Pentingnya Memiliki Asuransi Mudik, Perjalanan Jadi Lebih Aman Dan Menyenangkan -->

Kategori Berita

.

Pentingnya Memiliki Asuransi Mudik, Perjalanan Jadi Lebih Aman Dan Menyenangkan

Faisol abrori
Rabu, 06 April 2022

dok. pribadi : mengunjungi tempat eduwisata Desa Megalitikum Kamal, Jember

Momen liburan dan bisa mudik ke kampung halaman adalah momen yang paling di tunggu-tunggu semua orang, terutama di Indonesia. Bisa mudik dan bertemu dengan sanak saudara adalah hal yang berharga. Sayangnya, tidak semua orang bisa merasakannya. Sebagian orang tidak mendapatkan jatah mudik sebagian lainnya mengalami hal-hal buruk di jalan.

Perjalanan mudik dengan jalur yang tidak dekat tentunya memiliki resiko yang cukup besar. Seperti kecelakaan yang bisa menyebabkan cacat atau bahkan sampai meninggal. Oleh karena itu, jika ingin mudik dan liburan di kampung halaman, pastikan anda dan keluarga sudah terlindungi dengan asuransi mudik.

Mengenal Tentang Asuransi Mudik

Asuransi mudik adalah polis asuransi yang bisa memberikan perlindungan bagi individu, keluarga dan rombongan ketika liburan atau mudik dengan kendaraan pribadi. Sehingga anda akan mendapatkan rasa aman dan perjalanan akan lebih menyenangkan karena sudah terlindungi dengan asuransi ini. Masa berlaku asuransi mudik hingga 30 hari, sangat cukup bagi orang yang liburan atau mudik.

Pentingnya Memiliki Asuransi Mudik

Mungkin anda belum familiar dengan jenis asuransi ini. Padahal asuransi mudik sangat penting dan bisa memberi banyak manfaat. Apa saja pentingnya memiliki asuransi mudik? Kenapa harus membeli asuransi mudik tersebut? Berikut ini informasi detailnya untuk anda:

1. Terlindungi dengan Maksimal

Dengan memiliki asuransi mudik, pengguna akan mendapatkan perlindungan dengan maksimal. Baik dalam perjalanan menuju kampung halaman atau tempat liburan sampai nanti kembalinya dari sana. Asuransi ini bisa digunakan untuk seluruh wilayah di Indonesia.

2. Harga Murah Manfaat Mewah

Asuransi Mudik sangatlah terjangkau. Tersedia banyak premi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan jumlah anggota yang akan diikutsertakan pada polis asuransi. Meskipun harganya sangat terjangkau namun manfaat yang bisa didapatkan tidaklah main-main karena akan melindungi perjalanan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

3. Perlindungan Kebakaran

Asuransi mudik juga sudah mengcover perlindungan rumah tinggal anda beserta isinya. Perlindungan ini meliputi perlindungan jika terjadi kebakaran ketika rumah ditinggal bepergian atau mudik. Untuk perlindungan rumah dari kebakaran ini berlaku jika anda mengambil paket asuransi untuk keluarga.

4. Bantuan 24/7

Call center yang akan memberikan layanan bekerja 24 jam selama 7 hari, ini artinya non stop melayani. Hal ini sangatlah penting untuk memastikan pengguna selama mudik. Jika terjadi sesuatu maka anda bisa langsung menghubungi call center yang sudah bersiaga dan siap setiap saat. Bayangkan jika call center terdapat hari libur? Bagaimana jika pemegang polis mendapat suatu musibah di jalan? Tentunya akan sangat repot bukan.

5. Perlindungan Diri

Jika terjadi musibah atau kecelakaan di jalan, maka anda bisa mendapatkan perlindungan diri. Total santunan dan biaya medis yang bisa diberikan oleh pihak asuransi mudik untuk pengguna yang mengalami kecelakaan adalah hingga 50 juta rupiah. Santunan ini dihitung per individu bukan per keluarga atau rombongan.

6. Mendapatkan Extra Manfaat

Selain santunan dan biaya medis jika terjadi hal-hal parah ketika dijalan yang menyebabkan anggota polis meninggal. Pihak asuransi mudik juga bisa memberikan extra manfaat yaitu dana pemakaman hingga 5 juta per individu. Biaya ini cukup membantu karena kebanyakan orang tidak memperhatikan ini dan tidak menyiapkan dana untuk ini.

Cara Membeli Asuransi Mudik Aman dan Menyenangkan

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi mudik. Pastinya anda tertarik untuk menggunakan asuransi mudik ketika liburan atau mudik bukan? Berikut ini cara beli asuransi simas mudik agar mudik aman dan menyenangkan:

1. Memilih Jenis Polis

Tersedia berbagai jenis polis dengan periode yang berbeda. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih jenis polis asuransi mudik yang mana dengan periode berapa lama. Pertimbangkan pula jumlah peserta polis. Tersedia 3 pilihan asuransi mudik sesuai dengan jumlah pesertanya, yaitu individu, keluarga dengan maksimal 5 orang dan asuransi mudik rombongan.

2. Membayar Registrasi dan Premi

Selanjutnya, selesaikan pembelian asuransi mudik dengan melakukan pembayaran. Tersedia berbagai macam cara pembayaran, anda bisa memilih cara pembayaran yang paling mudah. Misalnya melalui kartu kredit, menggunakan internet banking, melalui transfer via ATM dan bisa juga dengan merchant e-wallet yang tersedia. Terdapat 3 cara membeli asuransi simas mudik:

1.      Melalui website: simas mudik

2.      Melalui apps asuransi Sinar Mas Online

3.      Melalui 184 Kantor Cabang Asuransi Sinar Mas yang tersebar di seluruh Indonesia

3. Nikmati Perlindungan

Setelah melakukan pembayaran maka dalam 24 jam polis akan dikirim ke email. Hal ini membuktikan terverifikasinya data dan pembelian asuransi sudah resmi. Anda tinggal menikmati perjalanan dan bisa terlindungi selama berlibur atau mudik.

Resiko Yang Ditanggung Asuransi Mudik

Asuransi mudik bisa menjadi berbagai macam kecelakaan diri yang bisa terjadi ketika berada di perjalanan. Berikut ini beberapa resiko dari kecelakaan selama perjalanan yang bisa ditanggung oleh asuransi mudik seperti terjadinya kematian, jika mengalami cacat tetap dan membatu biaya perawatan dan pengobatan. Selain itu pihak asuransi juga akan memberikan manfaat ekstra misalnya santunan biaya pemakaman dan perlindungan rumah jika terjadi kebakaran selama ditinggal mudik.

Manfaat ekstra ini bisa diberikan seperti santunan biaya pemakaman, santunan diberikan jika tertanggung meninggal atau hilang sebagai akibat langsung dari kecelakaan yang terjadi dan sudah dijamin didalam polis. Untuk perlindungan rumah akibat kebakaran, santunan akan diberikan jika rumah dan isi rumah yang terbakar adalah rumah utama dari tertanggung.

Luas Jaminan Yang Diberikan

Terdapat 3 jenis luas jaminan yang bisa diberikan. Ketiga jenis itu adalah:

       Pertama. Santunan kematian dalam kecelakaan akan diberikan jika tertanggung meninggal atau hilang sebagai akibat dari kecelakaan yang dijamin dalam polis asuransi.

       Kedua. Resiko cacat tetap karena kecelakaan diberikan apabila tertanggung mengalami cacat tetap keseluruhan atau sebagian ketika terjadi kecelakaan dalam polis.

       Ketiga. Biaya perawatan rumah sakit karena kecelakan diberikan apabila tertanggung mengalami kecelakaan yang terjadi dalam polis.

Ketentuan Polis Asuransi Mudik

Ada 3 jenis ketentuan polis tergantung pada tertanggung yaitu individu, keluarga (maksimal 5 orang) dan rombongan (minimal 15 orang). Periode tanggungan dalam 30 hari setelah diaktifkan sedangkan wilayah pertanggungan adalah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk harga premi simas mudik sendiri, yakni 10 ribu per individu dan 50 ribu per keluarga 

Untuk kriteria usia yaitu minimal 17 tahun untuk pemegang polis dan peserta polis minimal berusia 1 tahun. Pemegang polis yaitu tertanggung, keluarga secara langsung (orangtua suami/istri dan anak), kemudian pihak lain yang memiliki hubungan hukum langsung.

Sangat besar manfaat dari memiliki asuransi mudik. Itulah pentingnya memiliki asuransi mudik. Oleh karenanya tunggu apa lagi? Jika akan berliburan atau mudik maka segeralah mendaftarkan diri dan keluarga dengan asuransi mudik. Sehingga perjalanan menjadi aman dan menyenangkan.