Memilih Konsep Desain Interior Rumah Industrial Yang Modern Dan Kekinian -->

Kategori Berita

.

Memilih Konsep Desain Interior Rumah Industrial Yang Modern Dan Kekinian

Faisol abrori
Selasa, 12 April 2022

 



Konsep interior design sekarang ini paling banyak dicari untuk memperbaharui suatu bangunan. Terlebih lagi masyarakat sekarang ini lebih memilih konsep desain interior industri yang modern dan kekinian.


Sementara itu konsep gaya interior rumah industrial telah lahir dari kebutuhan manusia untuk merubah suatu fungsi bangunan. Misalkan saja merubah konsep bangunan seperti pabrik dan lumbung tua menjadi sebuah hunian tempat tinggal.


7 Cara Memilih Desain Konsep Interior Rumah Industri Dari Ciri-Cirinya


Secara umum pengertian konsep gaya desain industrial merupakan suatu karakter bangunan yang lebih identik dengan beberapa penggunaan material. Biasanya penggunaan material tersebut berasal dari metal, dinding bata, kayu, beton atau semen.


Sehingga konsep gaya desain industrial ini memiliki karakteristik ruangan dengan kesan unfinished. Terlebih lagi tipe bangunan dengan desain industrial ini lebih sering digunakan untuk cafe-cafe zaman sekarang.


Akan tetapi sekarang ini masyarakat sudah mulai menggemari desain rumah industrial dengan konsep unfinished. Berikut beberapa ciri-ciri dasar interior rumah desain industrial yang bisa Anda ketahui untuk memilih konsep desain terbaik.


1. Lebih Dominan Warna Gelap Dengan Paduan Warna Netral


Salah satu ciri-ciri dari konsep dasar desain rumah industrial ini memiliki warna yang cenderung dominan gelap dengan paduan warna netral lainnya. Beberapa warna favorit semua orang yang memilih konsep desain interior industrial antara lain merah bata, coklat kayu dan hitam.


Meskipun warna merah bata, coklat kayu dan hitam menjadi warna yang dominan dalam memilih konsep desain interior industri modern dan kekinian, namun Anda bisa memilih warna lainnya seperti mustard, navy atau rose gold.


Selain itu sebuah konsep desain rumah dengan gaya industrial ini dilengkapi dengan warna-warna terang dengan kesan glossy pada tema industri. Perpaduan warna yang pas tersebut akan membuat kesan estetik pada rumah Anda.


2. Dominan Menggunakan Dinding Bata


Ciri-ciri dasar interior rumah desain industrial selanjutnya yang bisa Anda ketahui adalah dominan menggunakan dinding bata. Dinding bata sendiri menjadi ciri khas dari konsep desain interior industrial yang wajib ada.


Selain itu karakteristik dari dinding bata sebenarnya lebih unik dan menarik dibandingkan dinding dengan cat tertentu. Terlebih lagi visualisasi dari dinding bata ini lebih atraktif dan tampilannya terlihat lebih terekspos dengan jelas.


Tidak hanya dari dinding bata saja, rumah dengan desain industri interior ini bisa menggunakan kayu atau beton. Anda juga bisa mengkombinasikan dinding bata dengan kayu untuk menghasilkan suatu desain yang menarik.


3. Terlihat Seperti Tampilan Dinding Yang Tidak Terselesaikan


Konsep desain interior industrial biasanya dilengkapi dengan dinding yang terkesan belum diselesaikan. Konsep dinding yang terlihat seperti tidak terselesaikan ini masih erat hubungannya dengan konsep dinding bata pada desain interior industrial.


Maksud dari dinding yang terlihat tidak terselesaikan ini memang sengaja dibiarkan apa adanya. Dalam kata lain dinding pada konsep gaya desain industrial ini memang sengaja tidak diolesi cat atau tanpa plesteran.


Tidak hanya dinding bata saja yang bisa memberikan kesan estetik pada suatu bangunan, namun dinding warna abu-abu dengan tampilan seperti dinding tidak terselesaikan bisa menambah kesan estetik.


4. Biasanya Menggunakan Lantai Kayu Atau Beton


Ciri-ciri dasar rumah desain industrial biasanya sering menggunakan lantai kayu atau beton, hal tersebut juga menjadi salah satu karakteristik dari konsep desain interior industrial. Seni keindahan dari lantai beton dan kayu ini bisa dilihat dari ketidaksempurnaannya.


Selain itu dengan menampilkan lantai berbahan dasar kayu atau beton ini akan menambah kesan kokoh dan kuat. Namun menurut beberapa ahli, lantai dengan bahan dasar semen juga tidak kalah menarik.


Terlebih lagi bahan dasar lantai dari kayu, beton atau semen ini bisa mendukung keamanan dan kenyamanan bagi setiap anggota keluarga. Pastikan juga Anda memilih lantai dengan bahan dasar yang aman, tidak mudah rusak dan nyaman dipijak.


5. Menggunakan Konsep Langit-Langit Terbuka Dengan Struktural Seperti Pita


Elemen struktural dengan langit-langit terbuka seperti pipa atau kerangka menjadi ciri khas dari desain arsitektur industrial. Dimana langit-langit terbuka dengan struktur seperti kerangka akan terlihat jelas.


Sebenarnya elemen struktural dengan langit-langit terbuka seperti pipa atau kerangka ini menjadi hal yang menarik pada rumah dengan konsep modern. Namun untuk menghindari kesan sumpek, maka pastikan langit rumah Anda lebih tinggi dari biasanya.


6. Menggunakan Perpaduan Kayu, Metal, Warna Gelap Dan Elemen Lainnya


Pada dasarnya konsep desain industri industrial biasa menggunakan perpaduan kayu, metal, warna gelap dan elemen lainnya. Terlebih lagi perpaduan dari kayu dan logam ini akan memberikan kesan unik pada desain rumah Anda.


Anda juga bisa memadukan aksen krom dengan kayu rustic pada meja untuk menambah kesan visualisasi perabot industri. Tekstur kayu dengan perpaduan warna dan elemen lainnya akan menambah kesan tersendiri.


7. Memanfaatkan Berbagai Barang Hasil Daur Ulang


Ciri-ciri dasar rumah desain industrial yang terakhir adalah memanfaatkan berbagai barang hasil daur ulang. Biasanya desain rumah industrial tidak selalu menggunakan bahan interior dengan harga mahal.


Anda juga bisa memanfaatkan material hasil daur ulang yang berkualitas untuk menciptakan kesan menarik. Misalkan saja Anda bisa menambahkan material dari lemari bekas, kotak besi bekas, pipa bekas dan lain sebagainya.


Konsep desain industri industrial ini memang sering digunakan untuk tempat berbisnis dengan bangunan minimalis. Konstruksi yang kuat dan kokoh akan menjadikan desain rumah industrial semakin banyak diincar masyarakat. 


Kini, teman-teman tak perlu bingung dalam urusan desain interior rumah yang ideal, karena saya merekomendasikan PEXIO Furniture, yang menyediakan beragam produk seperti kursi kantor, meja, sofa, dan lain sebagainya. Selain itu, tersedia juga jasa desain interior yang profesional dan sudah banyak memberikan kontribusi yang positif sejak 2018 silam.


Semoga artikel ini membantu, dan sampai jumpa..