi melayani penukaran uang, maka akan langsung diarahkan untuk mengisi nota penjualan. Isi saja jumlah uang asing yang akan ditukar dan apa mata uangnya.

     Setelah itu, ambil nomor antrian untuk memulai proses selanjutnya.

     Jika sudah dipanggil, datangi pegawai yang bertugas dan uang akan dicek secara menyeluruh.

     Tunggu proses taksir oleh pegawai. Jika selesai, maka uang yang sudah ditukar akan diberikan.

Syarat Penukaran Uang Asing

Namun untuk melakukan penukaran uang asing di BRI, ada beberapa komponen syarat yang harus dipenuhi. Jika tidak memenuhi komponen syarat yang ada, maka pihak BRI tidak bisa menerima penukaran uang asing. Maka dari itu, pahamilah semua jenis syarat yang ada di bawah ini agar proses penukaran bisa dilakukan tanpa ada hambatan:

1. Harus Nasabah Aktif BRI

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah soal keaktifan sebagai nasabah BRI. Jika bukan nasabah BRI, maka tidak bisa menukar uang asing di bank ini. Hal ini merupakan syarat mutlak yang tidak bisa diubah lagi. Jadi, jika bukan nasabah BRI lebih baik pergi ke tempat penukaran uang asing lain yang terdekat.

2. Bawa Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung juga menjadi syarat penting lainnya. Pastikan untuk membawa ATM Bri, buku rekening, dan kartu identitas. Untuk kartu identitas ini bisa KTP, paspor, SIM atau dokumen identitas lainnya. Jika semua syarat ini sudah dibawa, maka proses penukaran uang asing bisa dilakukan dengan mudah.

3. Pastikan untuk Mengecek Keaslian Uang Asing

Syarat ini juga masuk dalam syarat wajib. Uang yang akan ditukar harus terjamin keasliannya. Karena jika ada indikasi uang palsu, maka pihak BRI akan melakukan tindak lanjut yang tentunya sesuai prosedur. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan pengecekan uang secara mendasar sebelum pergi ke BRI.

Itulah penjelasan lengkap mengenai sistem cara tukar uang asing di Bank BRI yang baik dan benar. Selain menjelaskan tentang caranya, komponen syarat juga sudah diberikan. Dengan mengetahui semua komponen tersebut, maka proses penukaran uang asing bisa lebih siap. Nasabah tidak perlu kembali untuk melengkapi syarat yang kurang.