Mengenal Apa Itu ERD? dan Bagaimana Cara Membuat ERD? -->

Kategori Berita

.

Mengenal Apa Itu ERD? dan Bagaimana Cara Membuat ERD?

Faisol abrori
Jumat, 15 April 2022


Saat membuat database, maka diperlukan beberapa komponen maupun relasi untuk menyusun serta menyimpan informasi dalam perangkat komputer. ERD merupakan salah satu langkah awal yang perlu dilakukan dalam penyusunan database atau basis data. Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan mengenai apa itu ERD? dan bagaimana cara membuat ERD yang benar:

 

Mengenal Apa Itu ERD?


ERD adalah ? pengertian ERD – ERD (Entity Relationship Diagram) adalah sebuah rancangan yang digunakan dalam pembuatan sebuah database. Tujuannya adalah agar lebih mudah ketika menggambarkan seluruh data yang memiliki hubungan dalam bentuk desain. Dengan adanya ERD ini, maka sistem database yang terbentuk bisa digambarkan secara terstruktur dan rapi. Di mana, nantinya database tersebut dapat disimpan dalam sebuah Virtual Private Server (VPS), sehingga penting juga untuk memilih VPS Indonesia terpercaya.


Fungsi ERD sendiri adalah sebagai bentuk pemodelan database yang bisa dikembangkan ke berbagai project sistem informasi. Salah satu contohnya adalah rekayasa software. Saat membentuk rekayasa software, maka dibutuhkan sebuah konsep tertentu. Disini ERD sangat diperlukan untuk membuat kerangka maupun konsep dasar sistem informasi.

 

Cara Membuat ERD


Setelah mengetahui pengertian dari ERD, maka kini sudah bisa membuat ERD sendiri. Terlebih jika sudah memahami istilah komponen-komponen yang ada dalam ERD. Bagi yang bertanya mengenai apa itu ERD? dan bagaimana cara membuat ERD, simak penjelasan berikut ini:


  1. Identifikasi Entitas


Untuk membuat ERD, maka lakukan identifikasi entitas yang akan digunakan. Langkah ini dapat dimulai dengan membuat persegi panjang kemudian tuliskan deskripsi singkat terkait informasi yang akan disimpan. Gambarlah persegi panjang di setiap entitas yang dipikirkan. Berikan space di sekitar kotak untuk diberikan informai tambahan lain.


  1. Lakukan Identifikasi Serta Deskpripsikan Entitas Relasi


Selanjutnya, carilah 2 entitas yang memang memiliki hubungan. Apabila sudah ditemukan, buatlah garis yang akan menghubungkan kedua entitas tersebut. Tentukan relasi antara entitas yang satu dengan lainnya melalui simbol belah ketupat. Buatlah deskripsi hubungan kedua entitas tersebut. Dalam tahap ini, perjelas lagi jenis relasinya dengan lebih detail.


  1. Tambahkan Atribut


Apabila sudah selesai mengidentifikasi serta menjelaskan relasi entitas, langkah selanjutnya yaitu menambahkan atribut kunci di setiap entitas. Atribut kunci dapat dilangkahnya dalam bentuk oval, kemudian berikan deskripsi pada lambang yang telah dibuat tesebut. Perlu diperhatikan, dalam membuat atribut key maka deskripsi ditulis dengan garis bawah.

 

  1. Penuhi Diagram


Jika sudah membuat beberapa contoh entitas dan membuat diamond antara kedua entitas, artinya semua hubungan sudah memiliki deskripsi masing-masing. Berikutnya, selesaikan ERD dengan melengkapi diagram yang sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan sistem database. Periksa semua komponen, simbol serta deskripsi. Apakah entitas serta atribut yang tidak berhubungan perlu ditulis atau tidak.

 

Tips Agar ERD Efektif


Membuat ERD memang membutuhkan ketelitian. Maka dari itu, pastikan kembali hal-hal yang sebelumnya terkesan meragukan. Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan sehingga ERD lebih efektif serta mudah dipahami:


        Berikan nama pada setiap entitas, relasi serta atribut yang ada pada program.

        Nama entitas di setiap diagram hanya boleh muncul satu kali.

        Lakukan pengujian kembali dari relasi antar entitas tersebut, dibutuhkan atau tidak.

        Relasi berulang harus dibuang.

        Tidak diperkenankan menggabungkan relasi satu dengan lainnya.

        Tandai porsi penting ERD dengan menggunakan warna terang yang berbeda.

 

Tools yang Digunakan oleh ERD


Pada dasarnya ada banyak cara membuat ERD yang efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan tools tertentu. Berikut ini beberapa tools yang sangat direkomendasikan dalam pembuatan ERD agar database mudah dipahami:


        dbdiagram: tools desain database gratis yang memiliki bahasa mudah dipahami dengan penggambaran ERD yang sangat eksklusif.

        Draw.io: tools ERD yang juga menjadi algoritma atau flowchart maker serta mendukung penyimpanan berbasis drive, non-cloud serta oneplus.

        Lucidchart: tools berbayar bagi designer profesional yang menawarkan interface serta penampilan menarik.

        SQLDBM: tools ERD yang ditujukan untuk menjalankan database berbasis MS SQL atau MySQL.

        QuickDBD: tools ERD berbayar yang berbasis teks yang bisa digunakan untuk menggambar diagram secara cepat.

 

Itulah informasi mengenai apa itu ERD? dan bagaimana cara membuat ERD yang benar. Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut, tentunya kini sudah bisa membuat ERD untuk sistem database dengan baik. Pastikan ikuti juga tip-tips yang telah diberikan, agar ERD bisa dipahami dengan mudah.