7 Rekomendasi Desain Rumah Minimalis Cocok untuk Milenials -->

Kategori Berita

.

7 Rekomendasi Desain Rumah Minimalis Cocok untuk Milenials

Jumat, 04 Maret 2022

 

Kaum milenial mempunyai ciri yang lebih atraktif dan eksploratif dalam banyak hal, termasuk dalam memilih desain rumah yang dimiliki. Karenanya, untuk memberikan referensi yang baik untuk kaum milenials tersebut, maka di sini akan dihadirkan sejumlah rekomendasi desain rumah minimalis dengan berbagai gaya yang ada di dunia, sebagai berikut:


1. Rumah Minimalis Bergaya Mediterania


Sumber gambar:

https://i0.wp.com/dekoruma.blog/wp-content/uploads/2018/02/Arsitektur-Rumah-Mediterania-Yunani-505946695-1517481708192.jpg?resize=1000%2C791&ssl=1


Rekomendasi desain rumah minimalis yang pertama ini cocok bagi anak milenials yang menyukai gaya klasik atau vintage. Gaya ini dulu sempat popular di tahun 90an dengan ciri utama keklasikan dan keeleganan arsitekturya. Selain itu hal yang menonjol adalah pemilihan warna yang cenderung kalem, kontras dengan lingkungan yang asri.


Ciri yang dipunyai oleh rumah bergaya mediteriania tersebut sangat tepat bagi kaum milenials. Lantaran ada kebebasan untuk mengekspresikan jiwa klasik melalui arsitektur ataupun penataan warnanya yang menyenangkan.


2. Rumah Minimalis Gaya Jepang



Sumber gambar:

https://www.mustikaland.co.id/img/desain-rumah-jepang-minimalis-modern.jpg


Selanjutnya yang kedua, kaum milenials juga bisa memperoleh inspirasi antik dari rumah yang ada di Jepang. Lazimnya untuk arsitektur Jepang dirancang untuk keperluan ketahanan gempa sesuai dengan kondisi geografis yang ada di sana. Sehingga tipe rumah ini biasanya akan didominasi oleh sentuhan kayu.


Lebih dari itu, rumah minimalis Jepang juga mempunyai bagian-bagian arsitektur yang khas. Seperti balai yang menghubungkan antara dalam rumah yang modern dengan bagian luar yang mencerminkan ruang terbuka, bernuansa alami. Bagi milenials ruang ini bisa dijadikan tempat relaksasi.


3. Rumah Minimalis Ala Korea



Sumber gambar:

https://i0.wp.com/japdesain.com/blog/wp-content/uploads/2021/07/Desain-Rumah-Minimalis-Ala-Korea.jpg


Pada rekomendasi desain rumah ketiga yang cocok untuk para kaum milenials adalah yang bergaya Korea. Tentunya ini menjadi rumah idaman bagi para penyuka drakor bukan? Dengan ciri utama bangunannya yang mengedepankan sisi modern, namun tidak meninggalkan kesan alami pada sejumlah sudutnya.


Karena itulah biasanya pada desain rumah Korea ini akan terlihat simple dan elegan. Namun menyisakan sedikit ruang untuk penataan taman semisal pada bagian balkonnya. Sehingga saat kaum milenials merasa bosan, bisa menjadikan sudut tersebut sebagai tempat hiburan melepas kelelahan.


4. Rumah Minimalis Gaya Turki



Sumber gambar:

https://www.harapanrakyat.com/wp-content/uploads/2021/11/Rumah-Minimalis-ala-Turki-Kesan-Mewah-dengan-Ciri-Khas-Unik-.jpg


Lanjut pada inspirasi yang keempat ada rumah minimalis gaya turki yang mempunyai ciri penataan atapnya yang menyerupai kubah. Pemilihan warna atap dan model arsitekturnya, membuat rumah minimalis tipe ini tampil mengesankan. Selain memberi kesan elegan, juga memberikan kesan mewah yang menenangkan.


Pada kelazimannya, pemilik rumah tipe ini akan memadukan desain klasik ala timur tengah khas Turki tersebut dengan adanya ruang terbuka hijau. Sehingga membuat estetika out door dari rumah semakin terasa indah.


5. Rumah Minimalis Gaya Amerika



Sumber gambar:

https://rumahlia.com/wp-content/uploads/2019/09/5-9-1280x720.jpg


Kelima, desain rumah juga bisa diambil dari benua Amerika. Biasanya untuk gaya arsitektur rumah minimalis tipe Amerika ini lebih mengedepankan fungsional praktisnya. Sehingga tampilan sekilas yang bisa diperoleh dari rumah tipe ini adalah kesederhanaan dengan pilihan warna pastel, putih, atau hitam yang mendominasi.


Kerennya biasanya untuk tipe rumah ini dikombinasikan dengan adanya penataan taman yang dapat dipergunakan sebagai area santai atau bermain. Sehingga para milenials bisa juga memanfaatkannya sebagai zona pribadi untuk mencari inspirasi.


6. Rumah Minimalis China



Sumber:
https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/news-content/img/2021/09/14180416/taman-rumah-minimalis-2.jpg


Inspirasi desain rumah minimalis dari negeri tirai bambu pun rasanya cocok diambil sebagai referensi bagi para kaum milenials. Pasalnya, rumah tipe ini tidak hanya akan mengedepankan sisi arsitekturnya yang sederhana dan elegan saja. Namun juga menonjolkan sisi filosofis tertentu yang tidak akan bisa didapatkan pada gaya rumah minimalis yang lainnya.


Secara umum untuk gaya rumah ini hampir mirip dengan rumah yang bertipe Jepang. Hanya saja punya beberapa titik yang menjadi pembeda. Seperti dari bentuk atap rumah, sampai urusan tata letak ruang dan taman hijau yang dijadikan tempat untuk memberi nuansa alam. Biasanya untuk tipe rumah ini akan dikombinasikan dengan kolam ikan kecil yang menambah sensasi kesejukan kala milenials beristirahat di dalamnya.


7. Rumah Minimalis Gaya Indonesia Modern



Sumber:

https://media.beritagar.id/2020-06/ff5641316397f8b859a5df80dcbbf6120102231f.jpg


Terakhir, yang tidak kalah menarik untuk dijadikan inspirasi desain adalah gaya Indonesia modern. Gaya seperti ini begitu popular dipakai pada perumahan-perumahan yang ada sekarang ini. Biasanya punya ciri khusus dari bentuk atap yang tidak simetris dengan dominasi warna coklat. Biasanya untuk warna dinding cenderung netral putih, krem atau abu-abu yang dominan.


Meski sudah umum ada, tipe rumah yang seperti ini punya peluang untuk dieksplorasi oleh kaum milenial. Semisal dengan menambahkan sentuhan taman kecil yang asri di bagian depan atau di samping rumah lengkap dengan kolam ikan yang menyejukkan. Tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik untuk memakai konsep rekomendasi desain rumah minimalis tersebut.


Nah, itulah tadi sejumlah rekomendasi desain rumah minimalis yang cocok untuk para milenials. Desain-desain tersebut tidak hanya mengedepankan sisi arsitekturnya saja namun juga membuka ruang eksplorasi yang besar bagi kaum milenials. Sehingga cocok pula sebagai ajang berekspresi yang atraktif dan inovatif seperti ciri khas anak muda yang kekinian!