Manfaat dan Keuntungan Melakukan Pinjaman Online untuk UMKM -->

Kategori Berita

.

Manfaat dan Keuntungan Melakukan Pinjaman Online untuk UMKM

Faisol abrori
Senin, 11 April 2022

Manfaat dan Keuntungan Melakukan Pinjaman Online untuk UMKM
pexels/Marie Lemaistre


UMKM atau usaha kecil sering kesulitan pinjaman untuk mengembangkan usahanya. Meskipun lembaga keuangan dan pemerintah memberikan suntikan dana. Namun itu tidak bertahan lama karena dana yang diberikan tergolong kecil dan hanya beberapa kali saja.

Jika terus dibiarkan begitu saja, maka UMKM akan semakin berkurang bukan bertambah. Oleh karenanya dibutuhkan regulasi pinjaman yang lebih baik lagi untuk UMKM. Hal ini dibutuhkan untuk mendorong UMKM agar terus berkembang dan memiliki pengaruh yang besar di Indonesia. Lantas apa itu pendataan online untuk UMKM? Seperti apa manfaatnya dan apa saja keuntungannya mengajukan pinjaman online untuk UMKM? Selengkapnya akan di bahas di bawah ini:

Mengenal Pinjaman Online Untuk UMKM

Pinjaman UMKM sangat penting bagi para pelaku usaha untuk membantu perekonomiannya. Sayangnya, sistem pinjaman konvensional tergolong sulit, karena banyak berkas yang harus disiapkan dan untuk mencairkan dananya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Untungnya, kini ada pinjaman online untuk UMKM. Hal ini membawa angin segar bagi para pelaku usaha, pasalnya mereka bisa mendapatkan bantuan dana dengan syarat yang lebih mudah dan dengan waktu pencairan lebih cepat.

Pinjaman UMKM sendiri adalah kebijakan dari pemerintah sebagai bentuk dukungan pada para pelaku usaha kecil. Sedangkan pinjaman online UMKM adalah bantuan usaha kecil dari pihak swasta yang sudah diawasi oleh OJK. Untuk para pelaku usaha. Tujuan dari pinjaman online UMKM adalah membantu para pelaku usaha kecil untuk mendapatkan suntikan dana yang bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya atau memulai usaha baru.

Pinjaman online UMKM ini sangat membantu dan sangat disambut baik oleh pelaku usaha kecil karena banyak sekali manfaat yang diberikan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini informasi lengkapnya:

Manfaat Pinjaman Online UMKM

Pelaku usaha yang mendapatkan bantuan dana tentunya akan sangat terbantu. Bantuan usaha ini berbentuk kredit UMKM yang memiliki tenor tertentu. Berikut ini manfaat mengajukan pinjaman online UMKM yang tidak banyak orang tahu:

1. Membantu UMKM Berkembang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa UMKM membutuhkan dana untuk mengemangkan usahanya. Mungkin terdapat bahan produksi yang kurang, atau mesin pembuatan yang kurang dan hal-hal lainnya yang harus dipenuhi.

Dengan adanya bantuan pinjaman ini pelaku usaha bisa melengkapi kekurangan UMKMnya. Sehingga kedepannya produksi akan lebih baik dan lebih maksimal lagi.

2. Membantu Munculnya UMKM Baru

Harus diakui banyak sekali masyarakat yang memiliki ide untuk berbisnis, sayangnya mereka terkendala dengan dana untuk modal. Dengan adanya pendaana online UMKM ini membuat masyarakat yang ingin memulai usaha baru menjadi tertolong.

Mereka akhirnya bisa memulai usaha dari modal bantuan pinjaman online. Sehingga semakin banyak UMKM yang ada di Indonesia, semakin banyak produk UMKM yang muncul dan semakin banyak pekerja yang diserap.

3. Membantu Percepatan Ekonomi Negara

Adanya pinjaman UMKM secara ini secara langsung membantu percepatan ekonomi yang ada. Karena semakin banyak UMKM yang tumbuh dan berkembang, secara tidak langsung lapangan pekerjaan baru banyak tercipta dan menyerap banyak tenaga kerja.

Hal inilah yang membantu percepatan ekonomi Negara. Diharapkan dengan terus berkembangnya UMKM maka masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak manfaatnya.

Kelebihan Pinjaman Online UMKM

Setelah mengetahui manfaat dari pinjaman online UMKM, lantas apa saja kelebihan pinjaman online UMKM ini dibandingkan dengan pinjaman konvensional? Berikut ini beberapa kelebihannya :

1. Syarat Yang Mudah

Jika syarat untuk mengajukan pinjaman konvensional lebih rumit dan sulit maka pinjaman online lebih mudah. Pemilik usaha cukup menyiapkan berkas-berkas data diri yang lengkap, gambaran usaha dan foto kegiatan usaha. Jangan lupa untuk melampirkan nomor NPWP sebagai salah satu syarat utamanya.

2. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Pengajuan usaha bisa dilakukan dimana saja karena secara online. Untuk mengajukan pinjaman online, pelaku usaha tidak perlu datang langsung ke kantor pandanaan. Pinjaman bisa mengajukan bantuan dari rumah saja. Sangat mudah dan membantu bukan?

3. Pengajuan Bisa Dilakukan Kapan Saja

Berbeda dengan kantor pinjaman yang memiliki jam kerja, untuk pinjaman online bisa dilakukan kapan saja. Karena berbasis teknologi sehingga pelaku usaha yang ingin mengajukan bantuan pinjaman bisa langsung mengisi formulir online yang tersedia.

Formulir tersebut bisa diajukan 24 jam non stop. Artinya pelaku usaha juga bisa mengajukan bantuan usaha ketika tengah malam sekalipun. Hal ini tidak akan mengganggu kegiatan atau kesibukan usaha di siang hari.

4. Proses Pencairan Cepat

Biasanya pelaku usaha harus menunggu berhari-hari untuk proses pencarian pinjaman UMKM konvensional. Bagaimana jika saat ini pelaku usaha sangat butuh dananya? Nah hal ini tidak akan terjadi lagi di pandaan online UMKM. Karena proses pencairan sangatlah cepat dan proses Acc pun tidaklah lama.

5. Jumlah Dana Besar

Jumlah dana yang ditawarkan oleh pendanan online UMKM terhitung besar. Karena tujuan sendiri untuk mendukung UMKM tersebut untuk berkembang. Namun, perlu diingat bahwa pihak pendana akan melihat bagaimana kebutuhan usaha saat ini dan bagaimana prospek usaha kedepannya. Semakin baik prospek kedepannya maka akan semakin besar juga jumlah dana yang bisa cair.

6. Tenor Yang Panjang

Tenor adalah jangka waktu sampai pinjaman dikembalikan. Tenor untuk pinjaman UMKM konvensional lebih pendek dibanding dengan pinjaman online. Maka tidak heran bila banyak yang lebih menyukai pinjaman online daripada offline.

Tenor ini sebanding dengan jumlah dana yang dipinjam hal ini bertujuan untuk memperingan pelaku usaha untuk membayarnya. Namun perlu diingat bahwa semakin panjang tenor maka bunga akan pinjaman juga akan semakin banyak.

7. Bunga Ringan

Karena bertujuan membantu UMKM di Indonesia sehingga pinjaman online ini tidak menerapkan Bunga yang besar. Bunga yang diberikan ringan untuk para pelaku usaha sehingga mereka tidak tercekik oleh bunga yang ada.

8. Transparansi

Pinjaman online UMKM sangat terbuka akan jumlah pinjaman, tenor dan bunga yang diberikan. Bahkan beberapa penyedi pendaan online dilengkapi dnegan simulasi jumlah pinjaman dan jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Hal ini mempermudahkan pelaku usaha untuk menghitung berapa besaran cicilan perbulannya. Selain itu, hal ini membuat pelaku usaha mudah dalam mengatur finansial usahanya.

Memang suntikan modal untuk pelaku UMKM sangat penting. Namun alangkah baiknya jika ingin mengajukan pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayarnya. Jangan sampai karena mudah diajukan sehingga mengambil jumlah yang besar dan berakibat buruk kedepannya.

Itulah informasi lengkap tentang pinjaman online UMKM, keuntungan dan kelebihannya. Jangan khawatir jika ingin emmulai usaha atau ingin emngembangkan usaha karena banyak lemabga pendaan online yang bisa membantu. Pilihlah lembaga yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK sehingga aman digunakan.  Semoga dengan pinjaman online UMKM ini semakin banyak UMKM yang tumbuh dan berkembang.