Begini Cara Gadai BPKB Mobil di Bank BRI yang Benar -->

Kategori Berita

.

Begini Cara Gadai BPKB Mobil di Bank BRI yang Benar

Faisol abrori
Minggu, 03 April 2022

 


BRI merupakan bank yang paling banyak diminati oleh masyarakat dalam mengajukan pinjaman. Mulai dari menggadaikan sertifikat tanah hingga BPKB mobil dan sepeda motor bisa dilakukan di sini. Jika ingin melakukan gadai mobil di bank BRI caranya juga sangat mudah dan tidak serumit yang dibayangkan.

Bank BRI memang sudah terkenal dengan kemudahan proses gadainya. Tidak hanya itu, waktu yang digunakan untuk proses pencairannya pun juga sangat cepat. Tidak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih BRI untuk pengajuan pinjaman dari pada bank lainnya. Nah, bagi yang tertarik, simak cara-cara gadai BPKB mobil di bank BRI berikut ini:

1. Siapkan Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Sebelum melakukan pengajuan ke bank BRI, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui semua persyaratannya. Untuk pengajuan gadai BPKB mobil di bank BRI, maka syarat-syarat yang harus dipenuhi di antaranya:

     Calon nasabah yang melakukan pengajuan pinjaman adalah WNI.

     Bertempat tinggal di area sekitar cabang Bank BRI

     Memiliki rekening BRI.

     Memenuhi semua berkas, seperti KTP, KK, pas foto dan slip gaji.

     Sudah cukup usia, yakni 21 tahun ke atas.

     Memiliki BPKB asli kendaraan roda empat yang akan digadaikan.

2. Datangi Kantor Cabang BRI Terdekat

Jika semua syarat untuk gadai BPKB mobil di bank BRI sudah dipastikan lengkap, maka selanjutnya datangi kantor cabang bank BRI. Bawa juga dokumen dan persyaratan untuk melakukan pengajuan.

Ajukan pinjaman ke kantor cabang BRI yang berada paling dekat dengan area tempat tinggal. Untuk proses pengajuan ini tidak harus sesuai dengan kantor cabang BRI yang digunakan untuk membuat rekening, ya! Jadi, bebas pilih kantor cabang bank BRI mana saja yang ingin dijadikan tempat pengajuan.

3. Isi dan Lengkapi Formulir Pinjaman

Nah, sesampainya di bank, maka nasabah bisa langsung mengisi formulir  pengajuan pinjaman yang telah disediakan. Bagi nasabah yang baru pertama kali melakukan pengajuan bisa menanyakan prosedur atau tahapannya kepada satpam yang bertugas. Biasanya security akan mengarahkan dan membantu semua nasabah baru yang kesulitan atau belum paham dengan prosedur bank BRI.

Karena pengajuan pinjaman ini menggunakan jaminan BPKB mobil, maka pilihlah program KKB Refinancing. Selanjutnya isi dan lengkapi semua data yang diminta pada formulir tersebut. Isi dengan teliti dan lengkap agar tidak bolak-balik revisi.

4. Pilih Jangka Waktu Pelunasan

Cara atau tahap gadai BPKB mobil di bank BRI selanjutnya yakni menentukan tenor atau waktu pelunasan angsuran. Untuk jenis kredit ini, bank BRI memberikan tenor maksimal selama 4 tahun atau 48 bulan.

Pilihlah tenor sesuai dengan kemampuan membayar yang dimiliki. Hal itu dikarenakan tenor yang sudah ditetapkan tidak bisa diganti sewaktu-waktu. Untuk mengganti tenor tersebut dibutuhkan waktu dan prosedur yang cukup panjang. Jadi pikirkan dengan matang sebelum mengambil dan memutuskan berapa lama waktu pelunasannya agar angsuran bisa berjalan dengan lancar.

5. Tunggu Proses Persetujuan

Nah, tahap terakhir ini merupakan tahapan penentu apakah pengajuan pinjaman tersebut diterima atau ditolak. Semua dokumen dan formulir yang telah diisi selanjutnya akan diberikan kepada customer service dan akan dilakukan pengecekan. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 14 hari kerja untuk proses persetujuan.

Petugas bank BRI akan melakukan survei ke rumah pemohon untuk memastikan kebenaran data yang diberikan sebelumnya. Jika semua sudah terbukti valid, maka kabar gembira bagi nasabah karena dana akan langsung cair ke rekening pribadi. Namun, jika ditemukan salah satu dari dokumen yang tidak memenuhi syarat, itu berarti pengajuan ditolak oleh bank BRI.

Nah, itulah kelima cara gadai BPKB di bank BRI yang harus diketahui oleh semua calon nasabah. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan dan melakukan cara-cara di atas dengan benar agar pengajuan diterima dan suntikan dana segera cair.