Mengenal Cpanel Beserta Fitur-Fitur Cpanel Didalamnya -->

Kategori Berita

.

Mengenal Cpanel Beserta Fitur-Fitur Cpanel Didalamnya

Faisol abrori
Kamis, 21 April 2022


Bagi pengelola website pengguna cpanel dapat mempermudah pekerjaannya. Banyak fitur didalamnya yang mempermudah pengelolaan website jadi tidak heran bila banyak yang menggunakannya. Setidaknya ada 3 juta website di dunia yang menggunakan cPanel. Mungkin web anda adalah salah satunya. Namun sepertinya apa cPanel itu? Apa saja fitur fitur didalamnya? Berikut ini informasi selengkapnya untuk anda.

Apa Itu cPanel?

cPanel merupakan sebuah panel control yang digunakan untuk melakukan pengaturan di layanan web hosting. Seperti manajemen file, database, security, konfigurasi dan juga pengelolaan domain. Jika tidak menggunakan cpanel maka pengaturan pada web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. Hal ini tentunya sangat sulit terlebih lagi bagi pengelola website yang tidak begitu mahir bahasa pemrograman.

Dengan penggunaan cPanel pengelolaan web akan lebih mudah. Karena pengguna dapat melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan interface yang menarik dan sangat mudah dioperasikan. Biasanya cPanel dipasang pada Dedicated Server atau Virtual Private Server yang menggunakan sistem operasi seperti Linux, FreeBSD dan lainnya.

Fungsi cPanel

Fungsi utama cPanel tentulah mempermudah pengelolaan website yang ada di akun hosting. Seperti mempermudah konfigurasi yang berkaitan dengan domain dan hosting. Selain itu cPanel juga dapat menambahkan beberapa aplikasi yang pengguna butuhkan untuk mendukung kinerja website agar bisa bekerja dengan baik. Berikut ini beberapa fungsi lainnya dari Panel yang wajib pengguna ketahui:

     Pengelolaan file pada website.

     Pengaturan website lebih mudah.

     Membantu manajemen email.

     Mengelola domain dan database.

     Membantu konfigurasi modul PHP.

     Membantu keamanan dari web.

     Melakukan backup dan restore.

Kelebihan cPanel

Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan cPanel. Misalnya saja mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Kemudian modules melimpah baik online maupun offline. Lalu fitur didalamnya sangat lengkap mulai dari pengurusan email, akun dan keamanan. Terakhir reliabilitas dan menyediakan dukungan bantuan secara lengkap melalui berbagai komunitas yang ada.

Mengenal Fitur Fitur cPanel

Bagi pemula di bidang pengelolaan website, tentulah akan merasa kebingungan ketika pertama kali membuka tampilan cpanelnya. Oleh karena itu sebelum menggunakan cpanel alangkah lebih baiknya untuk mengenal fitur fitur yang ada di dalam cpanel tersebut. Berikut ini beberapa fitur di dalam cpanel yang harus diketahui agar bisa digunakan secara maksimal:

1. Fitur Pengelolaan File Website

Secara sederhana fitur ini digunakan untuk membantu pengelolaan file pada web. Seperti melakukan penyuntingan, menghapus file dan melakukan penyalinan file website yang ada di hosting. Ada pula fitur pengaturan FTP yang bisa digunakan untuk mengakses file website dari aplikasi FTP Client dan tidak harus melakukan login cPanel terlebih dahulu.

Fitur lainnya yang berhubungan dengan manajemen file diantaranya:

     File Manager: digunakan untuk membuat, menghapus dan mengunduh file tanpa perlu FTP atau aplikasi lain.

     Images: digunakan untuk melakukan pengaturan file berbentuk gambar.

     Disk Usage: berisi informasi penggunaan disk.

     Web Disk: untuk akses file di cpanel.

     FTP Accounts: untuk mengakses dan juga mengelola FTP.

     Backup: untuk melakukan backup konten website dan konte cPanel dalam bentuk zip.

2. Fitur Pengelolaan Domain

Fitur ini bertujuan mempermudah pengguna dalam melakukan pengaturan domain. Misalnya saja addon domain, subdomain, redirect dan lainnya. Segala fitur yang tersedia bisa digunakan untuk mengatur bagaimana cpanel menangani permintaan pada browser yang mengakses domain pengguna.

Fitur yang bisa digunakan untuk pengaturan domain diantaranya:

     Site Publisher: bisa digunakan untuk membuat website dengan banyak pilihan template. Bisa juga digunakan untuk menampilan  informasi kontrak dengan jelas.

     Addon Domains: digunakan untuk menambahkan domain pada satu akun cpanel.

     Subdomains: untuk menambahkan URL alias pada sebuah website.

     Redirects: digunakan untuk melakukan redirects pada satu halaman spesifik ke sebuah website. Bisa juga digunakan untuk menambah URL versi lebih singkat di sebuah website.

     Simple Zone Editor: untuk mengedit A dan CNAME records.

3. Fitur Pengaturan Dan Manajemen Email

Ada pula fitur yang dikhususkan untuk membantu mengelola hal-hal yang berhubungan dengan email. Misalnya saja membuat email baru dengan nama domain pribadi pengguna. Ada Pula fitur untuk membuka dan melihat email yang masuk. Disertai dengan informasi kapasitas penyimpanan yang digunakan setiap email.

Agar lebih paham, berikut ini beberapa uraian fitur yang berkaitan dengan pengelolaan email:

     Email Accounts : digunakan untuk mengelola akun email yang terhubung langsung dengan domain pengguna.

     Forwarders: untuk meneruskan email ke satu atau beberapa penerima sekaligus.

     Email Routing: berguna untuk melakukan routing email masuk ke server yang lebih spesifik.

     Default Address: untuk memasang alamat email default.

     Email Filters: menambahkan filter alamat email khusus. Bisa juga digunakan untuk menghindarkan dari spam dan email terusan dari program.

4. Fitur Pengaturan Keamanan Pada Hosting

Cpanel bisa membantu pengelola website untuk mengatur keamanan pada websitenya. Berikut ini beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memberikan keamanan pada website:

     SSH Access: untuk menghubungkan ke server dengan aman lewat command line.

     IP Blocker: menghindari IP Address tertentu masuk ke website pengguna.

     Hotlink Protection: menghalangi sebuah website lain untuk menampilkan konten website anda.

     Leech Protection: mengatur jumlah login yang bisa masuk dalam rentan waktu dua jam.

5. Fitur Pengelolaan Database

Fitur dalam cPanel bisa digunakan untuk membantu pengelolaan database. Salah satunya fiturnya adalah membantu membuka phpMyAdmin. Selain membantu pengaturan didalamnya, pengguna juga bisa menghapus database serta memberikan hak akses kepada akun-akun yang dirasa bisa dipercaya.

6. Fitur Konfigurasi Modul PHP Yang Digunakan

Bagian terpenting dalam cpanel yaitu membantu pengguna untuk menjalankan system atau website dengan lebih baik. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan versi PHP yang digunakan beserta dengan modul-modul yang tersedia. Pengguna juga bisa melakukan instalasi PHP secara mandiri menggunakan file yang terpisah.

7. Fitri Proses Backup dan Restore Website

Pengguna bisa menikmati fitur untuk full backup yang langsung membackup seluruh data termasuk database. Hal ini sangatlah membantu pengguna jika kehilangan data pada web. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk membackup data diperlukan langkah dan panduan khusus. Panduan tersebut bisa pengguna pelajari terlebih dahulu.

Meskipun banyak kelebihan dan fitur dalam cpanel yang biasa digunakan, ada pula kekurangan dalam cpanel. Misalnya saja seperti akses server yang terbatas, karena semua sudah di sekolah oleh server cpanel sehingga pengguna tidak leluasa dalam pengelolaan server pusatnya.

Sudah pahamkan apa yang dimaksud dengan cpanel. Apa saja kelebihan dari cpanel dan apa saja fitur fitur cpanel yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Sangat banyak fitur dalam cpanel yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengelola websitenya. Oleh karena itu jangan berpikir ulang segera gunakan cpanel untuk membantu pengelolaan website.