9 Penyebab Baterai Hp Boros Dan Solusinya Yang Wajib Diketahui -->

Kategori Berita

.

9 Penyebab Baterai Hp Boros Dan Solusinya Yang Wajib Diketahui

Faisol abrori
Sabtu, 23 April 2022



Merasa heran kenapa baterai Hp cepat habis dan boros? Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal yangs erring tidak di sadari. Tentunya pengguna akan menjadi kurang nyaman ketika menggunakan Hp jika baterainya boros. Karena takut ketika dibutuhkan baterai Hp habis. Oleh karenanya kenalilah penyebab baterai Hp boros dan solusinya.

Artikel terkait: Cara Mengatasi Kamera Smartphone Tiba-tiba Mati Sendiri

Ada beberapa cara untuk mengatasi baterai yang boros. Semua cara berikut ini bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan tukang service. Cara-cara berikut ini bisa dicoba sebelum mengganti baterai Hp dengan yang baru. Inilah penyebab baterai Hp boros serta solusi yang bisa dilakukan.

1. Kecerahan Maksimal

Tidak banyak yang tahu bahwa penyebab baterai Hp boros adalah kecerahan layar yang sangat maksimal. Semakin cerah suatu layar maka daya baterai yang dibutuhkan pun akan semakin besar. Hasilnya baterai dari Hp akan boros dan cepat mati.

Oleh karenanya jikia ingin mengoptimalkan baterai hp maka gunakannya kecerahan hp yang sesuai. Misalnya di ruangan yang gelap maka kecerahan bisa minimal dan di ruangan yang cenderung cerah maka gunakan atau atur kecerahan layar menjadi maksimal. Hal ini bertujuan agar baterai Hp tidak cepat habis.

2. Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Sering tidak disadari bahwa penyebab baterai Hp boros karena aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pengguna biasanya setelah menggunakan aplikasi tertentu tidak menutup aplikasi tersebut dengan benar. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi terus berjalan meskipun tidak digunakan.

Biasanya aplikasi yang terus berjalan meskipun tidak sedang digunakan tersebut adalah aplikasi social media. Seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya. Solusi agar aplikasi ini tidak beroperasi jika tidak digunakan maka tutuplah aplikasi dengan benar setelah digunakan.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Nonton Drama Korea Untuk Smartphone Android

3. Penggunaan Fitur Yang Online Terus Menerus

Terdapat beberapa fitur online dari hp yang tidak sering digunakan namun diaktifkan terus menerus. Fitur tersebut diantaranya seperti GPS, WiFi dan Bluetooth. Ketiga fitur ini membutuhkan sinyal internet yang kuat dan real time. Hal inilah yang membuat baterai di Hp menjadi boros dan mudah habis.

Selain membuat baterai cepat habis, ketiga fitur ini juga bisa menyebabkan hp cepat panas dan bisa mengakibatkan hp rusak. Oleh karenanya, jika tidak digunakan maka matikanlah ketiga fitur ini sehingga tidak bisa beroperasi dan tidak bisa mengakses internet.

4. Di lokasi Yang Memiliki Sinyal Buruk

Pernahkah anda berada di suatu lokasi yang tidak bisa menerima sinyal dengan baik kemudian baterai Hp menjadi cepat habis? Jangan heran. Karena koneksi internet dan sinyal yang buruk dapat membuat hp membutuhkan daya baterai yang lebih besar agar bisa beroperasi. Hal inilah yang membuat baterai Hp menjadi cepat habis dan boros.

Oleh karenanya jika ada berada di area yang memiliki sinyal yang buruk. Maka alangkah baiknya untuk berganti posisi atau ganti operator seluler. Pilihlah operator yang memiliki jaringan sinyal kuat di daerah yang sedang ditempati tersebut.

5. Menginstall Terlalu Banyak Aplikasi

Sering tidak disadari, ketika melakukan update system maka secara otomatis aka nada aplikasi aplikasi baru yang terinstall. Hal ini wajar meskipun pengguna merasa tidak melakukan instalasi. Berbagai aplikasi bisa saja terinstall secara otomatis seperti permainan atau game, aplikasi social media yang sedang trend dan beberapa aplikasi lainnya.

Cobalah periksa play store terlebih dahulu dan cek apakah ada aplikasi yang tidak diinginkan namun terinstall di smartphone anda? Jika iya lakukanlah uninstall. Selain itu pilah pilihlah aplikasi yang tidak digunakan atau aplikasi sejenis yang tidak dipakai.

Misalnya seperti aplikasi pemutar music yang terinstall lebih dari 1 jenis di smartphone. Jika semua aplikasi yang dirasa kurang digunakan sudah di-uninstall maka beban hp akan lebih ringan dan baterai bisa lebih awet.

6. Pengaruh Pengisian Daya Portable

Sering menggunakan pengisi daya portable seperti power bank? Maka jangan heran bila baterai Hp menjadi boros dan cepat habis. Pengisian daya menggunakan power bank diperbolehkan namun dalam situasi mendesak saja. Jika bisa menemukan sumber listrik langsung maka jangan gunakan power bank.

Penggunaan power bank yang terlalu sering bisa mempengaruhi performa baterai menjadi turun. Karena batrei Hp yang di charge menggunakan power bank dan langsung ke aliran listrik memiliki tegangan yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan baterai hp menjadi cepat habis. Oleh karena itu, jika tidak dalam situasi mendesak jangan gunakan power bank.

Related post: 7 Aplikasi Edit Foto Blur Jadi Jelas dan HD Terbaik

7. Usia Hp Yang Sudah Lama Digunakan

Usia Hp sangat berpengaruh pada performa dari baterai. Semakin lawas usia dari hp maka dayanya juga akan semakin menurun. Kekuatan Hp dalam menyimpan daya akan semakin menurun dan menyebabkan baterai Hp boros.

Jika merasa Hp sudah lama digunakan dan performa baterai mulai turun. Itu hal wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti Hp lama dengan yang baru. Hal ini tentunya memperibangkan dana dan kegunaan dari Hp.

8. Terus Terusan Menggunakan Hp

Bermain game online di smartphone atau scroll media social memang menyenangkan. Tidak jarang banyak orang yang lupa waktu ketika melakukan hal hal tersebut. Bahkan beberapa aorang diantaranya betah berjam-jam dalam menggunakan hpnya. Hal inilah yang menyebabkan baterai Hp boros. Selain itu penggunaan Hp yang terus menerus bisa menyebabkan Hp menjadi cepat panas dan resiko akan rusak lebih besar.

Batasilah penggunaan Hp untuk diri sendiri atau orang lain. Gunakan Hp dengan wajar dan seperlunya agar baterai Hp menjadi awet. Matikan Hp ketika tidak digunakan dan gunakan untuk hal-hal yang dirasa penting saja.

9. Software Belum Update

Pastikan sudah mengupdate software atau aplikasi Hp secara rutin. Karena jika tidak maka jangan heran jika baterai Hp boros. Hal ini disebabkan software yang belum di update bisa menjadi penyebab baterai Hp cepat habis. Karena sistem operasi atau prosesor HP yang menggunakan sistem lama dan belum mengenali bugs aplikasi baru.

Lakukanlah pembaruan software dan aplikasi di Hp. Hal ini bisa meningkatkan masa pakai baterai karena bugs bugs yang tidak berguna akan dihapus dengan otomatis oleh sistem operasi. Ini yang menjadikan Hp lebih awet dan performanya lebih optimal.

Banyak sekali penyebab baterai Hp boros dan solusinya yang sering tidak disadari. Setelah mengetahui penyebab baterai Hp boros diatas, maka diupayakan untuk mencegah dan tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan baterai Hp cepat rusak.

Itulah rangkuman tentang penyebab baterai Hp boros dan solusinya. Jika ingin baterai Hp awet dan tahan lama maka perhatikan penggunaan Hp. Jangan sering gunakan untuk hal-hal yang tidak penting dan dalam jangka waktu lama. Berilah kesempatan untuk Hp beristirahat agar Hp tidak menjadi panas.