Pengertian dan Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda -->

Kategori Berita

.

Pengertian dan Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

Faisol abrori
Selasa, 15 Februari 2022

 Maraknya berita kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di jalan raya atau di jalan tol, membuat kata asuransi terbaik semakin dikenal dan ramai diperbincangkan. Istilah asuransi memang sudah tak asing lagi, tetapi kenyataanya banyak orang yang belum tau fungsi atau pengertian asuransi itu sendiri. Karena asuransi memiliki konotasi yang negatif bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dan hal tersebut sudah tidak mengagetkan lagi. 

Ditambah banyaknya berita miring tentang klaim asuransi pada beberapa perusahaan yang sulit dilakukan, semakin membuat banyak orang tidak tertarik ketika mendengar kata agen asuransi. Dari beberapa permasalahan diatas apakah Anda tau pengertian asuransi? 


Pengertian Asuransi Secara Umum 


Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak yaitu perusahaan asuransi (penanggung) dan pemegan polis (tertanggung), dimana tertanggung akan membayar iuran kepada penanggung untuk mendapatkan bentuk ganti rugi atas risiko finansial tidak terduga yang mungkin terjadi. 


Kesimpulannya adalah dengan mengasuransikan harta benda, jiwa dan sebagainya berarti tertanggung akan menyerahkan dan membagi risiko kerugian pada penanggung atau perusahaan asuransi. Asuransi sangat memiliki peran penting jika dilihat dari pengertian diatas, guna mengurangi risiko tak terduga dari kerugian finansial. 


Manfaat Memiliki Asuransi 


Isi dari perjanjian asuransi terbaik pada umumnya merupakan ketentuan perusahaan asuransi akan menerima premi dari penanggung untuk menyerahkan penggantian kerugian, sakit, kerusakan, atau kehilangan kepada pemegang polis. 


Selain untuk pengendalian risiko finansial, asuransi memiliki manfaat lain yang di kategorikan ke dalam fungsi utama, fungsi skunder dan fungsi tambahan. Fungsi utama asuransi terbaik yaitu sebagai pengganti risiko, pengumpulan, dan premi seimbang. Fungsi sekunder asuransi merupakan sebagai perangsang dalam pertumbuhan bisnis, mencegah kerugian, pengendali kerugian, manfaat sosial serta tabungan.  Sedangkan fungsi tambahan asuransi  yakni sebagai investasi. 


Memiliki asuransi sama pentingnya dengan memiliki rumah untuk kita tinggali. Karena kesehatan adalah barang mahal yang harus dimiliki oleh semua orang. Untuk bisa mendapatkan produk atau perusahaan asuransi terpercaya dengan manfaat terlengkap kami akan memberikan tips untuk memilih perusahaan asuransi. 


Tidak hanya dengan menjaga gaya hidup sehat, pola makan teratur, berolahraga dan beristirahat saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak orang yang sudah menerapkan pola makan sehat, olahraga teratur dan istirahat cukup malah menghadapi kematiannya yang begitu cepat. Tidak ada salahnya memproteksi diri dan keluarga menggunakan asuransi yang terbukti memiliki fungsi dan manfaat terlengkap dengan harga premi yang disesuaikan pertanggungan yang akan diberikan, mengingat risiko kejadian atau kerugian tak terduga dalam hal usaha, kesehatan dan kematian. Berikut beberapa tips memilih asuransi yang tepat untuk Anda. 


1. Riset Produk Asuransi 


Melakukan riset produk pada perusahaan asuransi terbaik di Indonesia sangat penting, paling tidak ada 10 produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terbaik. Antara lain ada produk asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi kerugian, asuransi pendidikan, asuransi rumah, asuransi pensiun, dan asuransi syariah. 


Setiap jenis produk asuransi akan menawarkan manfaat pertanggungan yang berbeda beda. Seperti asuransi jiwa berjangka yang memiliki manfaat perlindungan dalam jangka waktu yang telah di tentukan, misalnya 5 tahun ataupun 10 tahun. Ada juga asuransi jiwa dwiguna yang menawarkan manfaat asuransi berjangka sekaligus untuk tabungan. Lalu ada asuransi jiwa unit link yang akan memberikan manfaat dalam pertanggungan berupa asuransi perlindungan jiwa serta investasi. 


2. Sesuaikan Produk Asuransi Dengan Kebutuhan 


Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi terbaik, Anda harus mengetahui asuransi apa yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. 


Jika Anda memerlukan asuransi yang memberikan perlindungan jiwa namun ingin sekaligus sebagai investasi, ada baiknya Anda memilih produk asuransi jiwa unit link ketimbang asuransi jiwa dwiguna. Karena, manfaat pertanggungan yang akan Anda dapatkan dari memilih asuransi jiwa dwiguna tidak memberikan manfaat investasi dan sebaliknya. 


Jadi untuk mendapatkan fungsi dan manfaat asuransi terbaik yang tepat, tentukan dahulu produk asuransi yang dibutuhkan. Baru setelah itu Anda dapat menyesuakina dengan kemampuan finansial dalam pembayaran premi asuransi tersebut. 


3. Bertanya kepada Insurance Consultant atau Agen Berlisensi 


Apabila Anda merasa ragu dan khawatir kepada manfaat yang akan didapat dari pertanggungan produk asuransi tersebut, ada baiknya Anda tanyakan langsung kepada insurance consultant atau agen berlisensi yang telah disiapkan supayan seluruh keraguan dan pertanyaan di benak Anda dapat terjawab dengan benar. Kebanyakan kasus yang sering terjadi pada masyarakat ialah malu dan sungkan untuk bertanya dan mengutarakan isi dalam benak sehingga masih di penuhi segudang pertanyaan ketika sudah pulang kerumah. 


4. Pastikan kembali Anda Memahami Auransi yang Dipilih 


Sebaiknya Anda bertanya kepada diri sendiri dan memastikan bahwa Anda benar benar memahami produk asuransi terbaik yang dipilih, sebelum Anda mantap menandatangani SPAJ atau Surat Permintaan Asuransi Jiwa dan SPAK atau Surat Permintaan Asuransi Kesehatan. 


Pahami dengan pasti dan yakin seberapa besar manfaat pertanggungan yang akan Anda dapatkan, bagaimana alur manfaatnya, bagaimana proses pencairan pertanggungan, hingga cara membayar premi perbulannya. Pastikan hal hal diatas telah Anda pahami dengan seksama sebelum Anda benar benar menandatangani SPAJ atau SPAK. 


Sangat penting untuk melakukan riset dan mengetahui track record dari perusahaan asuransi terbaik yang Anda pilih, selain melakukan riset terhadap produk produk asuransinya. Yang terpenting ialah seberapa besar tingkat risk based capital atau solvabilitas dari perusahaan asuransi tersebut. Risk based capital adalah metode perhitungan dalam menentukan apakah perusahaan asuransi terbaik yang Anda pilih berada pada tingkat sehat secara finansial untuk membayarkan seluruh tanggung jawabnya. 


OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sudah mewajibkan seluruh perusahaan asuransi terbaik untuk memberi informasi lengkap dan benar pada nasabahnya seberapa jauh tingkat RBC perusahaan asuransi tersebut. Oleh karena itu, pastikan perusahaan asuransi yang akan Anda pilih untuk memberikan jaminan proteksi terhadap diri dan keluarga. Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin bergabung dengan perusahaan asuransi terbaik, semoga bermanfaat dan menghilangkan keraguan Anda untuk mendaftarkan diri dan keluarga ke perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.