Apa Saja Bank yang Memberikan Bantuan UMKM dan Apa Saja Syaratnya? -->

Kategori Berita

.

Apa Saja Bank yang Memberikan Bantuan UMKM dan Apa Saja Syaratnya?

Faisol abrori
Minggu, 03 April 2022

 


Saat ini pemerintah Indonesia memberikan program bantuan untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya pelaku UMKM. Salah satu program yang ditawarkan yaitu BPUM atau BLT UMKM. Perlu diketahui jika bantuan sosial ini diberikan dalam bentuk uang tunai melalui bank penyalur bantuan UMKM di Indonesia.

Walaupun demikian, tidak semua bank di Indonesia menyalurkan bantuan UMKM dan tidak semua pelaku UMKM menerima bantuan dari pemerintah. Masyarakat dapat mengajukan serta melakukan pengecekan apakah memang terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak. Agar lebih paham terkait bantuan ini, simak penjelasan berikut:

Apa Itu Bantuan UMKM?

Pemerintah memberikan bantuan bagi para pelaku UMKM yaitu BPUM atau BLT UMKM. Dengan adanya bantuan pemerintah ini, diharapkan pelaku UMKM akan terbantu dalam mengembangkan usahanya. Apalagi di saat musim pandemi seperti sekarang.

Program ini menjadi bentuk komitmen dari pemerintah untuk mendorong ekonomi Indonesia. Adapun besar bantuan UMKM yang diberikan yaitu Rp 1,2 juta. Tidak hanya itu, total penerima bantuan adalah 12,8 juta pelaku UMKM. Adapun pada tahun 2021 penyaluran bantuan sudah dilakukan kepada 9,8 juta pelaku UMKM..

Bank Penyalur Bantuan UMKM

Perlu diketahui, bahwa tidak semua bank menyalurkan bantuan UMKM. Walaupun demikian, bagi penerima bantuan yang tidak memiliki rekening akan dibuatkan rekening saat pencairan bantuan. Dengan demikian, pelaku tidak perlu membuat rekening terlebih dahulu. Berikut ini beberapa bank penyalur bantuan UMKM di Indonesia:

1. BRI

Bank penyalur bantuan UMKM yang pertama yaitu BRI. Adapun proses pencairan bantuan di BRI sangat mudah. Pelaku UMKM bisa mengecek melalui situs web eform BRI melalu browser untuk memastikan apakah memang terdaftar sebagai penerima bantuan. Selanjutnya siapkan dokumen dan lakukan pencairan bantuan dengan mendatangi cabang bank BRI terdekat.

2. BNI

Salah satu bank yang menyalurkan bantuan UMKM adalah BNI. Bagi pelaku UMKM yang memiliki rekening BNI dapat menerima bantuan pemerintah yang diberitahukan melalui telepon, SMS maupun WhatsApp. Selanjutnya penerima bantuan dapat mendatangi kantor cabang BNI terdekat serta membawa berbagai dokumen yang dibutuhkan. Seperti KTP, Kartu Keluarga serta NIB atau SKU.

3. Bank Syariah Mandiri

Pencairan bantuan UMKM semakin mudah dirasakan oleh pengguna Bank Syariah Mandiri atau BSM. Bank ini sudah bekerjasama dengan PT. Alami Fitek Sharia untuk menyalurkan bantuan UMKM. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen BSM dan Alami dalam mendukung program pemerintah. Pencairan bantuan di BSM diharapkan dapat dilakukan lebih mudah, aman dan sesuai syariah.

Syarat Memperoleh Bantuan UMKM

Pemberitahuan terkait penerima bantuan akan dikirimkan melalui SMS atau email. Namun bagi pelaku UMKM yang tidak terdaftar, bisa mendaftarkan diri. Ada beberapa persyaratan yang bisa dipenuhi bagi pelaku UMKM untuk menerima bantuan dari pemerintah ini. Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu diketahui:

     WNI yang merupakan pelaku UMKM;

     Memiliki KTP;

     Bukan anggota Polri, TNI, ASN, karyawan BUMD dan BUMN;

     Menyertakan nomor telepon yang aktif;

     Alamat domisili dan bidang usaha yang diusulkan bantuan;

     Tidak sedang mendapatkan kredit atau KUR dari bank manapun; dan

     Mempersiapkan SKU yang diterbitkan oleh pihak berwajib ketika alamat KTP dan lokasi usaha berbeda.

Itulah beberapa hal terkait bantuan UMKM dan bank penyalur bantuan UMKM di Indonesia. Dengan bantuan ini bisa membantu pelaku usaha untuk melanjutkan usaha dengan lancar. Perlu diketahui, pencairan bantuan UMKM juga dapat dicairkan tanpa menggunakan ketiga bank tersebut. Pelaku UMKM bisa mencairkan bantuan melalui kantor pos.