Mengenal Reksadana Saham, Investasi Tepat untuk Anak Muda -->

Kategori Berita

.

Mengenal Reksadana Saham, Investasi Tepat untuk Anak Muda

Faisol abrori
Kamis, 24 Februari 2022
Investasi reksadana saham untuk anak muda

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pengetikan-orang-1375261/


Berinvestasi reksadana saham bisa menjadi satu langkah mudah untuk mengelola keuangan. Namun, fakta di lapangan menunjukan bahwa mayoritas anak muda sekarang kurang tertarik dengan investasi dan masih senang wara-wiri tanpa tujuan finansial yang pasti.


Di samping itu, tidak sedikit pula anak muda yang takut memulai investasi dengan alasan tidak memiliki modal yang cukup. Sementara, saat ini sudah banyak mitra keuangan yang menyediakan modal investasi yang murah.


5 Manfaat Investasi Reksadana Saham untuk Anak Muda


Sebagai generasi milenial, kamu harus mulai melek akan pentingnya investasi sejak dini. Salah satu investasi yang bisa kamu coba ialah reksadana dalam bentuk saham ini. Kenapa kamu harus mencoba investasi yang satu ini?


1.    Amankan Uang Tabungan dari Inflasi


Ada beberapa anak muda yang lebih senang menabung daripada berinvestasi, padahal menabung bisa membuat uang tergerus oleh inflasi. Hal ini bisa membuat nilai dari uang tersebut menurun jika terus disimpan dalam waktu lama.


Sementara itu, jika diinvestasikan pada reksadana saham, uang tersebut akan terselamatkan dari inflasi. Pasalnya, nilai inflasi bisa tertutupi oleh nilai return yang kamu dapatkan pada saat menjalankan investasi.


Karena itu, jika kamu mulai berinvestasi dari usia muda seperti sekarang dan menyimpannya untuk beberapa tahun mendatang, kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan di masa depan.


2.    Investasi Masa Depan


Kenapa dikatakan investasi masa depan? Investasi reksadana saham merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang. Keuntungan dari investasi ini bisa kamu dapatkan jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena itu, jika kamu memiliki rencana di masa depan, kamu bisa menanam uang di reksadana ini.


Kita tahu betul bahwa masa muda merupakan masa-masa dimana memiliki banyak impian yang cukup panjang untuk masa depan. Ini bisa jadi kesempatan emas untuk kamu memulai berinvestasi sejak dini.


Misalnya, 7 tahun mendatang kamu memiliki impian untuk membeli satu unit apartemen pribadi. Maka, kamu bisa mulai investasi reksadana online bentuk saham ini mulai dari sekarang. Dengan waktu 7 tahun, investasi saham di reksadana bisa mengembangkan keuntungan uang kamu dengan lebih maksimal.


3.    Investasi Dibantu Manajer Investasi


Anak muda identik dengan sesuatu yang serba praktis anti ribet. Karena itu, investasi reksadana saham bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Mengapa? Proses pengelolaan investasi akan dibantu langsung oleh manajer investasi yang sudah andal dalam bidangnya.


Jadi, kamu tidak perlu ribet memikirkan saham mana yang harus kamu beli, menganalisis saham, memprediksi keuntungan serta kerugian, dan lain sebagainya. Kamu cukup beli produk saham pada reksadana yang kamu inginkan. Selanjutnya, silahkan duduk manis dan biarkan manajer investasi melakukan pekerjaannya.


Serahkan semuanya pada manajer investasi, karena mereka akan memilihkan produk-produk saham unggulan untuk mengembangkan dana investasi kamu. Meskipun semua pengelolaan dana dilakukan oleh manajer investasi, kamu tetap bisa memantau portofolio setiap harinya.


4.    Pencairan Mudah


Pencairan mudah juga merupakan salah satu alasan mengapa reksadana saham sangat direkomendasikan untuk anak muda. Setelah menyimpannya dalam waktu yang cukup lama, kemudian sewaktu-waktu kamu membutuhkannya, kamu bisa mengajukan pencairan dengan mudah.


Kamu bisa menjual kapan saja reksadana portofolio reksadana tersebut. Namun, perlu diperhatikan agar tidak menjual portofolio saat jangka investasi masih pendek. Hal ini bisa menyebabkan kamu mendapat nilai negatif dan rugi.


5.    Nominal Penjualan Fleksibel


Jika suatu saat kamu membutuhkan dana investasi yang sedang kamu tanam pada reksadana berbentuk saham, cairkan saja dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bahkan bisa menjual sebagian atau seluruh portofolio. Dalam hal ini, tidak ada batasan minimal dan maksimal sehingga kamu bebas mencarikannya berapapun kamu mau.


digibank by DBS Sahabat Investasi Masa Depan Anak Muda




Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/iphone-buku-catatan-pena-duduk-5053737/


Sedang mencari partner yang tepat untuk berinvestasi Reksadana saham? digibank by DBS akan menjadi sahabat yang setia untuk kamu. Saking setianya, digibank by DBS sampai menawarkan banyak kemudahan untuk kamu, berikut kemudahannya.


       Transaksi Mudah


Aplikasi digibank by DBS mengemas semua kegiatan transaksi dalam satu aplikasi saja. Cukup dalam satu genggaman, kamu bisa menjual, membeli, switch, hingga registrasi Single Investor Identification (SID) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja. Jadi, kamu bisa melakukan berbagai transaksi reksadana online dengan lebih mudah.


       Pilihan Produk 50++


Sebagai sahabat yang baik, digibank by DBS akan memberikan kamu banyak pilihan produk investasi reksadana. Kamu bisa memilih produk mana saja yang mencuri perhatian dan membuat kamu penasaran untuk membelinya.


       Fitur Kategori Produk


Untuk mempermudah proses pemilihan produk investasi, digibank by DBS akan bantu dengan mengelompokan beberapa investasi tersebut dalam 3 kategori. Mulai dari kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.


Beli reksadana saham pada kategori kinerja terbaik untuk mendapatkan produk dengan keuntungan tertinggi dalam 1 tahun terakhir. Pilih terpopuler untuk mendapatkan produk yang banyak diminati investor. Lalu, pilih scoring terbaik jika ingin produk yang direkomendasikan oleh para pakar investasi.


       Beli Secara Berkala dengan Fleksibel


Pada saat akan bertransaksi untuk yang pertamakalinya, kamu akan diminta untuk melakukan registrasi SID terlebih dahulu. Namun, untuk transaksi berikutnya kamu bisa langsung bertransaksi dan tidak terikat oleh registrasi ulang.


       Murah


Untuk kamu yang takut berinvestasi karena tidak memiliki modal besar, sini kami beritahu kalau investasi reksadana bersama digibank by DBS hanya perlu mengeluarkan dana Rp100 ribu saja.


Millennial, saatnya tentukan pilihan untuk mulai berinvestasi reksadana saham. Dengan berbagai kemudahannya, digibank by DBS bisa jadi pilihan sahabat investasi reksadana yang tepat untuk kamu.