Mengenal MMQ di Bank Sinarmas Syariah, Cara Berinvestasi Aman Sesuai Syariat -->

Kategori Berita

.

Mengenal MMQ di Bank Sinarmas Syariah, Cara Berinvestasi Aman Sesuai Syariat

Faisol abrori
Minggu, 03 April 2022


Masyarakat muslim di Indonesia semakin sadar akan pentingnya bertransaksi perbankan yang sesuai ketentuan syariah. Itulah mengapa, banyak bank yang kini mengusung konsep syariah agar sesuai dengan tata aturan dalam Islam. Salah satunya adalah Bank Sinarmas Syariah, yang merupakan unit usaha milik PT Bank Sinarmas, Tbk.

Bank yang telah ada sejak lebih dari satu dekade lalu ini merupakan bentuk jawaban dari PT Bank Sinarmas terhadap kebutuhan perbankan syariah bagi masyarakat. Sasaran utamanya adalah nasabah dengan usaha mikro dan kecil. Kendati demikian, bukan berarti bank ini tidak memiliki produk selain pendanaan dan pembiayaan bagi nasabahnya.

Mengenal MMQ Bank Sinarmas Syariah

Selain pada urusan pendanaan dan pembiayaan Sinarmas Syariah juga memiliki produk 2 produk investasi, MMQ dan Bancassurance. Seperti pada bank lainnya, produk Bancassurance di Sinarmas Syariah merupakan produk kerjasama dengan perusahaan asuransi. Sementara itu, MMQ merupakan produk investasi syariah yang dimiliki Sinarmas Syariah.

MMQ sendiri merupakan kependekan dari Mudharabah Muqayyadah, sebuah prosedur transaksi investasi dalam islam. Konsepnya nasabah merupakan pemilik dana yang memberikan kuasa kepada Sinarmas Syariah untuk dicarikan usaha untuk didanai. Dari pendanaan ini, nantinya pemilik dana akan memperoleh keuntungan dengan sistem imbal hasil.

Dalam MMQ, bank bertindak sebagai channeling agent atau agen penghubung/perantara. Jadi, bank menghubungkan antara pemilik dana sebagai investor dengan usaha yang diberikan investasi.

Sementara itu, untuk memutuskan usaha mana yang akan diberikan suntikan dana investasi sepenuhnya berada di tangan nasabah. Ada 4 usaha yang kini tengah menjadi proyek berjalan dengan investasi dari MMQ ini. Antara lain yaitu: PT. PINTAR NUSANTARA, PT. GRAHA BUMI HIJAU, PT. KARYA AGUNG LESTARI, dan PT. PIRANTI MUKTI SENTOSA.

Besarnya keuntungan yang diperoleh bank bersifat tetap karena hanya semacam upah biaya saja. Selama periode investasi, bank akan memberikan laporan laba dan rugi kepada nasabah sebagai laporan pendapatan. Di dalam laporan tersebut juga akan mencantumkan besarnya biaya yang menjadi hak bank.

Adapun waktu periode untuk menerima imbal hasil jika mengikuti MMQ di Sinarmas Syariah adalah setiap satu atau tiga bulan. Besarannya pun tergolong cukup kompetitif jika dibandingkan dengan produk sejenis dari bank lainnya.

Persyaratan Pendaftaran MMQ

Untuk bisa mendaftar pada produk MMQ di Bank Sinarmas Syariah, nasabah bisa merupakan perorangan maupun badan usaha. Untuk persyaratan yang harus dipenuhi antara lain, yaitu:

     Sudah mempunyai rekening di Sinarmas Syariah.

     Diharuskan untuk melengkapi formulir pendaftaran.

     Menyerahkan copy kartu identitas (KTP).

     Memberikan copy NPWP.

Cara Pendaftaran MMQ

Setelah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, nasabah yang berminat tinggal mendaftarkan diri. Proses pendaftaran ini hanya bisa dilakukan di kantor cabang secara langsung dan bukan melalui aplikasi mobile. Selain pada Kantor Cabang Bank Sinarmas Syariah, pendaftaran juga bisa dilakukan di Kantor Cabang Bank Sinarmas.

Temui petugas customer service untuk proses pendaftarannya. Jika memiliki pertanyaan atau ada prosedur yang masih belum dimengerti, sebaiknya segera tanyakan langsung. Penentuan besaran dana yang akan diinvestasikan juga bisa didiskusikan, meski itu merupakan hak prerogatif dari nasabah sendiri.

Sebagai salah satu bank syariah yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia, Sinarmas Syariah memiliki banyak produk unggulan untuk berbagai kebutuhan. Dengan MMQ ini, Sinarmas Syariah seolah menjamin bahwa masyarakat muslim pun bisa berinvestasi di bank dengan lebih aman dan nyaman, sesuai prosedur yang syar’i.