Apakah Pinjaman Bank BCA Jaminan Kartu Jamsostek Bisa Dilakukan? Ini Jawabannya -->

Kategori Berita

.

Apakah Pinjaman Bank BCA Jaminan Kartu Jamsostek Bisa Dilakukan? Ini Jawabannya

Faisol abrori
Kamis, 17 Februari 2022
pinjaman bank bca jaminan kartu jamsostek

Pinjaman merupakan salah satu jalan pintas ketika dimana seseorang sedang membutuhkan uang atau modal. Secara umum beberapa pinjaman meminta suatu jaminan baik itu sertifikat tanah, sertifikat rumah atau jaminan lainnya. Namun kini ada juga benda lain yang bisa dijadikan jaminan yaitu kartu jamsostek. Lantas apakah pinjaman Bank BCA jaminan kartu Jamsostek bisa dilakukan? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini:

Apakah ada Pinjaman Bank BCA jaminan kartu jamsostek?

Jamsostek merupakan singkatan dari Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang menjamin pemberian kompensasi dan rehabilitasi untuk tenaga kerja yang terkena kecelakaan atau penyakit yang ada hubungannya dengan pekerjaan. Jamsostek diketahui bekerja sama dengan beberapa perusahaan perbankan seperti BTN dan Mandiri. Adanya kerja sama tersebut menyebabkan lahirnya keputusan untuk membuat kartu jamsostek sebagai jaminan.

Sejauh ini tidak banyak perusahaan yang melakukan kerja sama dengan Jamsostek mengenai jaminan pinjaman seperti itu. Jika ada pun masih belum banyak hanya dengan Bank HIMBARA, kecuali pinjaman-pinjaman karyawan dari lembaga-lembaga kecil seperti koperasi karyawan. Jadi jika ada yang bertanya apakah jamsostek bisa dijadikan jaminan pinjaman, jawabannya adalah bisa. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan di semua Bank.

Jadi bisa disimpulkan bahwa pinjaman jaminan BCA jaminan kartu jamsostek belum bisa dilakukan. BCA sendiri tidak termasuk kedalam Bank HIMBARA alias Bank Swasta. Jamsostek sendiri saat ini masih belum menjalin kerjasama dengan Bank Swasta. Jadi untuk bisa melakukan pinjaman di Bank BCA dengan jaminan kartu jamsostek harus menunggu kabar kerjasama  terbaru antara Jamsostek dengan bank BCA.

Bank yang Melayani Pinjaman Jaminan Jamsostek

Karena pinjaman BCA jaminan kartu Jamsostek belum bisa dilakukan, masih ada alternatif pinjaman lain yang bisa dicoba. Ada beberapa Bank yang sudah siap dan melayani pinjaman dana dengan jaminan kartu jamsostek. Bank apa sajakah itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Mandiri

Bank Mandiri menjadi salah satu Bank yang telah bekerja sama dengan jamsostek dalam menyalurkan dana pinjaman bagi nasabahnya. Pemilik kartu jamsostek sudah bisa mendapatkan pinjaman hanya dengan bermodalkan kartu Jamsostek. Pinjaman bisa dilakukan untuk kebutuhan pembelian properti, renovasi rumah dan lainnya.

 Selain itu Mandiri juga menyediakan pinjaman untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari atau pemenuhan kebutuhan lain yang bersifat konsumtif. Untuk yang satu ini produk pinjamannya bernama Kredit SerbaGuna Mikro Mandiri yang bisa dipakai untuk bermacam keperluan yang konsumtif. Jika untuk modal usaha ada yang namanya kredit Usaha mikro dari Mandiri.

2. BTN

Tidak kalah dengan Mandiri, Bank BTN juga menyelenggarakan kerjasama dengan pihak BP jamsostek. Hasil dari kerjasama ini tidak lain adalah fasilitas kredit untuk memiliki rumah yang jumlahnya mencapai 500 juta rupiah. Hal ini dilakukan guna mendukung pemenuhan kebutuhan akan tempat tinggal dan meningkatkan perekonomian.

3. BNI

Untuk melengkapi pilihan nasabah, Jamsostek juga menjalin kerjasama dengan BNI. Adanya tambahan pilihan diharapkan bisa menambah kenyamanan nasabah Jamsostek. Program ini bisa memberikan pinjaman uang muka untuk peserta jamsostek bagi yang ingin membeli kebutuhan pribadi atau bahkan rumah dengan fasilitas KPR yang disediakan.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai pinjaman bank bca jaminan kartu jamsostek yang sayangnya sampai saat ini masih belum bisa dilakukan. Mungkin kedepannya Jamsostek akan menambah kerjasamanya khususnya dengan Bank Swasta untuk bisa menyalurkan dana pinjaman bagi nasabahnya. Seperti yang diketahui banyak orang, Bank BCA ini memiliki nasabah yang sangat banyak.