Cara Mencairkan Dana UMKM di Bank BRI Tanpa Harus Antri! -->

Kategori Berita

.

Cara Mencairkan Dana UMKM di Bank BRI Tanpa Harus Antri!

Faisol abrori
Sabtu, 09 April 2022

 


Bantuan UMKM merupakan jenis bantuan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengembangkan usaha. Nominal bantuan ini tergolong banyak dan sangat menguntungkan jika didapat. Bagi yang sudah terdaftar sebagai penerima, maka juga harus tahu cara mencairkan dana UMKM di Bank BRI tanpa harus antre.

Dengan memanfaatkan cara yang lebih mudah, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih sedikit. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan untuk tiap penerima. Agar proses pencairan lebih mudah dan cepat, maka harus menerapkan cara terstruktur ini. Simak semua langkah di bawah ini secara menyeluruh untuk segera dipraktikkan:

1. Buka E-Form BRI

Langkah paling awal untuk dilakukan adalah masuk ke e-form yang disediakan BRI. Untuk masuk ke halaman ini, maka harus membuka situs https://eform.bri.co.id/bpum. Pastikan untuk masuk ke alamat situs yang benar di perangkat masing-masing. Untuk melakukan prosesnya, pastikan juga sambungan internet sudah lancar.

2. Masuk Halaman Reservasi

Setelah masuk ke halaman situs utama, maka pengguna akan diarahkan menuju halaman reservasi. Halaman ini difungsikan untuk memilih tempat pencairan dana yang didapat. Bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima, sistem akan langsung mengarahkan ke halaman ini secara otomatis tanpa harus menunggu.

Namun jika tidak langsung diarahkan ke halaman reservasi, maka bisa dipastikan jika masyarakat tersebut tidak masuk dalam daftar penerima. Untuk meminimalisir hal ini, akan lebih baik jika melakukan komponen pengecekan terlebih dahulu apa sudah benar masuk jajaran penerima. Selain itu, pastikan juga internet lancar agar tidak ada eror menuju halaman reservasi ini.

3. Isi Data

Cara mencairkan dana UMKM di Bank BRI bisa dilanjutkan dengan memasukkan data diri. nomor KTP merupakan data wajib yang harus dimasukkan. Pastikan untuk memasukkannya dengan benar agar proses identifikasi tidak ada kendala. Selain nomor KTP, pastikan juga untuk memilih UKO dengan alamat yang jelas.

UKO adalah unit atau tempat yang akan dituju untuk proses pencairan. Jika ingin memilih UKO ini, maka setiap pengguna juga harus memasukkan alamatnya dengan jelas. Mulai dari kota hingga provinsi harus diisi dengan baik. Setelah itu, pastikan untuk memilih jadwal yang sesuai dengan yang tersedia.

4. Masukkan Kode Verifikasi

Jika sudah memilih UKO yang sesuai, maka proses bisa dilanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi. Kode ini biasanya akan dikirim ke nomor HP atau ke alamat email yang sudah dimasukkan. Pastikan untuk memasukkan kode verifikasi ini dengan benar tanpa ada kesalahan. Karena jika ada yang salah, maka proses tidak bisa dilanjutkan.

Saat sudah selesai proses verifikasi, maka setiap pengguna akan diberi kode referensi. Kode ini harus disimpan secara khusus dengan baik dan jangan sampai hilang. Nantinya, pihak yang mencairkan dana akan meminta kode referensi ini. Apabila kodenya hilang, maka proses pendaftaran harus dilakukan secara ulang dengan langkah yang sama.

5. Datang ke UKO

Langkah paling akhir adalah mendatangi UKO sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih sebelumnya. Jika datang sesuai dengan jadwal, maka proses pencairannya tidak akan lama. Namun jika lupa atau ada kendala saat akan datang, maka harus melakukan penjadwalan ulang dengan skema proses yang sama dari awal.

Itulah penjelasan tentang cara mencairkan dana UMKM di Bank BRI tanpa harus antre di kantor BRI langsung. Dengan metode ini, maka proses pencairan akan lebih mudah dan cepat. Masyarakat juga tidak perlu antre panjang untuk menyelesaikan prosesnya. Jadi, bisa dibilang komponen cara ini merupakan cara yang paling sederhana.