Manfaat Membangun Toko Online Pribadi untuk Jualan Produk dan Jasa -->

Kategori Berita

.

Manfaat Membangun Toko Online Pribadi untuk Jualan Produk dan Jasa

Faisol abrori
Rabu, 23 Maret 2022

 

pexels/pavel danilyuk

Semakin berkembangnya teknologi membuat semua hal mudah dilakukan termasuk kehadiran toko online. Ya, yang dahulunya harus dilakukan secara manual, namun kini, semua bisa serba online dan mudah serta praktis. 


Sebagian besar orang mengira bahwa toko online dan toko offline adalah hal yang sama. Keduanya sama-sama menjual produk dan jasa, kemudian dating pembeli lalu penjual bisa mendapatkan laba. Padahal jika dipahami lebih jauh keduanya berbeda.


Kenapa toko online dan offline berbeda? Apa saja manfaat membangun toko online pribadi untuk jualan produk dan jasa? Apa hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membuat toko online sendiri? Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk kamu:


Perbedaan Toko Online dan Toko Offline


Meski keduanya sama-sama menjual produk dan jasa namun keduanya sangat berbeda. Ada beberapa hal yang membedakan tersebut, diantaranya:


Promosi yang dilakukan. Toko online promosinya lebih mudah dan lebih luas sedangkan toko offline lebih sulit dan tidak bisa menjangkau khalayak luas.


Jam layanan. Toko online bisa melakukan pelayanan secara 24 jam nonstop sedangkan toko offline kebanyakan hanya beberapa jam saja.


Keuntungan Membangun Toko Online Pribadi


Banyak yang berpikir bahwa dengan memiliki toko online maka semua kegiatan penjualan akan menjadi lebih rumit dan membuat bingung. Padahal jika dipelajari lebih jauh toko online lebih memudahkan pengguna dan membuat kegiatan jual-beli menjadi lebih lancar dan efektif.


Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan membangun toko online pribadi untuk jualan produk dan jasa. Berikut ini manfaat membangun toko online pribadi untuk jualan produk dan jasa, diantaranya:


1. Kegiatan Promosi Lebih Mudah


Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa kini social media saling terhubung antara satu sama lainnya. Jika kamu membuat toko online sendiri maka kegiatan promosi yang dilakukan akan lebih mudah.


Sebagai contoh: kamu membuat iklan atau konten promosi di web atau marketplace, kemudian kamu bisa mempromosikannya ke social media yang kamu miliki seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lainnya.


Jika kamu masih menggunakan toko offline maka kegiatan promosi yang harus dilakukan bersifat manual dan konvensional. Contohnya membagi-bagikan brosur yang mungkin tidak dibaca oleh orang lain.


2. Membuat Transaksi Menjadi Lebih Mudah


Jika banyak yang berpikir bahwa berjualan secara online hanya membuat rumit dan sulit, ternyata mereka keliru. Kenapa? Karena hadirnya toko online akan semakin mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli.


Proses interaksi yang biasanya dilakukan secara tatap muka, dengan rook onlinemaka terjadi secara virtual. Kamu bisa berinteraksi dengan para konsumen tanpa harus bertemu secara langsung. Jika ada pertanyaan terkait produk dan jasa maka mereka tinggal menggunakan fitur chat yang ada di toko online kamu. Kemudian bisa langsung kamu balas meskipun kamu masih rebahan di rumah.


Selain itu hadirnya fitur membalas pesan otomatis membuat pemilik toko semakin mudah. Pemilik toko tidak perlu membalas pesan satu-satu namun cukup menyediakan satu pesan berisi informasi lengkap yang akan disebarkan pada konsumen.


3. Banyak Orderan? Tidak Masalah


Pada toko offline sering kita temukan ketika banyak pesanan maka akan sangat merepotkan. Tidak jarang barang yang dipesan ada yang tertinggal tidak di pack. Hal ini tidak akan terjadi jika kamu memiliki toko online sendiri.


Semua orderan yang masuk akan direkam oleh komputer. Sehingga kamu tinggal merekap dan bisa melihat mana saja pesanan yang sudah dibungkus dan mana pesanan yang belum dikerjakan. Mudah sekali bukan? Sehingga jika banyak orderan yang masuk maka kamu tidak perlu bingung karena orderan masuk secara otomatis.


4. Mudah Menarik Pelanggan Kembali


Bagi para pembeli offline, biasanya mereka akan mencoba membeli satu produk di toko satu dan membeli produk lainnya di toko lain pula. Hal ini wajar dilakukan untuk mencoba tempat tempat atau toko baru dan membandingkan isinya. Namun di toko online berbeda, jika seseorang konsumen sudah percaya pada suatu toko maka dia akan kembali membeli di tempat tersebut dan jarang berpindah-pindah tempat.


Selain itu, dengan memiliki toko online maka kamu bisa mengumpulkan email-email dari para pelanggan yang sebelumnya sudah membeli di toko kamu. Kemudian email tersebut bisa kamu gunakan untuk menawarkan produk0produk terbaru di toko kmu. Dengan cara inilah pelanggan akan tertarik untuk kembali membeli di toko kamu.


5. Efisiensi Biaya


Manfaat membangui toko online pribadi untuk jualan produk dan jasa selanjutnya adalah membuat kamu menjadi lebih efisien terhadap biaya. Kenapa bisa begitu?


Karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa kios atau ruko, tidak ada pengeluaran untuk renovasi ruangan atau gedung dan kamu tidak usah mengeluarkan biaya untuk membeli etalase dan sebagainya. Dengan memiliki toko online sendiri, kamu cukup memiliki foto produk maka bisa langsung menarik perhatian konsumen.


6. Jangkauan Pasar Lebih Luas


Harus diakui bahwa pengguna internet sangatlah luas hingga keluar negeri. Karena itulah produk-produk yang dipasarkan secara online atau melalui internet bisa dipasarkan pula secara luas. Jasa produk atau jasa kamu tidak hanya bisa dipasarkan kepada orang Indonesia saja namun juga bisa masuk pasar luar negeri. Internet memungkinkan dan mempermudah hal ini.


Namun ada beberapa yang harus diperhatikan ketika ingin melepaskan pemasaran ke luar negeri. Yaitu kamu harus membuat promosi menggunakan bahasa inggris yang mudah dimengerti oleh orang luar negeri. 


Kemudian kamu perlu memikirkan pengiriman barangnya agar bisa sampai ke pesan dengan aman dan ongkos kirim yang dibebankan tidak terlalu mahal. Kemudahan ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu hanya membuka toko offline saja.


7. Keuntungan Lebih Besar


Karena toko online bisa buka selama 24 jam secara penuh, sedangkan toko offline tidak bisa melakukan hal tersebut. Serta jangkauan pasar yang lebih luas sampai ke luar negeri. Maka hal inilah yang membuat keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.


Kamu bisa mendapatkan orderan atau pesanan di jam-jam diluar jam kerja. Dan bisa mendapatkan orderan bahkan di berbagai belahan dunia lainnya. Kamu tinggal menyiapkan smartphone dan menunggu orderan saja.


Itulah beberapa manfaat membangun toko online pribadi untuk jualan produk dan jasa yang harus kamu tahu. Karena banyak sekali manfaat membanguin toko online sendiri oleh karena itu kamu harus segera memiliki toko online tersebut.


Nikmati berbagai kemudahan dan keuntungan dengan memiliki toko online. Yakinlah bahwa teknologi membawa kemudahan dan tidak membuat sulit kehidupan kamu. Jika kamu bingung bagaimana cara berjualan secara online, kamu bisa mencari tips dan panduannya secara online di internet dan banyak pula buku-buku yang membahas cara berjualan secara online.


Buat Toko Online dengan Mudah Melalui Desty App 


Dengan berbagai kemudahan dan manfaat, lalu pertanyaan selanjutnya bagaimana cara untuk membuat toko online dengan mudah?Nah, kita bisa menggunakan Desty App untuk membuat toko online secara praktis.

 

Kamu cukup lakukan 5 langkah mudah membuat toko online yang sesuai dengan keinginanmu


1. Sign up melalui www.desty.app/signup

2. Edit dan custom toko online untuk bisnismu

3. Upload produk maupun jasa yang ingin kamu jual

4. Pilih metode pembayaran yang sesuai

5. Publikasikan tokomu dan mulai berjualan


Ayo tunggu apa lagi? Segera bangun bisnis pribadi  menjadi lebih besar dengan membangun toko online. Dan nikmati semua kemudahan dan keuntungan didalamnya hanya dengan Desty App.