Ini 3 Efek yang Akan Terjadi Pada Tekanan Freon AC Mobil Jika Diubah-ubah! -->

Kategori Berita

.

Ini 3 Efek yang Akan Terjadi Pada Tekanan Freon AC Mobil Jika Diubah-ubah!

Faisol abrori
Senin, 11 April 2022

efek yang terjadi jika freon ac mobil diubah-ubah


Salah satu komponen yang biasanya ada dalam mobil adalah ac. Dalam cara kerja ac ini tentu membutuhkan elemen pendukung agar ac dapat berjalan dengan baik. Umumnya tekanan Freon ac mobil sudah disesuaikan dengan kapasitas mobil yang ada, namun beberapa orang memang sengaja merubahnya. Perubahan itu bisa ke suhu yang lebih rendah maupun tinggi pastinya.

Lalu, apakah dampak yang kiranya timbul apabila tekanan Freon tidak sesuai semestinya? Tentu jawabanya adalah akan menimbulkan efek yang malah dapat merusak mobil tersebut. Efek yang dirasakan dapat secara langsung maupun jangka dalam waktu lama. Berikut ulasan mengenai efek yang dapat timbul jika tekanan Freon berlebihan, yaitu:

1. Komponen Lebih Cepat Rusak

Dampak yang paling utama apabila dengan sengaja melakukan pengubahan pada tekanan Freon adalah cepat rusaknya komponen yang ada dalam ac. Cara kerja ac sendiri memang rumit berkaitan dengan cluth dan pipa pipa penghubung lainnya. Jika ada perubahan yang drastis dan memang sangat signifikan maka yang akan terjadi adalah masalah pada mesin bagian dalam.

Mesin yang mengalami kerusakan akan memberikan efek pada bagian lainnya, maka kerusakan Freon hanya sebagai pemicu. Karena pipa banyak terhubung satu dengan pipa lainnya maka sebaiknya jangan coba coba mengubah sendiri tekanan Freon dengan seenak hati karena pada dasarnya hal itu sudah diubah berdasarkan aturannya sendiri. Jika kerusakan terjadi pada mobil kesayangan, maka bukan sedih lagi akan tetapi nelangsa karena kecerobohan.

2. Kurangnya Suhu Dingin pada Mobil

Urutan nomor dua yang memang menjadi dampak apabila sengaja merubah tekanan Freon ac mobil adalah suhu di dalam mobil akan turun. Dengan kata lain malah udaranya tidak akan segar melainkan lebih panas. Hal ini bukan tanpa sebab bisa terjadi begitu saja. Ac yang sudah sesuai prosedur dalam pengoperasiannya tidak bisa dipaksakan untuk memberikan performa dua kali lipat lebih canggih.

Terkecuali memang mobil khusus yang memfasilitasinya. Ac yang terlalu dipaksa untuk lebih dingin dengan cara memutar Freon maka akan merusak tatanan pada Freon itu sendiri. Melakukan fungsi yang bukan sebagaimana mestinya tentu bukanlah tindakan yang sesuai, sebaiknya jaga stabilitas Freon ac mobil agar tidak terjadi kerusakan yang lebih tinggi.

3. Menurunkan Performa Kompresor

Selanjutnya yang juga merupakan dampak yang dapat timbul adalah kerusakan pada kompresor. Freon sangat berhubungan erat dengan kompresor. Maka apabila Freon terus diotak atik dengan cara ditingkatkan begitu saja tanpa aturan maka ini tidak sesuai dengan konsep kerja kompresor. Kompresor yang bekerja dengan sangat tinggi intensitasnya akan mudah mengalami kerusakan yang signifikan.

Sebenarnya dampak bukan hanya terlihat pada kompresor namun pada sumber bahan bakar yang otomatis akan menjadi jauh lebih banyak. Jika bahan bakar ini juga berpengaruh pada Freon, maka keinginan menghemat akan sirna begitu saja jika masih sering melakukan perubahan pada ac Freon. Kendaraan yang selalu mudah habis bahan bakarnya ini tentu adalah sebuah pertanyaan yang perlu diselesaikan.

Setelah paham akan apa perubahan atau dampak yang akan terjadi jika melakukan peningkatan tekanan freon ac mobil, pembaca juga mendapatkan wawasan tak terduga. Wawasan itu mengenai dampak Freon pada bahan bakar. Jika tau akan hal ini pasti penghematan akan terus digencarkan agar lebih awet serta hemat energy. Diketahui bahwa memang energy minyak bumi tidak dapat diperbaharui.