4 Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Motor Bagian Dalam -->

Kategori Berita

.

4 Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Motor Bagian Dalam

Faisol abrori
Senin, 11 April 2022

rekomendasi cairan pembersih motor bagian dalam


Memiliki sebuah kendaraan yang dapat digunakan untuk sarana bepergian memanglah menyenangkan. Baik itu bermotor maupun bermobil. Dalam perawatannya juga dilakukan secara berkala tidak boleh sampai rusak parah baru diservice. Salah satu masalah utama dalam motor adalah karatan bagian dalamnya, maka mengetahui cairan pembersih mesin motor bagian dalam itu perlu.

Sebenarnya mengapa motor harus dibersihkan bagian dalamnya dan kenapa tidak dibiarkan begitu saja serta menunggu rusak? Jawabanya karena nantinya kerusakan yang ditimbulkan akan lebih parah, maka untuk menghindari kerusakan serta pengkaratan pada kendaraan, berikut rekomendasi cairan yang efektif:

1. Sabun Cuci Piring

Dalam urutan yang nomor satu ini, rekomendasi terhebat yang dapat dilakukan dengan mudah dan barangnya gampang ditemukan adalah sabun cuci, lebih tepatnya sabun cuci piring. Karena sabun cuci memiliki efek licin sehingga dapat efektif menghilangkan beberapa kotoran yang memang belum membandel pada bagian dalam motor.

Untuk menerapkan cara ini juga tidaklah sulit, yang utama harus mempersiapkan sabun cuci dulu.Apabila sabun cuci sudah disiapkan, maka campurlah sedikit dengan air dan gosokan atau aliran pada mesin motor yang sekiranya perlu dibersihkan.

Akan tetapi ada kelebihan juga jika menggunakan cara ini, karena sifat air yang begitu bereaksi dengan besi akan menjadi karatan, maka sebaiknya dalam melakukannya dipastikan dengan benar bahwa air akan mengering dan tunggu sampai benar-benar bersih.

2. Engine Flush

Untuk nomor pertama memang menggunakan bahan yang lebih mudah ditemukan dan tentunya murah. Namun apabila ingin sebuah kepraktisan dalam melancarkan aksi ini, maka gunakan saja cairan khusus yang memang sudah terbukti dalam menangani karat pada mesin motor ini.

Kerak yang membandel dijamin langsung minder dengan engine flush ini dan tidak perlu repot juga ketika ingin menggunakannya.

Cukup dengan membeli engine flush ini lalu tuangkan pada lubang yang digunakan untuk masuknya oli, setelah itu jangan lupa menghidupkan mesin agar nantinya dapat berputar dan engine flush masuk pada celah celah mesin. Cukup itu saja memang yang perlu dilakukan, tidak ribet dan tentunya terbukti langsung teratasi permasalahannya.

3. Engine Conditioner

Selanjutnya masih menggunakan bahan kimia yang sebenarnya cara kerjanya serupa dengan urutan pertama yaitu sabun cuci piring. Namun walaupun terkesan sepele tetapi engine conditioner ini efektif dalam menghilangkan gumpalan kerak pada bagian dalam sepeda motor. Gumpalan yang terjadi biasanya diakibatkan oleh pengisian oli yang masih menempel dan menyisakan di lubang dalam motor.

Maka untuk mengatasi masalah itu, dapat menggunakan engine conditioner. Cairan pembersih mesin motor bagian dalam ini juga bisa dibilang terjangkau, tidak perlu menghabiskan lebih dari lima puluh ribu untuk membelinya. Cara pemakaiannya juga mudah, copot bagian lubang busi lalu semprotkan, bagian busanya akan bekerja secara aktif.

4. Asam Cuka

Terakhir, bahan alami yang kualitasnya tidak diragukan dalam hal membersihkan karat adalah asam cuka. Asam cuka ini mampu membersihkan tempelan karat pada mesin. Cara menggunakannya hanya perlu menuangkan saja pada bagian dalam mesin.

Setelah tau macam macam cairan pembersih mesin motor bagian dalam baik secara kimia maupun tradisional, maka sekarang tidak ada alasan untuk selalu merawat motor baik itu bagian luar maupun dalam. Motor yang selalu dirawat secara totalitas akan lebih memiliki masa aktif yang panjang. Jika pilihan jatuh pada bahan alami, maka mungkin cara kerjanya tidak sebaik yang berbahan dasar kimia, untuk itu perlu sabar.