Langkah dan Cara Mengisi Slip Setoran Bank BRI Hingga Penyetoran Uang -->

Kategori Berita

.

Langkah dan Cara Mengisi Slip Setoran Bank BRI Hingga Penyetoran Uang

Faisol abrori
Minggu, 03 April 2022


Seiring dengan peningkatan kemudahan transaksi, kini hampir semua transaksi Bank BRI bisa dilakukan melalui mobile banking atau ATM. Namun terkadang setoran tunai ke Teller di kantor cabang juga masih diperlukan. Misalnya saat setoran lebih dari jumlah maksimal 5 juta. Untuk itu, perlu diketahui langkah cara mengisi slip setoran Bank BRI hingga menyetorkan uangnya.

1. Dapatkan Slip Setoran Dari Teller BRI

Untuk melakukan transaksi ini, nasabah wajib datang ke kantor cabang BRI. Nasabah harus membawa buku tabungan beserta KTP asli. Jika diwakilkan, maka nasabah harus membawa surat penyerahan tanggung jawab. Persyaratan ini nantinya akan diminta oleh pihak bank BRI sebelum melakukan transaksi.

Setelahnya, nasabah bisa langsung datang di kantor cabang. Nantinya, nasabah akan ditanyai keperluannya. Katakan keperluan setoran yang akan dilakukan. Satpam yang ada di dekat pintu akan mengarahkan nasabah untuk mengambil form dan mengisinya. Ingat, untuk form setoran adalah yang berwarna biru.

2. Isikan Data yang Diminta

Dalam formulir nantinya, nasabah akan menemukan beberapa kolom yang harus diisi. Dimulai dari paling atas, nasabah bisa mengisi nama cabang tempat nasabah melakukan transaksi serta hari dan tanggal. Kemudian nasabah bisa memilih jenis rekening sesuai dengan yang dimiliki oleh nasabah.

Setelahnya, isikan kolom bagian kiri bawah. Kolom ini akan berisi tentang data rekening yang dimiliki oleh nasabah. Nasabah akan diminta memasukkan nama nasabah beserta NIK dan nomor rekening nasabah. Selain itu, nasabah juga harus mengisikan identitas berupa alamat beserta nomor telepon aktif.

3. Isikan Keterangan Setoran yang Dilakukan

Setelah selesai mengisi kolom bagian kiri, nasabah bisa beralih ke bagian kanan. Di bagian ini nasabah akan dimintai keterangan seputar transaksi yang akan dilakukan. Jenis transaksi yang dipilih adalah setor tunai.

Pada kolom pertama, nasabah bisa mengisikan jumlah uang yang akan disetorkan dalam angka. Lalu, di bagian bawah, nasabah harus menuliskannya dalam kalimat. Penting untuk diingat, usahakan menggunakan huruf balok atau kapital semua saat mengisi formulir ya.

4. Dapatkan Nomor Antrian

Setelah memastikan formulir terisi lengkap dan semua data diisikan dengan benar, saatnya untuk menunggu giliran. Nasabah bisa melapor pada satpam yang tadi memberikan formulir pada nasabah. Setelahnya, nasabah akan diberikan nomor antrian untuk menemui teller.

Sembari menunggu, nasabah bisa melakukan penghitungan ulang terhadap jumlah uang yang akan disetor. Lalu periksa lagi kesesuaian nominal dengan tulisan. Periksa pula apakah ada data nasabah yang diisikan dalam formulir sudah sepenuhnya benar.

5. Setorkan Uang Sesuai Jumlah Tertulis

Jika sudah memasuki giliran nasabah, maka teller akan memanggil sesuai dengan nomor antrian. Nasabah bisa langsung menuju ke teller yang memanggil. Bawa semua kebutuhan penyetoran, mulai dari uang, slip setoran bank BRI, buku tabungan, juga kartu identitas.

Serahkan semuanya kepada teller. Nantinya teller bank BRI akan melakukan pencocokan data serta nominal yang disetorkan. Teller juga akan melakukan penghitungan ulang terhadap uang yang disetorkan sehingga akan didapatkan hasil yang akurat.

6. Periksa Kembali Semua Keterangan Transaksi

Setelah transaksi selesai, teller akan memberikan bukti transaksi kepada nasabah. Teller juga akan mencetak riwayat transaksi dalam buku tabungan nasabah. Dengan begitu, semua transaksi yang dilakukan oleh nasabah dapat tercatat dalam buku.

Setelah bukti transaksi, buku tabungan, serta KTP nasabah dikembalikan, nasabah harus melakukan pengecekan ulang. Periksa apakah semua sudah sesuai dengan transaksi yang baru saja dilakukan. Pastikan juga nasabah sudah memasukkan semua hal tadi sebelum meninggalkan kantor cabang BRI.

Sebagian besar transaksi yang bisa dilakukan dari ATM atau mobile banking membuat banyak nasabah tidak tahu bagaimana melakukan transaksi di teller. Padahal transaksi di teller akan selalu dibutuhkan bukan? Karenanya, untuk nasabah yang belum pernah melakukan transaksi di teller, ikuti langkah cara mengisi slip setoran bank BRI di atas.