Bank yang Bekerja sama dengan BPJS untuk Kemudahan Pembayaran -->

Kategori Berita

.

Bank yang Bekerja sama dengan BPJS untuk Kemudahan Pembayaran

Faisol abrori
Minggu, 03 April 2022

BPJS menjadi salah satu produk pemerintah yang bisa diandalkan masyarakat Indonesia. Pengguna BPJS hanya perlu membayar sedikit biaya untuk bisa mendapatkan layanan di bidang kesehatan. Untuk membayar iuran BPJS, pengguna kini bisa melakukannya lewat bank. Apa sajakah bank yang bekerjasama dengan BPJS? Simak pembahasan lengkapnya.

1. BRI

Di nomor satu, tentu saja akan muncul nama Bank BRI. Sebagian besar produk dan program pemerintah menggunakan Bank Rakyat Indonesia sebagai bank mitranya. Jika dilihat dari jumlah nasabahnya, kerjasama BRI dan BPJS akan menguntungkan pengguna. Banyak pengguna yang tidak perlu repot-repot membuka rekening baru karena sudah memilikinya.

Saat mendaftar BPJS, pengguna akan diberikan form pengisian nomor rekening. Nah, bagi pengguna BPJS yang merupakan nasabah BRI, tinggal perlu memasukkan nomor rekening saja. Sistem yang dipakai dalam pembayaran ini adalah sistem autodebet atau pemotongan otomatis. Pengguna akan diberikan lembar persetujuan pemotongan iuran langsung setiap bulannya.

2. BNI

Selain BRI, bank yang banyak digunakan sebagai bank mitra oleh pemerintah dalam programnya adalah BNI. Ya, Bank Negara Indonesia ini juga menjadi salah satu bank yang bekerjasama dengan BPJS. Pengguna BPJS yang sudah memiliki tabungan BNI hanya tinggal perlu mendaftarkan rekeningnya saja. Jika belum, pengguna BPJS bisa membuat rekening BNI.

Sama seperti nasabah Bank Rakyat Indonesia, pengguna BPJS yang menautkan rekening BNI akan dilakukan penarikan secara autodebet. Setiap bulannya, iuran yang harus dibayarkan pengguna ditarik langsung dari rekening terdaftar. Namun tenang saja, transaksi ini tentu akan dilakukan setelah mendapatkan persetujuan pengguna BPJS.

3. BTN

Bank ketiga yang bekerjasama dengan BPJS adalah Bank Tabungan Negara. BTN juga menjadi salah satu bank yang digunakan oleh pemerintah untuk melancarkan pelayanan yang diberikan. Bank BTN melayani nasabahnya yang akan melakukan transaksi terkait BPJS.

Pegawai BTN akan membantu semua pengguna dalam transaksi terkait BPJS mulai dari mendaftarkan, membayar iuran BPJS, hingga mencairkan BPJS yang didapatkan. Jika bank-bank sebelumnya mengandalkan transaksi autodebet, BTN memungkinkan nasabahnya untuk datang langsung ke kantor cabang. Transaksi akan dilayani langsung oleh pegawai BTN.

4. Mandiri

Bagi nasabah Bank Mandiri, ini adalah kabar menggembirakan. Jika akan mendaftar BPJS, nasabah Bank Mandiri tidak perlu khawatir karena Mandiri juga bekerjasama dengan BPJS. Pengguna bisa langsung mendaftarkan rekeningnya pada saat pendaftaran BPJS. Bank Mandiri kini sudah mendukung pengguna BPJS untuk melakukan segala transaksinya.

Untuk para pengguna BPJS yang belum memiliki rekening, mungkin Bank Mandiri bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Bank Mandiri sendiri telah menjamin kemudahan pengguna BPJS untuk melakukan segala transaksinya. Pengguna BPJS bisa memulai pendaftaran, membayarkan iuran BPJS bulanan, hingga mendapatkan pelayanan klaim.

5. BCA

Di nomor lima, ada Bank Central Asia. BCA juga menjadi salah satu bank yang mendukung berjalannya BPJS. Nasabah BCA yang mendaftar pada BPJS bisa langsung menautkan rekeningnya. Nasabah akan bisa menyelesaikan berbagai transaksi yang diperlukan melalui BCA.

Sama seperti BRI, BNI, dan Mandiri, BCA menerapkan sistem autodebet. Penarikan otomatis ini dilakukan untuk menghindarkan pengguna dari keterlambatan pembayaran. Tenang saja, transaksi seperti ini selalu disertai dengan persetujuan nasabah.

6. BJB

Yang terakhir adalah bank yang merupakan bank daerah. Untuk warga Jawa Barat dan Banten, BJB juga bisa menjadi bank yang digunakan untuk transaksi terkait BPJS. Rekening BJB yang dimiliki bisa didaftarkan sebagai rekening pengurusan iuran BPJS.

BJB telah menyediakan layanan khusus terkait BPJS, baik yang biasa juga yang ketenagakerjaan. Dengan mendaftarkan rekening BJB, pengguna BPJS bisa menyelesaikan transaksi mengenai BPJS. Nasabah bisa memulai pendaftaran, melunasi iuran bulanan, juga klaim asuransi bagi pengguna BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk bisa melakukan pembayaran tepat waktu, pengguna BPJS bisa melakukan pembayaran melalui bank yang bekerjasama dengan BPJS di atas. Tidak semua bank bekerjasama dengan BPJS. Karenanya, penting bagi pengguna untuk mengetahui, mana saja bank yang bisa membantu melayani transaksi pembayaran iuran BPJS.