Inilah Cara Mudah Mengatasi Saldo Tertahan di Tokopedia -->

Kategori Berita

.

Inilah Cara Mudah Mengatasi Saldo Tertahan di Tokopedia

Faisol abrori
Rabu, 16 Februari 2022

Saldo tertahan di tokopedia 

Saat ini penggunaan marketplace Tokopedia sebagai tempat jual beli online memang sering digunakan oleh Masyarakat. Namun, seringkali seseorang mengalami masalah dan ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi saldo tertahan di Tokopedia. Di bawah ini terdapat penjelasannya.

Cara Mengatasi Saldo Tertahan

Di bawah ini terdapat bagaimana cara untuk mengatasi saldo tertahan yang ada di Tokopedia. Ikuti cara-cara ini untuk dapat mengembalikan saldo Tokopedia.

1. Menggunakan Bukti Transfer

Cara untuk mengatasi masalah saldo yang tertahan di Tokopedia adalah dengan menggunakan bukti transfer. Proses penarikan dana akan dilakukan pengecekan oleh tim Tokopedia. Ini merupakan metode yang digunakan untuk mencegah terjadinya suatu kecurangan atas penggunaan voucher gratis ongkir atau potongan harga pada penjual.

2. Menggunakan Bukti Resi

Selain menggunakan bukti transfer, bukti resi pengiriman yang dikeluarkan oleh jasa ekspedisi juga menjadi salah satu cara yang bisa diandalkan. Hal ini masih sama fungsinya dengan menggunakan bukti transfer, yaitu dilakukan pengecekan kembali oleh tim Tokopedia apabila terjadi indikasi kecurangan dalam penggunaan voucher oleh pembeli.

3. Menunggu Saldo Penghasilan

Cara mengatasi saldo tertahan di Tokopedia yang paling sederhana yaitu dengan menunggu saldo penghasilan masuk ke akun Tokopedia penjual.  Lamanya saldo yang masuk tergantung dari penilaian pembeli dari produk yang telah diterimanya. Di sini, pembeli akan melakukan konfirmasi pesanan terlebih dahulu, namun biasanya dana langsung cair.

Tunggu saja selama kurang lebih 10 menit. Apabila masih belum ada kejelasan atas saldo tersebut, maka sebaiknya penjual menghubungi Customer Service Tokopedia. Maka, Customer Service Tokopedia akan memberikan solusi atas permasalahan penjual.

Penyebab Jika Saldo Belum Bertambah

Di bawah ini terdapat beberapa penyebab yang dapat terjadi jika saldo Tokopedia belum bertambah dari dana penjualan. Berikut merupakan beberapa penyebab dan solusinya.

1. Pembeli Belum Konfirmasi

Alasan pertama adalah pembeli belum mengkonfirmasi pesanan diterima. Hal ini bisa menyebabkan saldo penjualan belum bertambah. Untuk mengatasinya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

     Sebaiknya penjual menghubungi pembeli untuk melakukan konfirmasi pesanan.

     Tunggu selama 2x24jam agar dana masuk secara otomatis ke saldo penghasilan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara berkala di bagian menu Pesanan Selesai.

     Apabila sudah menunggu namun tidak ada konfirmasi, maka status transaksi akan berubah menjadi Selesai. Setelah itu, dana akan masuk ke saldo penghasilan penjual. Selesai.

2. Dana Dalam Review

Alasan kedua dari dana penjualan yang belum masuk ke Saldo Penghasilan adalah kemungkinan dana sedang dalam proses review oleh Tokopedia. Hal ini bisa saja terjadi walaupun pembeli sudah melakukan konfirmasi pesanan diterima. Di bawah ini terdapat solusi untuk mengatasinya.

Pertama, pembeli melakukan konfirmasi pesanan diterima terlebih dahulu. Tetapi, dana masih belum masuk ke Saldo Penghasilan, maka sebaiknya penjual menunggu terlebih dahulu selama 2x24 jam. Sebab, kemungkinan dana tersebut sedang dalam proses review terlebih dahulu.

Jika saldo yang di-review disebabkan pembeli melakukan pengajuan komplain, tetapi penjual sudah meresponnya. Kemudian tidak ada proses tindak lanjut kembali dari orang yang membeli dalam waktu 1x24 jam, maka dana yang dihasilkan akan terus dikirimkan ke saldo penghasilan milik penjual. Di sini, penjual tidak perlu khawatir jika saldo penghasilan belum masuk dalam waktu 1x24 jam tersebut.

Demikian informasi mengenai tips dan cara mengatasi saldo tertahan di Tokopedia. Sebaiknya lakukan cara-cara tersebut untuk dapat membantu dalam menyelesaikan masalah saldo yang tertahan pada akun Tokopedia milik penjual.

Baca juga : Ternyata Begini Cara Menarik Saldo Tokopedia Ke Rekening Bank Tanpa Perlu Aplikasi Lain

Nggak Pake Repot, Begini Cara Transfer GoPay Ke Dana Untuk Pemula