Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Mobil Dilihat dari Kelebihan dan Kekurangannya -->

Kategori Berita

.

Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Mobil Dilihat dari Kelebihan dan Kekurangannya

Faisol abrori
Senin, 11 April 2022

Perbedaan aki kering dan basah pada mobil


Aki merupakan salah satu dari beberapa bagian terpenting pada mobil maupun motor. Tidak adanya aki tentu akan menyebabkan kendaraan tersebut tidak bisa dijalankan. Ada dua macam yang merupakan jenis dari aki, yaitu aki kering dan juga aki basah. Perbedaan aki kering dan basah pada mobil sebenarnya nampak jelas jika diamati lebih serius.

Keduanya juga memiliki kelebihan yang dapat menjadi penunjang kualitas masing-masing. Akan tetapi tidak hanya kelebihan namun terdapat juga kekurangan yang bisa diperhatikan. Untuk lebih rincinya, berikut perbedaan secara spesifik antara aki basah dan juga kering, yaitu:

1. Segi Harga

Poin pertama yang menjadi perbedaan secara besar adalah pada harganya. Tentu jika seseorang membeli sesuatu akan memperhatikan harganya dan juga jenis kelebihan lain, namun harga masih menjadi penentu utama. Dalam aki kering biasanya lebih mahal dan jauh dengan harga aki basah yang terkesan murah.

Murahnya aki basah ini bukan tanpa alasan, akan tetapi karena memang bagiannya saja yang mudah diadakan kembali.Memang bukan tanpa alasan mengapa harga dari aki kering cenderung lebih mahal, yak arena komponen yang ada lebih unggul dan modern apabila dibandingkan secara apple to apple dengan aki basah. Aki basah murah karena untuk komponennya bisa dibeli satuan, bukan borongan.

2. Perbaikan

Selanjutnya untuk perbedaan menonjol keduanya adalah dalam proses perbaikan. Jika aki basah memang mudah diperbaiki karena jika ada yang rusak hanya perlu mengganti elemen tertentu saja. Beda sekali dengan aki kering yang memang jika mengalami kerusakan haruslah diganti seluruhnya. Tentu ini menjadi penentu dalam pembelian karena sangat berpengaruh pada jangka lebih panjangnya.

3. Tegangan

Poin nomor tiga mengenai perbedaan aki kering dan basah pada mobil terletak pada tegangannya. Apabila pada ulasan sebelumnya memang terkesan menyebutkan keunggulan demi keunggulan dari aki basah, kali ini sedikit berbeda. Aki basah tegangannya kurang stabil jika dibandingkan dengan aki kering.

Pada aki kering tegangan akan lebih stabil makanya ini menjadi kesukaan para pemilik mobil yang memang tau kualitas. Pengaruh tegangan ini tentu pada jalannya mobil tersebut. Walaupun memang harganya dapat menjadi dua kali lipat dari aku basah, namun banyak juga peminat dari aki kering ini mengingat kualitas yang ditawarkan.

4. Perawatan

Pada ulasan terakhir yang juga terlihat jelas adalah perawatannya. Kemudahan dalam merawat aki kering ini menjadi pilihan karena si pemilik mobil tidak perlu repot repot untuk melakukan beberapa pengisian ulang. Jika menyukai kepraktisan pasti akan lebih cenderung untuk memilih aki kering ini.

Aki kering tidak merepotkan karena memang komponen atau elemen yang ada sudah didesain sesuai standar keamanan dan kepraktisan.

Jika ditilik dari segi keawetan juga memang ini relative. Biasanya orang akan lebih menyebutkan lebih awet aki kering karena memang kualitas dan perawatan lebih baik, namun tidak sepenuhnya benar. Segi keawetan itu tergantung dari pengguna aki tersebut. Aki yang tidak pernah diberlakukan perawatan akan mudah rusak entah itu aki basah maupun kering.

Setelah menilik beberapa poin akan perbedaan aki kering dan basah pada mobil tentu dapat menjadi lebih bijaksana dalam menentukan keputusan. Keduanya sama sama memiliki poin yang mendukung maupun yang mengurangi. Namun perlu diingat bahwa tidak hanya melihat dari segi kelebihan atau kelemahan, akan tetapi bagaimana si pemilik memberikan treatment pada mobil tersebut.