Cari Oli Terbaik untuk Motor Matic Injeksi? Ini 7 Rekomendasi Paling Bagus -->

Kategori Berita

.

Cari Oli Terbaik untuk Motor Matic Injeksi? Ini 7 Rekomendasi Paling Bagus

Faisol abrori
Minggu, 10 April 2022


Oli berfungsi sebagai pelumas sebuah kendaraan supaya kinerjanya menjadi lebih cepat. Kekurangan pelumas akan menyebabkan gesekan pada mesin yang akan membuatnya rusak dan tidak bekerja dengan baik. Khususnya penggunaan pada motor matic yang mesinnya tentu berbeda dari motor biasa. Oleh karena itu, perlu menggunakan oli terbaik untuk motor matic injeksi.

Motor matic memerlukan perawatan lebih banyak dibanding motor bebek. Pengguna harus melakukan service secara rutin minimal 4 bulan sekali, termasuk pergantian oli mesin. Selain merawat mesin, pelumas juga akan membuat laju motor menjadi lebih ringan dan cepat. Berikut ulasan beberapa rekomendasi oli terbaik yang bisa dipakai motor matic. mari simak:

1. Repsol Moto

Oli merk ini dijual dengan kapasitas 0,8 liter. Selain dikenal dengan kualitasnya yang bagus, Repsol Moto juga bisa digunakan untuk segala mesin motor matic. Model lama bahkan yang terbaru. Karena pembuatannya sudah memenuhi standar JASO dan API. Sudah dijual di seluruh nusantara, sehingga sangat mudah menemukannya.

2. Yamalube Super Matic

Bagi pengguna yang menggunakan motor matic Yamaha, sangat  disarankan untuk memakai oli merk ini. Mengapa? Karena Yamalube Super Matic memang dibuat khusus untuk mesin motor Yamaha yang lebih cepat panas. Oli ini akan mendinginkan mesin supaya kinerjanya menjadi lebih stabil dan optimal.

Meskipun begitu, merek oli Yamalube tetap bisa digunakan untuk mesin jenis lain. Dijual dengan kapasitas 1 liter dan harganya pun terjangkau.

3. Castrol Activ Matic

Oli terbaik untuk motor matic injeksi lain yaitu Castrol. Penggunaan pada pelumas ini akan menghasilkan gesekan yang rendah pada mesin motor. Pasalnya Castrol sudah menggunakan teknologi ZipBooster dalam pembuatannya.

Gesekan yang rendah akan melindungi mesin dari keausan yang terjadi pada suhu tinggi ketika motor digunakan. Tidak hanya membuat mesin motor menjadi fleksibel, kerusakan pada mesin juga bisa diminimalisir. Pastinya menghemat pengeluaran biaya perawatan.

4. Pertamina Enduro Matic

Pelumas yang paling banyak dijual di pasaran ialah Pertamina Enduro. Harga yang murah dan memiliki kinerja bagus untuk meredam panas pada motor menjadikannya andalan. Oli sintetik yang mengandung aditif molybdenum ini juga dapat melindungi mesin ketika berakselerasi.

5. Top 1 Action Matic

Sama seperti pelumas Pertamina Enduro, Top 1 juga menggunakan bahan sintetik. Kandungan tersebut membuatnya lebih panjang dalam pemakaiannya. Temukan sensai berkendara yang lebih nyaman ketika menggunakan pelumas ini. Karena Top 1 memang didesain khusus untuk motor kopling kering seperti matic.

6. MOTUL Scooter LE 10w30

Meskipun harganya cukup mahal, tetapi pelumas MOTUL merupakan oli terbaik yang sering digunakan para pembalap. Tidak hanya di Indonesia, bahkan juga International. Kualitasnya memang tidak usah diragukan lagi. Hal tersebut pula membuatnya mengalami penjualan yang semakin tinggi dan dikenal luas.

Tidak banyak bengkel yang menyediakan oli jenis ini, tetapi pengguna bisa menemukannya di berbagai marketplace dengan mudah. Mungkin karena hanya orang tertentu saja yang memakainya.

7. Oli X-Ten

Berbeda dari pelumas yang sudah dijelaskan di atas, Oli X-TEN dibuat khusus untuk mesin motor matic yang memiliki volume 150 cc. Hal itu dikarenakan mesin pada volume tersebut lebih cepat panas. Penggunaan oli yang tepat akan membuat mesin terawat dan bekerja dengan optimal.

Sudahkah pengguna memakai oli terbaik untuk motor matic injeksi? Jika belum, sebaiknya hal ini perlu diperhatikan. Sebabnya oli berkualitas akan menjaga mesin tetap dalam keadaan baik, sehingga memiliki performa yang selalu bagus, terawat dan ringan ketika digunakan.