12 Peluang Bisnis di Sekitar Kampus yang Menguntungkan untuk Mahasiswa -->

Kategori Berita

.

12 Peluang Bisnis di Sekitar Kampus yang Menguntungkan untuk Mahasiswa

Faisol abrori
Senin, 14 Maret 2022


Sebagian besar mahasiswa berfikir bagaimana cara mendapatkan uang tambahan. Hal ini biasanya dikarenakan faktor ingin mandiri dan tidak ingin memberatkan orang tua. Mungkin dengan melakukan pekerjaan paruh waktu atau membuat bisnis sendiri sehingga mendapatkan uang tambahan. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa banyak peluang bisnis di kampus yang menjanjikan.

Dengan menjalankan bisnis sendiri di kampus maka seorang mahasiswa bisa membiasakan diri untuk menjadi seorang pebisnis mulai dari sekarang. Hal ini menjadi pengalaman yang sangat berharga, sehingga nantinya setelah lulus kuliah ketika ingin membuka bisnis sudah memiliki pengalaman yang cukup.

Lantas apa saja peluang bisnis di kampus tersebut? Berikut ini beberapa rekomendasinya yang dapat dilakukan dengan modal yang serendah-rendahnya namun dengan untung yang sebanyak banyaknya:

1. Membuat Makanan Ringan



Peluang bisnis yang pertama adalah dengan membuat makanan ringan. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa yang membutuhkan uang tambahan. Karena untuk memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar dan siapa saja bisa mencobanya.

Contoh makanan ringan yang bisa dijual adalah aneka kue, donat dan gorengan. Untuk menjualnya mahasiswa tidak perlu berkeliling mencari pelanggan sendiri. Karena makanan ringan tersebut bisa dititipkan ke warung-warung sekitar kampus atau kantin kampus dengan pembagian keuntungan. Mudah bukan?

2. Menjual Buku Akademik & Novel

Berbicara tentang mahasiswa maka tidak lepas dari aneka buku yang dibutuhkan baik untuk menunjang akademik atau untuk hiburan seperti novel dan komik. Hal ini bisa dijadikan peluang usaha untuk menjual buku akademik dan novel baik baru maupun bekas. Bisnis satu ini sangat menjanjikan, karena tiap penerbit memiliki potongan harga tersendiri untuk dropship atau untuk reseller buku mereka.

3. Berjualan Pulsa dan Paket Data Internet




Penggunaan smartphone dan internet saat ini sudah sangat familiar. Bahkan bisa dikatakan bahwa smartphone dan internet menjadi kebutuhan wajib terutama bagi para mahasiswa. Karena banyak yang membutuhkan pulsa dan data internet maka hal ini bisa dijadikan peluang usaha.

Meskipun pendapatan dalam menjalankan bisnis ini terbilang receh namun mengingat banyak yang membutuhkannya sehingga keuntungannya bisa menjadi besar. Perlu diingat bahwa ketika berjualan pulsa dan data internet maka perlu pembukuan khusus agar tidak lupa siapa saja yang sudah membayar dan yang belum membayar.

Baca : 5 Aplikasi Jualan Pulsa Terbaik yang Bisa Kamu Coba

4. Jasa Penulis Lepas




Bagi yang memiliki kemampuan di bidang menulis dan dapat mengetik dengan cepat maka kemampuan ini jangan disia siakan. Kemampuan merangkai kata-kata ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak memerlukan modal. Modal utamanya hanya komputer atau laptop dan kuota internet.  

Kelebihan dari bisnis ini adalah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga tidak akan mengganggu jadwal kuliah. Namun perlu diingat bahwa untuk menjalankannya diperlukan kreativitas dan kedisiplinan yang tinggi. Jangan sampai seorang yang memakai jasa kecewa dengan hasil yang diberikan.

5. Jasa Service Laptop

Bagi mahasiswa teknik komputer tentunya memiliki skill service komputer. Skill ini jangan disia-siakan karena bisa dijadikan untuk bisnis yang sangat potensial. Karena mahasiswa tentunya memiliki kebutuhan khusus dengan laptop atau komputer ketika laptop atau komputernya rusak tentunya mereka akan mencari jasa atau orang yang bisa memperbaikinya.

Selain memperbaiki, biasanya jasa yang dibutuhkan adalah menginstall suatu software. Karena tidak semua orang bisa menginstall software-software komputer apa lagi yang original.

6. Jasa Les Privat




Bagi mahasiswa pendidikan seperti pendidikan PGSD dan mata pelajaran lainnya tentunya mengajar menjadi kemampuan yang pasti dimiliki. Kemampuan inilah yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang.

Bukalah jasa les privat di sekitar kos-kosan atau di sekitar kampus yaitu dengan memberikan bimbingan belajar pada anak-anak yang ada di sekitar kos-kosan atau kampus. Jika yang memberikan bimbingan belajar tersebut termasuk mahasiswa yang memiliki prestasi bagus maka tentunya para orangtua akan percaya dengan kemampuan mengajar yang ditawarkan.

7. Jasa Pengetikan Tugas




Mahasiswa memang identik dengan tumpukan tugas dan laporan yang cukup banyak ditambahkan dengan deadline yang mepet. Oleh karena itu jasa pengetikan tugas sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Tentunya akan banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dari pada harus mengerjakan sendiri. Inilah yang bisa menjadi ladang bisnis untuk mendapatkan uang tambahan. Cobalah dengan menawarkan jasa pengetikan tugas pada teman dekat.

8. Berjualan Jus




Kembali ke bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia, yaitu minuman. Bisnis minuman adalah bisnis yang sangat menguntungkan karena hal utama yang dijual adalah air. Keuntungan bisnis ini tidak lah main-main.

Untuk memulai bisnis ini yang perlu disiapkan adalah tempat yang strategis, tidak perlu di pinggir jalan raya. Bisa juga di depan kos-kosan atau menyewa di kantin kampus. Kemudian berilah blender dan beberapa cup plastis dan buah-buahan segar. Sangat mudah bukan?

9. Jasa Desain




Bagi anak-anak DKV tentunya sudah tidak asing lagi dengan beraneka macam desain. Anak-anak DKV sangat handal dalam membuat desain yang menarik dan keren. Skill inilah yang bisa dijadikan sumber mendapatkan uang.

Caranya adalah dengan menawarkan jasa desain kepada pengusaha atau event-event. Selain itu kini adalah website freelance desain yang bisa mempertemukan para orang yang membutuhkan desain dengan orang yang bisa mendesain.

10. Bisnis Online Shop




Online shop adalah salah satu bisnis yang sudah lama ada namun baru populer baru-baru ini. Di online shop sangat banyak ditemukan barang-barang sehari-hari yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Untuk memulai bisnis satu ini tidak perlu modal besar karena seseorang bisa mendaftar sebagai reseller atau dropshippernya untuk mendapatkan potongan harga. Selain itu tidak perlu menyetok barang karena bisa mengambil barang hanya ketika ada pesan nya saja.

11. Jasa Penerjemah




Bagi yang memiliki kemampuan dalam menerjemahkan suatu bahasa maka skill ini patut dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Banyak sekali yang membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan literatur-literatur di buku akademik dan lainnya. Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa jurusan bahasa. Misalnya saja seperti mahasiswa bahasa inggris, jepang, mandarin dan lainnya.

12. Jasa Fotografi




Bagi yang menyukai dan memiliki bakar di bidang fotografi maka bisa menjadi fotografer. Saat ini banyak orang membutuhkan jasa fotografi untuk mengabadikan moment-moment penting dalam kehidupannya. Misalnya saja ketika wisuda, yudisium dan lain sebagainya.

Meskipun penghasilan yang ditawarkan bidang ini besar namun memerlukan modal yang cukup besar. Karena untuk membuka jasa fotografi dibutuhkan kamera DSLR dan perangkat pendukung lainnya.

Itulah beberapa peluang bisnis di kampus yang bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim namun hasil yang bisa didapatkan lumayan besar. Masih banyak lagi peluang bisnis yang bisa dilakukan di sekitar kampus. Jika tidak memiliki kemampuan diatas, bisa juga mencari tempat kursus kemudian setelah lulus kursus membuka bisnis. Misalnya saja seperti kursus bahasa, kursus belajar komputer, kursus memasak dan lain sebagainya.