Magang Penelitian di Luar Negeri? Berikut Manfaat dan Cara Daftarnya -->

Kategori Berita

.

Magang Penelitian di Luar Negeri? Berikut Manfaat dan Cara Daftarnya

Faisol abrori
Sabtu, 09 April 2022


pexels/George pak


Magang penelitian di Luar Negeri memang membutuhkan beberapa skil khusus. Akan tetapi jika Anda berhasil melakukan magang penelitian di luar Indonesia, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan.


Biasanya magang penelitian dilakukan oleh mahasiswa di semester akhir. Selain menyelesaikan skripsi, magang penelitian atau magang PKL juga harus dilakukan oleh seorang mahasiswa di tingkat semester akhir.

 

Pengertian Magang Penelitian

 

Pada dasarnya istilah magang atau penelitian dan PKL ini hanya terdapat dalam kampus saja. Namun sekolah tingkat SMK juga sering melakukan magang, tapi biasa disebut dengan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ).


Tidak hanya itu di luar dunia pendidikan Anda bisa melakukan magang pada suatu perusahaan tertentu. Ketentuan magang tersebut telah diatur dalam Undang-Undang No.13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan.


Sedangkan pengertian magang ilmiah dalam dunia pendidikan mengacu pada tugas seorang mahasiswa di semester akhir pada setiap mata kuliahnya. Magang penelitian sendiri memiliki nilai SKS tersendiri, sehingga wajib diikuti oleh setiap mahasiswa di kampus.


Magang penelitian di luar negeri juga akan membantu Anda mendapatkan berbagai peluang kerja di dunia internasional. Selama minimal waktu 1 bulan, para mahasiswa akan bekerja layaknya seorang pekerja pada sebuah perusahaan.


Magang penelitian sendiri merupakan suatu praktik kerja, karena seorang mahasiswa akan belajar bekerja sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil. Sehingga ditempat magang tersebut, diharapkan mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang dipelajari waktu kuliah.


Selain itu istilah magang penelitian dan KKN memiliki makna yang berbeda. Perbedaanya terletak dalam penugasan, jika KKN dilakukan secara berkelompok maka magang dilakukan secara perorangan.


Tujuan magang penelitian secara umum adalah mengenalkan dunia kerja pada seorang mahasiswa. Selain itu magang bisa menjadi persiapan seorang mahasiwa sebelum lulus kuliah, supaya bisa siap dalam dunia kerja.


Magang penelitian di luar negeri juga bisa Anda lakukan untuk mencari referensi baru dengan suasana lingkungan yang berbeda dengan suasana di Indonesia. Magang juga akan memberikan beberapa manfaat bagi seorang mahasiswa.

 

5 alasan mengapa Anda perlu melakukan magang penelitian di luar negeri

 

Selain memberikan peluang keuntungan bagi mahasiswa, manfaat magang sendiri bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Secara umum manfaat magang bagi mahasiswa adalah memberikan pengalaman kerja dan menambah wawasan.


Selain itu melakukan magang penelitian atau magang kerja akan menambah jejaring sosial dan mengasah kemampuan serta keterampilan mahasiswa dalam dunia kerja. Tentu saja terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan ketika ingin melakukan magang penelitian.


Jika Anda ingin melakukan magang penelitian di luar negara Indonesia, maka Anda perlu menentukan tempat magang yang sesuai dengan keahlian. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dosen pembimbing sebelum melakukan magang dan tentukan beasiswa yang tepat, seperti beasiswa UST Korea.


Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan magang penelitian di luar negeri, selain mendapatkan keuntungan Anda juga bisa mendapatkan teman dan suasana baru.

 

1. Bisa mendapatkan networking baru dan lebih luas

 

Salah satu alasan mengapa Anda perlu melakukan magang di luar negeri adalah mendapatkan networking baru dan lebih luas. Jaringan baru yang lebih luas tentunya akan membantu Anda dalam menimba ilmu di dunia kerja.


Kesempatan mendapatkan jaringan baru yang lebih luas akan lebih terasa jika Anda sudah bekerja dalam sebuah perusahaan atau melakukan wirausaha. Membangun jaringan relasi yang lebih luas juga akan membantu Anda ketika sedang berada dalam kesusahan.

 

2. Magang di luar negeri terdapat curriculum vitae

 

Magang penelitian di luar negeri selain mendapatkan jaringan baru yang lebih luas, Anda juga akan belajar kurikulum baru yaitu curriculum vitae. Jika Anda mendapatkan kesempatan di luar negeri, mengapa tidak diterima saja?


Hal tersebut akan memberikan banyak manfaat dari segi pendidikan hingga segi sosial. Terlebih lagi kesempatan magang di luar negeri akan terlihat lebih menarik jika terpampang di curriculum vitae.

 

3. Mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih baru dan mendalam

 

Selain mendapatkan jaringan koneksi yang lebih luas dan lebih besar, jika Anda melakukan magang di luar negeri tentu saja akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Sehingga pikiran Anda mengenai dunia kerja akan semakin lebih luas.


Terkadang berbagai ilmu pengetahuan yang Anda dapatkan ketika kuliah belum cukup, Anda harus belajar praktik kerja dengan beberapa perusahaan supaya bisa mencocokkan teori dan praktek kerja yang sebenarnya.

 

4. Mendapatkan pengalaman lingkungan baru

 

Alasan lainnya jika Anda melakukan magang penelitian di luar negeri adalah mendapatkan pengalaman lingkungan baru. Ketika seorang mahasiswa sudah nyaman dengan bangku kuliah, maka perlu mendapatkan pengalaman lingkungan baru.


Hal tersebut dikarenakan berada di lingkungan yang nyaman akan membuat Anda susah untuk keluar dari zona nyaman dan mencari pengalaman baru. Sebagai generasi mudah, lebih baik Anda mencari pengalaman di lingkungan baru.

 

5. Mengajarkan hidup secara mandiri

 

Ketika Anda melakukan magang atau praktek kerja di luar negeri, tentu saja akan membantu mengajarkan hidup secara mandiri. Hal ini yang menjadi langkah paling sulit bagi anak muda zaman sekarang ketika ingin hidup mandiri.


Berada jauh dengan keluarga dan orang terdekat memang terasa tidak menyenangkan, namun hal tersebut akan membantu Anda ketika menjalani hidup mandiri. Sekarang ini jika Anda ingin melakukan magang di luar negeri, bisa mendaftar beasiswa secara online.


Anda bisa mendaftar magang kerja di luar negeri dengan mengikuti beasiswa magang di laman website ust  global research internship. Melalui website tersebut terdapat berbagai informasi mengenai magang penelitian di luar negeri yang akan bermanfaat bagi Anda.