Rekomendasi 5 Antivirus Terbaik Untuk Windows 10 Dan Tips Memilihnya -->

Kategori Berita

.

Rekomendasi 5 Antivirus Terbaik Untuk Windows 10 Dan Tips Memilihnya

Faisol abrori
Sabtu, 23 April 2022


Hampir semua masalah serius pada komputer terjadi akibat adanya virus yang menginfeksi sistem seperti pada sistem Windows 10. Komputer atau laptop yang terkena virus biasanya mengalami penurunan kinerja program, bunyi kipas terdengar kencang, dan berakhir menjadi hang atau bahkan blue screen. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Tak perlu khawatir, kini terdapat antivirus terbaik untuk Windows 10.

Sebagai sistem operasi terbaru keluaran Microsoft, Windows 10 memang handal dilihat dari berbagai fitur yang ditawarkan. Dibalik itu semua, diperlukan sebuah keamanan pada sistem operasi ini seperti menggunakan antivirus. Berikut adalah ulasan mengenai beberapa antivirus untuk Windows 10 dan tips memilihnya.

Baca : Cara menonaktifkan windows defender Pada Semua Versi Windows

 5 Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk Windows 10

 Berbagai perangkat lunak antivirus kini hadir dalam berbagai platform. Namun tak semua antivirus tersebut dapat diandalkan sebagai proteksi bagi Windows 10. Beberapa perangkat lunak yang terkenal bahkan masih menyisakan spyware dan ransomware yang berkeliaran di laptop atau komputer. Oleh karena itu, simak ulasan mengenai antivirus terbaik dibawah ini.

 1. Panda Dome

Antivirus ini dapat menyaring malware mencapai 95%. Panda Dome memudahkan proses enkripsi pada sejumlah dokumen penting dengan dilengkapi password yang aman dari ancaman ransomware ataupun malware. Adanya fitur Rescue Kit membantu proses pembersihan laptop atau komputer yang terhambat oleh malware. Hal ini sangat bermanfaat ketika terjadi keadaan darurat pada perangkat yang tidak dapat diakses sama sekali.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu memuatnya ke USB Drive dan colokkan ke perangkat yang terinfeksi virus. Lakukan booting maka secara otomatis Panda Dome akan menghapus malware sehingga perangkat dapat digunakan kembali. Antivirus ini mencakup berbagai fitur seperti proteksi web, manager password, peramban aman, dan VPN.

2. TotalAV

Antivirus ini dapat menjadi pilihan yang mampu diandalkan dan mudah digunakan untuk melindungi perangkat Windows 10. Melalui antivirus TotalAV, sebuah perangkat dapat melakukan pemindaian virus yang mengagumkan, VPN yang unggul, serta terdapat sarana proteksi identitas yang komprehensif.

TotalAV memiliki alat pengoptimal kinerja yang dapat diandalkan seperti membersihkan berkas sampah dan proses booting serta membuang cookies yang memperlambat kinerja PC. Selain sebagai antivirus, TotalAV dapat mengakses situs streaming seperti Disney ataupun Netflix. Adanya protokol yang cepat dan aman memungkinkan pengguna dapat melakukan streaming HD tanpa mengalami penurunan kecepatan.

3. Bitdefender

Antivirus terbaik untuk Windows 10 yang berbasis cloud ini memiliki kemampuan yang tinggi dan tidak memperlambat kinerja Windows 10. Selama digunakan, Bitdefender tidak akan mempengaruhi RAM ataupun CPU bahkan ketika proses pemindaian penuh. Antivirus ini memiliki alat perbaikan ransomware yang dapat mencadangkan data penting jika terdapat aktivitas mencurigakan dan memulihkannya setelah ancaman dimusnahkan.

Adapun pelindung web pada antivirus ini dapat mendeteksi situs-situs yang tidak aman bagi laptop atau komputer. Selain itu, terdapat fitur Safepay yang berupa jendela peramban dilindungi enkripsi berfungsi untuk memberi cara aman untuk mengakses finansial secara daring.

4. Norton 360

Antivirus Windows 10 ini memiliki sistem SONAR yang berfungsi untuk mendeteksi malware berdasarkan pada perilakunya. Dengan begitu, program ini akan mendeteksi ancaman zero-day yang tidak tercatat dalam semua basis data malware manapun. Norton 360 dapat memblokir berkas malware sebelum menginfeksi perangkat Windows 10.

Pada Norton 360 terdapat fitur anti phishing atau anti pengelabuan yang dapat memblokir situs phishing dan situs berbahaya lainnya dengan lebih akurat dibandingkan Chrome, FireFox, dan lainnya. Selain itu, antivirus ini mudah digunakan dengan tampilan yang intuitif dan dashboard daring yang semakin baik sehingga mempermudah pengaksesan fitur Norton 360.

5. Kaspersky

Kebanyakan orang menganggap bahwa antivirus ini sebagai antivirus yang berbayar dengan harga yang begitu mahal. Sebenarnya, Kaspersky juga memiliki versi gratis yang bisa diunduh tanpa melakukan pembayaran.

Antivirus ini memiliki berbagai keunggulan seperti adanya proteksi yang solid dari serangan virus dan malware, proses scanning yang cepat, dan ringan bagi perangkat Windows 10. Kaspersky ini juga memiliki antarmuka yang mudah digunakan meskipun fitur yang dimiliki begitu kompleks.

Tips Aman Memilih Antivirus Untuk Windows 10

Setelah mengetahui apa saja antivirus terbaik untuk Windows 10, pengguna perlu juga untuk mengetahui apa saja tips aman ketika memilih antivirus untuk Windows 10. Penasaran? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Pilih Yang Sesuai Dengan Sistem Operasi

Antivirus yang memiliki fitur yang lengkap atau kompleks memang baik. Akan tetapi, perhatikan juga bagaimana kapasitas sistem operasi yang dimiliki dan jangan sampai membebani sistem. Apabila perangkat terbebani, maka kinerja perangkat Windows 10 akan menjadi lambat ketika digunakan.

Agar sesuai dengan perangkat sistem operasi, cobalah antivirus tersebut terlebih dahulu. Apabila setelah sekian waktu dicoba dan tidak mengalami gangguan pada sistem maka antivirus tersebut sudah tepat dengan sistem.

2. Pilih Dengan Harga Sesuai Kemampuan

Meskipun tersedia banyak antivirus yang gratis, tak ada salahnya untuk menggunakan antivirus versi berbayar asal sesuai dengan dana yang dimiliki. Biasanya versi ini memiliki fitur tambahan seperti back up data, firewall, dan kemampuan aktivasi virus pada sandbox.

Terdapat juga fitur tambahan yang unik seperti mampu membuat bootable USB atau penghancur data yang berfungsi menghapus data sehingga tidak bisa dipulihkan kembali. Berbagai fitur tersebut  dapat membuat proses perlindungan perangkat Windows 10 semakin optimal dan efisien.

3. Pilih Antivirus Yang Memiliki Proteksi Menyeluruh

Tips aman memilih antivirus terbaik untuk Windows 10 yang ketiga adalah dengan memilih antivirus yang memiliki proteksi secara menyeluruh. Banyaknya varian virus yang beredar tentu membutuhkan antivirus yang mampu membasmi berbagai virus tersebut.

Ada kalanya virus yang menyerang justru bersifat spesifik seperti ransomware yang banyak beredar belakangan ini. Apabila virus ini sampai menyerang laptop atau komputer, pengguna harus mencari petunjuk untuk membasminya seperti menggunakan antivirus yang dapat melakukan pembasmian secara sempurna.

4. Pilih Antivirus Dengan Pembaruan Berkala

Tips aman memilih antivirus untuk Windows 10 berikutnya adalah dengan memilih antivirus yang dapat melakukan pembaruan secara berkala. Apabila sebuah antivirus tidak melakukan atau mendapatkan pembaruan tentu akan kesulitan memusnahkan virus-virus terbaru.

Pastikan antivirus yang akan dipilih dapat diperbarui secara berkala. Dengan begitu, apabila terdapat serangan virus varian baru pada sistem, antivirus akan mudah membasminya tanpa kendala akibat ketinggalan zaman dari sistem terbaru.

5. Pilih Antivirus Dengan Proteksi Real Time

Ketika memilih antivirus terbaik untuk Windows 10 pastikan memiliki proteksi real time. Dengan begitu, apabila terdapat file yang berpotensi mengancam sistem, antivirus akan langsung melakukan proteksi dan membasmi virus yang menyerang sistem.

Umumnya, antivirus akan melakukan pemindaian menyeluruh saat dipasang dan akan mengaktifkan proteksi real time. Saat ada file baru masuk seperti ketika ada media eksternal yang ditancapkan, antivirus akan langsung bekerja.

Demikian ulasan mengenai apa saja antivirus terbaik untuk Windows 10 serta bagaimana tips memilih antivirus yang aman. Sebuah perangkat baik itu laptop, komputer, ataupun notebook sangat membutuhkan antivirus untuk melakukan perlindungan sistem dari berbagai virus yang dapat menyerang kapan saja.

 BACA JUGA : Antivirus Terbaik Untuk Windows 10 Dan Tips Memilihnya