Mengenal Apa Itu Transformasi Digital dan Bagaimana Perannya dalam Bisnis? -->

Kategori Berita

.

Mengenal Apa Itu Transformasi Digital dan Bagaimana Perannya dalam Bisnis?

Faisol abrori
Selasa, 22 Maret 2022


pexels/vlada karpovich


Di era modern dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, manusia mulai meninggalkan dunia analog dan beralih ke dalam dunia digital. 

Transformasi digital bisa disebut dengan pemanfaatan teknologi untuk mengubah beragam proses bisnis dan  strategi menjadi sistem digital. Hingga pada saat ini istilah transformasi digital sudah semakin populer dalam masyarakat.

Pengertian Transformasi Digital


pexels/tima miroshnichenko


Secara umum, pengertian transformasi digital adalah sebuah penggunaan teknologi yang bisa mentransformasikan proses analog menjadi proses digital. Masyarakat sendiri telah mengalami transformasi digital sudah sejak lama.

Eksistensi transformasi digital juga bisa dilihat dari perkembangan jam tangan analog yang sekarang ini sudah berubah menjadi jam tangan digital.

Tidak hanya itu sekarang asisten rumah tangga juga bisa tergantikan dengan asisten kecerdasan manusia seperti robot. Dilansir dari BRIAPI, transformasi digital lebih merujuk pada cara teknologi berevolusi.

Revolusi bisnis bisa dilihat dari internet, pembelajaran mesin, data besar dan lain sebagainya yang bisa mempengaruhi suatu teknologi. Namun anda bisa menerapkan transformasi digital tersebut dengan berbagai strategi.

Adanya transformasi digital pasti akan menimbulkan beberapa dampak buruk maupun dampak positif bagi masyarakat. Salah satu dampak yang paling terasa dengan adanya transformasi digital adalah tergantikannya surat pos menjadi email.

Terlebih lagi transformasi digital kedepannya akan menggantikan beberapa teknologi supaya menjamin pelayanan masyarakat. Maka dari itu untuk menerima segala transformasi digital, Anda perlu menyiapkan beberapa strategi supaya tidak tertinggal.

Cara Mudah Membuat Peta Transformasi Digital untuk Perusahaan


pexels/antoni shkraba


Dilansir dari BRIAPI, terdapat beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan harus mengikuti transformasi digital. Pasalnya transformasi digital bisa mempengaruhi suatu iklim bisnis saat ini.

Terlebih lagi seluruh masyarakat sebagian besar sudah mengikuti transformasi digital dengan beberapa strategi khusus. Beberapa alur kerja era digital juga harus dibuat, supaya bisnis Anda bisa mengikuti adanya transformasi digital.

Salah satu contoh adanya transformasi digital antara lain kupon belanja digital, perbankan digital, layanan klinik dan ambil, akun pelanggan online swalayan hingga adanya kartu loyalitas pelanggan digital.

Semua perubahan adanya transformasi digital tersebut bisa terlihat dari perubahan kecil hingga perubahan besar. Maka dari itu bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis harus mengikuti beberapa cara mudah membuat peta transformasi digital berikut ini.


1. Menentukan Area Transformasi Wilayah Anda


Salah satu upaya atau cara mudah dalam membuat peta transformasi digital adalah dengan menentukan area transformasi wilayah Anda. Jika Anda memiliki sebuah bisnis tertentu, pastinya seluruh perusahaan akan mengalami perubahan dengan adanya transformasi digital.

Walaupun begitu, Anda perlu memastikan bagian mana saja dari bisnis Anda yang ingin direvolusi. Sebagian masyarakat juga pastinya akan berpikir bahwa banyak alat digital diluar sana, sehingga mudah saja membuang uang untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun realitanya, membuang alat dan berinvestasi pada alat yang salah tidak akan membantu bisnis Anda berkembang dengan baik.


2. Menentukan Anggaran


Ketika Anda sudah mengetahui dengan baik pengertian atau definisi transformasi digital, maka langkah selanjutnya dalam membuat peta transformasi digital adalah dengan menentukan anggaran.

Anda bisa menentukan beberapa anggaran pada alat terbaik, pasalnya alat multifungsi akan membantu Anda dalam mengikuti perkembangan transformasi digital. Selanjutnya Anda bisa bersiap-siap dalam berinvestasi lanjutan dengan alat yang mendukung.


3. Menunjuk Beberapa Personel Tim


Walaupun dengan adanya perkembangan transformasi digital membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien, namun Anda perlu menunjuk beberapa personel tim untuk membantu bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar.

Hal tersebut dikarenakan membuat peta strategi untuk mengikuti transformasi digital tidak mudah, sehingga Anda perlu beberapa tim khusus dengan keahlian yang mumpuni untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sebaiknya Anda merekrut personel tim dengan bagian-bagian peran penting dalam perkembangan bisnis. Semuanya bisa dimulai dengan tim yang kompak, maka hasil akhir memuaskan akan Anda dapatkan dengan mudah.


4. Mengubah Metode Kerja


Dilansir dari BRIAPI, supaya peta strategi transformasi digital untuk bisnis Anda bisa berjalan dengan baik maka Anda bisa mengubah metode kerja. Pasalnya metode digital telah mengubah cara kerja baru.

Secara umum semua proses transformasi digital berpusat pada kerja tim, komunikasi hingga produktivitas setiap pekerja. Anda cukup memperhatikan proses kerja dalam transformasi digital dan memperbaharui metode kerja dengan metode yang baru.

Sama halnya dengan cara-cara lainnya, proses kali ini juga tidak mudah dilakukan. Sehingga Anda memerlukan beberapa waktu tertentu dengan tambahan strategi supaya hasil akhir berhasil.


5. Pemeliharaan Setelah Peluncuran


Langkah terakhir dalam membuat peta transformasi digital adalah dengan melakukan pemeliharaan setelah peluncuran. Tentu saja keberhasilan sebuah transformasi digital tidak bisa terjadi begitu saja dalam satu malam.

Terlebih lagi dunia modern seperti sekarang ini telah bergerak dengan cepat serta sudah menjadi bagian dari sebuah ekosistem digital baru. Maka dari itu supaya bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar, Anda perlu memiliki daya kerja yang tinggi.

Anda juga harus memiliki komitmen supaya bisa bersaing dengan transformasi digital. Sebaiknya Anda bisa mengikuti dengan baik perkembangan praktik dan berbagai dasar perkembangan digital.

Terutama pemeliharaan pasca peluncuran dan pengembangan profesional bisa berdampak positif bagi bisnis Anda. Hal tersebut juga akan memberikan keuntungan satu sama lain dan pastinya keuntungan bisnis Anda akan meningkat.

Definisi transformasi digital ternyata memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Dimana transformasi digital mampu membantu bisnis Anda supaya lebih produktif dan lebih berkualitas.