Tips Memilih Mobil SUV yang Tepat untuk Berpetualang -->

Kategori Berita

.

Tips Memilih Mobil SUV yang Tepat untuk Berpetualang

Faisol abrori
Senin, 14 Maret 2022


Sport Utility Vehicle atau SUV adalah salah satu jenis mobil paling pas untuk dikendarai sendiri khususnya berpetualang.

Jenisnya pun sangat banyak seperti mobil terbaik SUV dari Suzuki yakni XL7 yang memiliki tampilan tangguh dan berkarakter.

Mobil SUV sendiri banyak dipilih karena memiliki kapasitas bagasi yang lebih besar sehingga Anda bisa bepergian jauh dengan membawa banyak barang. Mobil juga dirancang lebih hemat bahan bakar sehingga Anda tidak akan boros selama perjalanan.

Manakah mobil SUV yang tepat untuk Anda si petualang tangguh? Cek tips memilihnya di sini.

5 Tips Memilih Mobil SUV yang yang Tangguh

Tidak sedikit yang mengalami kasus sama seperti Anda yaitu bingung menentukan mana mobil SUV terbaik untuk dibeli. Tidak seperti membeli aksesoris, ketika membeli mobil ada banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan.

Baik itu dari segi harga dan cara membayarnya apakah tunai atau kredit serta kualitas mobil itu sendiri. Anda tidak hanya akan menggunakan mobil satu atau dua tahun saja tetapi juga lebih, jadi sebaiknya memilih dengan tepat sejak awal adalah langkah yang bagus.

Apabila Anda masih bingung manakah mobil SUV terbaik untuk dipilih, langsung saja ikuti kelima tips berikut ini.

  1. Perhatikan Ukuran Mobil, Harus Pas dengan Kebutuhan

Hal pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah soal ukuran mobil. Berapa banyak penumpang yang akan naik mobil? Berapa banyak barang yang akan sering Anda bawa? Mobil SUV memiliki tiga macam kategori yaitu compact, medium serta full sized.

Memperhatikan ketiga ukuran tersebut, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.Apabila Anda tipe orang yang suka membawa banyak barang saat mudik atau liburan maka ukuran mobil medium atau full sized bisa jadi pilihan.

Kecuali jika Anda suka bepergian sendirian maka mobil tipe compact justru lebih tepat. Anda pun juga lebih mudah untuk memarkirkannya ke garasi.

  1.  Mengecek Fitur Keamanannya

Layaknya mobil untuk keluarga, Anda juga wajib mengecek apa saja fitur keamanan yang disediakan. Perannya sebagai mobil untuk berpetualang membuat Anda harus aware dengan fitur keamanannya tersebut. Semakin modern fitur keamanan mobil pun jauh lebih lengkap.

Mulai dari dual airbag untuk keamanan kedua penumpang di depan. Kemudian ada juga safety belt untuk setiap penumpang di mobil. Selain itu fitur seperti ABS yang akan menjaga keamanan gerakan mobil saat terjadi pengereman mendadak.

Anda bisa menanyakan soal fitur keamanan ini kepada sales mobil, bisa juga browsing di internet untuk tahu lebih lengkapnya.

  1. Jenis Mesin yang Digunakan

Mobil untuk berpetualang akan mengandalkan mesin yang bagus. Tenaga mesin yang besar memang bagus, namun Anda juga harus tahu soal risiko penggunaan bahan bakar yang boros. Belum lagi perawatan mobil yang berfokus pada mesin.

Soal mesin ini pastikan memiliki cc tepat seperti dengan mesin 4 hingga 6 silinder khusus mobil ukuran medium. Sedangkan SUV full sized biasanya menggunakan mesin 8 silinder. Jika tidak ingin boros bahan bakar, pilihlah mobil yang sudah dilengkapi dengan eco drive.

Soal perawatan, pastikan bahwa mobil tersebut tidak akan menyulitkan Anda untuk mencari suku cadang ketika terjadi kerusakan. Harga suku cadang juga jadi bahan pertimbangan besar karena bisa mempengaruhi keuangan Anda. 

  1. Fitur Tambahan Lainnya

Lain produsen maka lain pula fitur tambahan yang diberikan. Fitur tambahan ini nantinya juga akan mempengaruhi harga. Soal fitur ini Anda bisa memilih mana mobil dengan fitur paling dibutuhkan.

Misalnya saja Anda membutuhkan mobil dengan fitur hiburan audio cemerlang. Ada juga fitur lain seperti headlamp, handle, atau fitur lain dalam kabin yang mempermudah operasional kendaraan.

  1. Pertimbangkan Soal Harga yang Ramah di Kantong

Tips terakhir adalah mengenai berapa harga mobil yang Anda beli. Supaya lebih mudah, Anda bisa menentukan harga ini sesuai dengan kapasitas atau kemampuan keuangan. Jangan membeli yang lebih tinggi dari kapasitas Anda karena bisa membahayakan keuangan di masa depan.

Saat ini untuk mengetahui harga OTR mobil Anda bisa langsung menghubungi dealer mobil terdekat. Tinggal bandingkan saja manakah harga yang paling ramah di kantong.

Tidak sulit bukan menentukan mana mobil SUV yang tepat untuk Anda? Pastikan Anda memperoleh mobil yang sesuai dengan kebutuhan.