Nasabah Harus Tahu! Begini Simulasi Kredit Multiguna Bank Mandiri dan Contohnya -->

Kategori Berita

.

Nasabah Harus Tahu! Begini Simulasi Kredit Multiguna Bank Mandiri dan Contohnya

Faisol abrori
Minggu, 20 Februari 2022

Sebelum memutuskan untuk mengambil suatu pinjaman, sangat penting untuk melakukan simulasi terlebih dahulu. Ada beberapa komponen penting yang harus diketahui sebelum melakukan simulasi. Mulai dari berapa bunganya, apa saja syaratnya, dan beberapa hal lainnya. Hal ini juga penting jika ingin melakukan simulasi Kredit Multiguna Bank Mandiri yang akan dipilih.

Dengan melakukan simulasi, maka akan diketahui seberapa besar bunga, tenor, dan besaran dana yang harus dikembalikan. Melalui langkah ini juga, nasabah bisa mengetahui berapa besar cicilan atau setoran yang harus dilakukan tiap bulannya. maka dari itu, sebelum melakukan kredit pastikan untuk memahami semua seluk-beluk KPR Mandiri ini:

Seperti Apa Layanan Kredit Multiguna Bank Mandiri Itu?

Sebelum memutuskan untuk memilih produk ini, maka harus tahu dulu seluk-beluk di dalamnya. Kredit Multiguna sendiri terbagi ke dalam dua golongan yang berbeda. Pertama ada jenis take over, dan yang kedua ada jenis top up. Dua jenis ini memiliki perbedaan mendasar di dalam sistem kreditnya untuk nasabah.

Untuk memanfaatkan jenis kredit ini, maka suku bunga minimal yang diberikan kepada nasabah adalah 6,00%. Besaran ini diberikan untuk tenor minimum 7 tahun kredit. Lalu untuk nominal dana yang bisa dipinjam juga bervariasi. Untuk profesional dan pegawai akan diberi limit 10 miliar, sedangkan untuk wiraswasta sebesar 200 juta rupiah.

Lalu untuk jenis tenor yang diberikan juga berbeda-beda. Khusus untuk pegawai, maka bisa memilih tenor hingga 15 tahun. Sedangkan untuk profesional bisa memilih hingga 10 tahun. Khusus untuk wiraswasta hanya bisa memilih hingga 7 tahun saja. Perbedaan penetapan tenor ini juga sudah disesuaikan oleh pihak Bank Mandiri.

Namun untuk memilih kredit ini, maka harus diperhatikan dengan baik tentang syarat usianya. Untuk usia minimal yang diperbolehkan adalah 21 tahun. Sedangkan untuk usia paling tinggi adalah 55 tahun. Tapi khusus untuk profesional atau wiraswasta, maka bisa sampai usia 60 tahun hingga masa pelunasan selesai.

Simulasi Kredit Multiguna

Lalu bagaimana dengan simulasi kredit multiguna Bank Mandiri untuk menentukan limit kredit yang bisa dipilih? Misalnya saja memiliki penghasilan bersih 5 juta satu bulan sebagai karyawan tanpa memiliki cicilan lain, dan ingin mengambil kredit selama 10 tahun. Dengan melihat buka 6% di atas, maka limit kredit yang misal dipilih hingga 225 juta lebih.

Sedangkan untuk angsurannya adalah sebesar 2,5 juta rupiah setiap bulan. Perhitungan ini sudah disesuaikan dengan kalkulator KPR yang dipakai oleh bank Mandiri. Jika nasabah sudah memiliki rumah idaman dengan ukuran dan harga yang jelas, maka juga bisa dihitung dengan kalkulator pinjaman kredit yang ada.

Misalnya saja memiliki rumah impian dengan harga 100 juta rupiah. Ingin mengajukan pinjaman untuk jangka waktu 10 tahun, dan dengan bunga 6%. Maka paling tidak, angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan adalah sekitar 999 ribu rupiah. Sedangkan untuk minimum pendapatan yang harus dimiliki adalah sekitar 2 juta rupiah.

Simulasi ini sebenarnya bisa dihitung sendiri di kalkulator Bank Mandiri yang sudah disediakan dalam websitenya. Dengan memanfaatkan fitur simulasi ini, maka setiap nasabah bisa memilih jenis pinjaman yang dimiliki dengan tenor yang sesuai. Hal ini tentunya akan memudahkan proses karena akan menyesuaikan dengan kemampuan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai simulasi Kredit Multiguna Bank Mandiri yang bisa dipahami. Semua komponen di atas tentunya penting untuk melakukan simulasi pinjaman. Setelah melakukan simulasi, maka akan didapat hasil atau estimasi perhitungan pembayaran. Hal ini akan memudahkan nasabah untuk mempertimbangkan pinjaman ini.