Saat ini penggunaan marketplace Tokopedia sebagai tempat
jual beli online memang sering
digunakan oleh Masyarakat. Namun, seringkali seseorang mengalami masalah dan
ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi saldo tertahan di Tokopedia. Di bawah
ini terdapat penjelasannya.
Cara Mengatasi Saldo
Tertahan
Di bawah ini terdapat bagaimana cara
untuk mengatasi saldo tertahan yang ada di Tokopedia. Ikuti cara-cara ini untuk
dapat mengembalikan saldo Tokopedia.
1.
Menggunakan Bukti Transfer
Cara untuk mengatasi masalah saldo
yang tertahan di Tokopedia adalah dengan menggunakan bukti transfer. Proses
penarikan dana akan dilakukan pengecekan oleh tim Tokopedia. Ini merupakan
metode yang digunakan untuk mencegah terjadinya suatu kecurangan atas
penggunaan voucher gratis ongkir atau potongan harga pada penjual.
2.
Menggunakan Bukti Resi
Selain menggunakan bukti transfer,
bukti resi pengiriman yang dikeluarkan oleh jasa ekspedisi juga menjadi salah
satu cara yang bisa diandalkan. Hal ini masih sama fungsinya dengan menggunakan
bukti transfer, yaitu dilakukan pengecekan kembali oleh tim Tokopedia apabila
terjadi indikasi kecurangan dalam penggunaan voucher oleh pembeli.
3. Menunggu
Saldo Penghasilan
Cara mengatasi saldo tertahan di
Tokopedia yang paling sederhana yaitu dengan menunggu saldo penghasilan masuk
ke akun Tokopedia penjual. Lamanya saldo
yang masuk tergantung dari penilaian pembeli dari produk yang telah
diterimanya. Di sini, pembeli akan melakukan konfirmasi pesanan terlebih
dahulu, namun biasanya dana langsung cair.
Tunggu saja selama kurang lebih 10
menit. Apabila masih belum ada kejelasan atas saldo tersebut, maka sebaiknya
penjual menghubungi Customer Service Tokopedia. Maka, Customer Service
Tokopedia akan memberikan solusi atas permasalahan penjual.
Penyebab Jika Saldo
Belum Bertambah
Di bawah ini terdapat beberapa
penyebab yang dapat terjadi jika saldo Tokopedia belum bertambah dari dana
penjualan. Berikut merupakan beberapa penyebab dan solusinya.
1. Pembeli
Belum Konfirmasi
Alasan pertama adalah pembeli belum
mengkonfirmasi pesanan diterima. Hal ini bisa menyebabkan saldo penjualan belum
bertambah. Untuk mengatasinya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
● Sebaiknya
penjual menghubungi pembeli untuk melakukan konfirmasi pesanan.
● Tunggu
selama 2x24jam agar dana masuk secara otomatis ke saldo penghasilan. Sebaiknya
lakukan pemeriksaan secara berkala di bagian menu Pesanan Selesai.
●
Apabila sudah menunggu namun tidak ada konfirmasi, maka
status transaksi akan berubah menjadi Selesai. Setelah itu, dana akan masuk ke
saldo penghasilan penjual. Selesai.
2. Dana
Dalam Review
Alasan kedua dari dana penjualan
yang belum masuk ke Saldo Penghasilan adalah kemungkinan dana sedang dalam
proses review oleh Tokopedia. Hal ini
bisa saja terjadi walaupun pembeli sudah melakukan konfirmasi pesanan diterima.
Di bawah ini terdapat solusi untuk mengatasinya.
Pertama, pembeli melakukan
konfirmasi pesanan diterima terlebih dahulu. Tetapi, dana masih belum masuk ke
Saldo Penghasilan, maka sebaiknya penjual menunggu terlebih dahulu selama 2x24
jam. Sebab, kemungkinan dana tersebut sedang dalam proses review terlebih dahulu.
Jika saldo yang di-review disebabkan pembeli melakukan
pengajuan komplain, tetapi penjual sudah meresponnya. Kemudian tidak ada proses
tindak lanjut kembali dari orang yang membeli dalam waktu 1x24 jam, maka dana
yang dihasilkan akan terus dikirimkan ke saldo penghasilan milik penjual. Di
sini, penjual tidak perlu khawatir jika saldo penghasilan belum masuk dalam
waktu 1x24 jam tersebut.
Demikian informasi mengenai tips dan cara mengatasi saldo tertahan di Tokopedia. Sebaiknya lakukan cara-cara tersebut untuk dapat membantu dalam menyelesaikan masalah saldo yang tertahan pada akun Tokopedia milik penjual.
Baca juga : Ternyata Begini Cara Menarik Saldo Tokopedia Ke Rekening Bank Tanpa Perlu Aplikasi Lain
Nggak Pake Repot, Begini Cara Transfer GoPay Ke Dana Untuk Pemula