Mengenal Bank Nagari Syariah dan Simak Fakta-faktanya Berikut! -->

Kategori Berita

.

Mengenal Bank Nagari Syariah dan Simak Fakta-faktanya Berikut!

Faisol abrori
Jumat, 08 April 2022

 


Bank Nagari merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) dari Provinsi Sumatera Barat. Bank BUMD provinsi ini memiliki unit usaha syariah yang cukup dikenal luas. Bahkan banyak yang mengira bahwa Bank Nagari Syariah adalah merupakan sebuah bank tersendiri. Lalu, benarkah demikian?

Unit Usaha Syariah di Bank Nagari

Perlu diketahui, bahwa Bank Nagari Syariah adalah salah satu dari sejumlah unit usaha yang dimiliki oleh Bank Nagari. Unit usaha ini mulai dibuka sejak tahun 2006 dan pada 2007 dilakukan pembukaan kantor cabang syariah di Kota Padang. Selain di padang, layanan syariah ini juga dibuka di Bukittinggi, Payakumbuh, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Sampai saat ini, unit usaha syariah atau lebih dikenal dengan singkatannya, USS, dari Bank Nagari memiliki 13 layanan produk. Ketiga belas produk yang ada bisa mengakomodir kebutuhan perbankan masyarakat di Sumatera Barat yang mayoritas muslim. Mulai dari kebutuhan tabungan, pinjaman dan pembiayaan, kredit usaha, investasi, giro, hingga gadai emas.

Produk-produk layanan yang ditawarkan sudah mencakup semua kebutuhan perbankan masyarakat. Untuk urusan tabungan, USS Bank Nagari menawarkan jenis tabungan biasa, tabungan haji untuk berbagai kelompok usia, serta tabungan umroh dan qurban. Bagi yang membutuhkan modal usaha, ada kredit usaha rakyat dengan sistem syariah.

Untuk yang membutuhkan dana darurat untuk kebutuhan konsumtif, terdapat 3 jenis murabahah yang bisa dijadikan pilihan, yakni: plus, modal kerja, dan investasi. Semenatra itu, untuk yang membutuhkan pembiayaan usaha, khususnya di bidang kontraktor, ada layanan modal kerja kontraktor. Terdapat pula produk layanan giro, deposito dengan sistem mudharabah, serta layanan gadai emas.

Secara performa, USS Bank Nagari memiliki kinerja yang membaik di tahun 2021, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di semua sektor layanan. Secara keseluruhan USS dari Bank Nagari merupakan perbankan syariah terbaik yang ada di Sumatera Barat.

Jadi tidak mengherankan, jika Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mempercayakan setoran haji ke Bank Nagari, khususnya untuk wilayah Sumatera Barat. Adapun periode waktu setoran yang dimaksud ini adalah dari 2021 hingga 2024 mendatang.

Selain sebagai bank tujuan setoran dana haji, Bank Nagari melalui USS juga didapuk menjadi pengelola wakaf. Berkat penunjukan ini, USS Bank Nagari bisa menerbitkan sertifikat wakaf bagi para wakif yang telah mewakafkan hartanya.

Konversi Bank Nagari menjadi Syariah vs UUS Menjadi Bank Syariah

Saat ini, Bank Nagari tengah mengupayakan untuk mengkonversi menjadi bank syariah. Hanya saja, timbul perbedaan pendapat untuk mengkonversi atau mendorong USS yang sudah ada menjadi bank syariah yang mandiri. Masing-masing pilihan memiliki dasar yang sama-sama kuat. Oleh karenanya dibutuhkan pemikiran matang untuk memutuskan mana yang terbaik.

Meski dua pendapat ini menjadi banyak perhatian, khususnya bagi masyarakat Sumatera Barat, namun secara umum tidak mengganggu kinerja USS Bank Nagari sendiri. Buktinya, USS mampu meningkatkan performa yang ada. Pemerintah pusat pun selama tidak begitu mempersoalkan akan ke mana arah yang akan diambil Bank Nagari selanjutnya.

Terlebih lagi, USS dari Bank Nagari telah mampu membuktikan bahwa pengelolaan perbankan syariah yang dilakukan telah berjalan dengan baik. Ini terbukti dari semua pencapaian yang telah diperoleh di tahun 2021 lalu. Padahal seperti yang diketahui, sejak kuartal kedua tahun 2020, kondisi ekonomi masyarakat melesu akibat pandemi.

Perkara apakah nantinya BUMD milik Provinsi Sumatera Barat ini akan berubah sepenuhnya menjadi Bank Nagari Syariah atau mendorong unit usaha syariahnya saja, mari tunggu saja hasilnya. Selama pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih optimal, tidak perlu ada yang diributkan.