Inilah 7 Aplikasi yang Bisa Menjawab Soal Kimia dengan Cara Difoto -->

Kategori Berita

.

Inilah 7 Aplikasi yang Bisa Menjawab Soal Kimia dengan Cara Difoto

Faisol abrori
Jumat, 29 April 2022


Tidak hanya sebagai media komunikasi, smartphone mempunyai banyak manfaat, salah satunya mempermudah dalam proses pembelajaran untuk menambah ilmu dan pengetahuannya. Sebagai contoh, ketika sedang mengerjakan soal kimia, terkadang siswa merasa sulit untuk menemukan jawabannya. Nah, dengan adanya smartphone tidak perlu khawatir lagi, karena ada aplikasi yang bisa menjawab soal kimia dengan cara difoto dan upload.

Di saat kesulitan menjawab soal tersebut, siswa sudah mencari berbagai solusi, baik dari orang tua, guru les, teman atau bahkan kakak kelas. Namun, ada saja kalanya siswa tetap tidak mendapatkan jawabannya. Aplikasi yang bisa menjawab soal kimia tersebut tentunya mempermudah serta membantu dalam proses belajar. Yuk, simak beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menjawab soal kimia:

1. Google Lens

Google Lens cukup populer di kalangan pelajar karena menjadi aplikasi yang bisa menjawab soal kimia dengan cara difoto, sehingga cukup mudah digunakan. Aplikasi ini dilengkapi oleh fitur Knowledge Panel yang berfungsi menunjukkan grafik serta penjelasan dasar dari soal yang sudah di foto. Dengan begitu, grafik serta konsep dasar tersebut bisa memudahkan dalam mengerjakan soal tersebut.

2. Brainly

Brainly merupakan sebuah komunitas belajar yang cukup populer di dunia dengan sistem kerjanya yaitu menanyakan soal-soal yang ingin ditanyakan. Pertanyaan tersebut bisa dalam bentuk foto ataupun tulisan yang di submit ke dalam website atau aplikasi dengan menggunakan akun pengguna. Setelah itu, akan ada anggota dari Brainly yang akan membantu menjawab soal-soal tersebut. Cukup mudah dan praktis, bukan?

3. Colearn

Colearn bisa menjadi alternatif aplikasi untuk mencari jawaban soal. Saat ini Colearn dapat membantu memahami konsep beberapa pelajaran, yaitu matematika, fisika dan kimia. Memiliki beberapa fitur yang bermanfaat seperti fitur foto soal, tanya jawab, dan live class. Cukup dengan memotret soal, maka nanti akan muncul video solusi mengenai pembahasan konsep dan juga langkah-langkahnya, lho.

4. Ruangguru

Ruangguru tidak hanya berguna sebagai aplikasi kursus online saja, tetapi sebagai aplikasi yang mampu menjawab soal mata pelajaran. Untuk menanyakan soal-soal, bisa menggunakan dari salah satu fiturnya, yaitu Roboguru yang berfungsi sebagai mesin jawab otomatis untuk soal-soal. Pengguna cukup memotret soal dan meng-upload, lalu Roboguru akan menunjukkan lima soal yang mirip dan relevan beserta jawabannya.

5. Zenius

Zenius memiliki fungsi yang mirip serta kompetitor dari aplikasi Ruangguru yaitu sama-sama merupakan bimbel online dan mampu menjawab pertanyaan dengan memfotonya. Pengguna bisa menanyakan soal-soal tersebut melalui fitur live chat, lalu nanti akan ada tutor yang membimbing dalam sesi tanya jawab soal-soal tersebut. Aplikasi ini berlaku untuk semua mata pelajaran sekolah.

6. Socratic

Socratic merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google tidak hanya diperuntukkan mata pelajaran matematika, tetapi berlaku untuk kimia, biologi dan fisika. Sama seperti aplikasi yang lain, Socratic dapat memperoleh jawaban dengan cara memfoto soalnya saja. Dilengkapi dengan teknologi AI membuat aplikasi ini membantu pengguna dalam memecahkan soal secara cepat dan tepat.

7. Qanda

Rekomendasi terakhir adalah Qanda yang di produksi oleh developer Mathpresso. Aplikasi ini bekerjasama dengan guru-guru yang memiliki kompeten di bidang mata pelajarannya. Selain menanyakan soal dalam bentuk foto, pengguna Qanda mengadakan kelas virtual secara live. Aplikasi ini cukup diminati oleh pelajar, terbukti dengan tercapainya lebih dari 10 juta pengguna mengunduh Qanda.

Demikian beberapa aplikasi yang berguna sebagai media edukasi yang dapat direkomendasikan untuk pengguna. Tentunya dengan adanya aplikasi yang bisa menjawab soal kimia dengan cara difoto dapat membantu dan mempermudah dalam proses belajar. Kesulitan dalam memahami soal dapat diatasi dengan mudah. Selamat mencoba!