Apa Itu Fasilitas Margin Trading di Aplikasi Ajaib? Ini Jawaban Lengkapnya -->

Kategori Berita

.

Apa Itu Fasilitas Margin Trading di Aplikasi Ajaib? Ini Jawaban Lengkapnya

Faisol abrori
Selasa, 15 Maret 2022

 


Sebelumnya apakah Kalian tahu tentang margin trading? Tentunya sudah tidak asing lagi di dunia per-saham-an. Margin trading merupakan cara yang digunakan untuk mendapatkan pinjaman modal dari sebuah perusahaan sekuritas untuk memberikan fasilitas yang dapat meningkatkan daya beli. Namun setelah mendapatkan pinjaman sekuritas itu tidak gratis melainkan setelah pinjaman jatuh tempo maka harus membayarkannya ditambah bunga.


Jika seorang investor gagal membayar pinjaman beserta fasilitas bunga yang diberikan ketika sudah jatuh tempo maka secara otomatis sekuritas melikuidasi saham marjin dalam portofolio seorang investor untuk melunasinya atau sering disebut forced sell.


Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Margin Trading

 

Transaksi menggunakan margin trading ini cukup popular di kalangan para trader Indonesia. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Kalian cermati mengenai hal-hal yang berkaitan dengan trading ini.

 

1.    Hanya memberikan izin margin trading dengan sekuritas yang terpercaya. Maksudnya yaitu otoritas bursa efek Indonesia atau BEI memberikan rambu-rambu, bahwa margin trading ini bisa dijalankan jika sekuritas yang digunakan memenuhi kriteria atau tidak semua sekuritas menyediakan fasilitas margin trading.

 

2.    Untuk dapat menikmati fasilitas margin trading, maka kita harus memilih sekuritas yang menyediakan fitur ini serta meminta permohonan khusus kepada sekuritas yang dituju. Namun jika kita mengajukan permohonan tetapi serkuitas sudah menyediakan fasilitas margin trading maka otomatis sudah dapat digunakan.

 

3.    Sekuritas dapat memiliki ketentuan khusus mengenai proses pendaftaran rekening oleh nasabah yang dilakukan. Seorang nasabah juga harus memperhatikan beberapa hal seperti berapa persen bunga yang berlaku, berapa batas maksimum pinjaman modal sampai batas limit.

 

4.    Hanya beberapa saham yang dapat diperjualbelikan melalui margin trading, yang memenuhi kriteria dari persyaratan bursa karena otoritas BEI menerbitkan data efek margin yang setiap bulannya selalu diperbarui. Adapun Daftar Saham Marjin dapat dilihat di laman https://www.idx.co.id/data-pasar/data-saham/saham-marjin/ yang diperbarui oleh BEI setiap hari pertama di bulan berjalan.

 

 

5.    Bunga dalam margin trading ini dihitung per hari. Maka dari itu, trader perlu membeli saham-saham yang berproses bagus. Karena perkembangan saham inilah yang menentukan jumlah bunga Kalian, jika saham yang dikembangkan maju pesat maka Kalian tidak perlu khawatir mengenai pembayaran bunga, bahkan kalian juga akan dapat cuan.

 

6.    Selalu memperhatikan jatah waktu tempo pembayaran, ingatlah semua tata tertib awal persetujuan sebelum terdaftar pada margin trading ini. Margin trading ini memang cukup menggiurkan karena bisa menghasilkan untung besar, namun resikonya juga besar.

 

Transaksi yang Mudah Menggunakan Fitur Margin Trading Ajaib

 


Sebenarnya margin trading bisa digunakan untuk trader yang pro maupun amatiran, tergantung niat untuk belajar. Jika Kalian memahami aturan mainnya dengan benar, maka bisa berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih besar.  Namun dengan resiko yang besar pula.


Ajaib Sekuritas terus berkembang dengan menghadirkan fitur terbaru berupa margin trading.

Perlu diingat, untuk fitur baru margin trading Ajaib, baru tersedia di Android dengan versi aplikasi minimum 1.0.1W. Fitur ini berlaku hanya untuk Investor yang sudah berhasil membuka akun Margin Trading Ajaib. Fitur ini akan segera tersedia di iOS dan Web.


Salah satu syarat untuk membuka akun Margin Trading, Investor harus punya aset dengan nilai setidaknya Rp200 juta sebagai jaminan, yang terdiri dari kepemilikan Saldo RDN, saham margin, atau kombinasi keduanya.


Terkait besaran limit margin, merupakan kewenangan penuh pihak Ajaib untuk menentukan berapa besaran limit margin yang didapat investor, yang melihat dari aktivitas transaksi beberapa bulan terakhir dan profil risiko investor.


Jika menggunakan saham sebagai jaminan, maka Ajaib menggunakan haircut masing-masing saham untuk menghitung limit margin. Haircut sendiri merupakan selisih dari nilai pasar dan nilai yang dapat diakui sebagai jaminan, biasanya dalam bentuk persentase. Ajaib memiliki kewenangan penuh untuk menentukan haircut masing-masing saham dengan tetap merujuk pada petunjuk PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).


Aplikasi ajaib sendiri sudah terdaftar dan diawasi OJK, sehingga pengguna dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui aplikasi ini.


Sekarang Kalian tidak perlu khawatir lagi mengajukan pinjaman dengan memanfaatkan margin trading saham ajaib yang memiliki beberapa keunggulan berbeda dari peminjaman lain.


Fasilitas Margin Trading Ajaib menawarkan bunga rendah yaitu bunga 0,039% per hari atau 14% per tahun. Namun, sedang ada promo 0% Biaya Broker yang hanya berlaku untuk transaksi saham (beli maupun jual) yang dilakukan melalui akun Margin Trading. Promo 0% Biaya Broker dan Bunga hanya berlaku sampai dengan 1 Juni 2022.


Investor juga memungkinkan mendapatkan Buying Power Margin hingga 2x dari jaminan untuk memaksimalkan profit. Dapat diajukan 1 bulan setelah investor berhasil membuka akun Margin Trading. Di mana pengajuannya dapat dilakukan ke Relationship Manager Investor masing-masing.


Kalian mungkin pernah berminat untuk membeli saham yang menarik namun bingung karena belum memiliki modal yang memenuhi syarat di RDN. Hal seperti itu pasti sangat mengesalkan apalagi ketika muncul sinyal teknikal yang meyakinkan bahwa Kalian tidak memiliki dana yang dapat digunakan. Namun kini semua dapat teratasi dengan adanya margin trading saham ajaib. Jika sudah paham dan tertarik, bisa segera Daftar Margin Trading Ajaib.