Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong Bank BRI dan Jenis Tanah yang Diperbolehkan -->

Kategori Berita

.

Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong Bank BRI dan Jenis Tanah yang Diperbolehkan

Faisol abrori
Sabtu, 09 April 2022



Pinjaman jaminan sertifikat tanah kosong bank BRI seringkali menjadi pilihan dalam jumlah besar yang dipilih oleh masyarakat. Melalui produk pinjaman dari bank BRI tepatnya BRI Agro ini nantinya nasabah bisa mengajukan jaminan dalam jumlah besar dengan sertifikat tanah sebagai jaminan.

Tentunya untuk dapat mengajukan pinjaman satu ini, nasabah haruslah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh bank terlebih dahulu. Barulah kemudian proses evaluasi data dan pencairan dana dapat dilakukan. Lalu, apa saja sih syarat untuk mengajukan pinjaman ini ke BRI? Simak ulasannya berikut ini:

Persyaratan Pengajuan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Tanah Kosong

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa untuk mengajukan pinjaman, tentunya persyaratan adalah hal pertama yang perlu dipersiapkan. Hal ini pun termasuk dalam jenis pinjaman jaminan sertifikat tanah kosong bank BRI.

Adapun persyaratan yang diperlukan untuk jenis pinjaman inipun pada dasarnya akan terbagi menjadi dua kualifikasi. Nah, berikut ini adalah dua kualifikasi persyaratan yang perlu dilengkapi nasabah bila ingin mengajukan pinjaman:

1. Persyaratan Umum

Pada jenis kualifikasi persyaratan yang pertama adalah pemenuhan syarat secara umum. Nantinya melalui kualifikasi persyaratan umum inilah kelengkapan persyaratan lainnya baru bisa disertakan untuk dievaluasi. Nah, lalu apa saja sih yang termasuk dalam syarat umum? Berikut ulasannya:

     Nasabah diharuskan rekening tabungan di BRI Agro.

     Minimal usia yang diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman adalah 21 tahun.

     Nasabah diharuskan memiliki penghasilan setiap bulannya.

     Melengkapi formulir untuk mengajukan pinjaman pada BRI Agro.

2. Persyaratan Dokumen

Persyaratan berikutnya yang perlu dilengkapi setelah nasabah memenuhi kualifikasi pada persyaratan pertama adalah kelengkapan dokumen. Nantinya pada kelengkapan dokumen ini akan terdiri dari beberapa poin yang diantaranya adalah:

     Mengajukan fotocopy KTP aktif dari suami serta istri.

     Memberikan lampiran salinan Kartu Keluarga.

     Melampirkan salinan NPWP sebagai pernyataan wajib pajak.

     Melengkapi fotocopy surat nikah dari suami serta istri.

     Memberikan lembaran pas foto suami serta istri.

     Melampirkan bukti rekening koran minimal 3 bulan terakhir.

     Memberikan lampiran agunan sertifikat tanah kosong.

Menilik Jenis Tanah Kosong untuk Jaminan

Tentunya BRI Agro sendiri juga memiliki kualifikasi yang harus dipenuhi untuk tanah kosong yang bisa dijadikan jaminan. Nasabah nantinya bisa mempertimbangkan kemungkinan pengajuan diterima dari jenis tanah kosong yang akan diajukan. Nah, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang tanah yang bisa dijadikan jaminan dan tidak bisa untuk dijaminkan:

1. Tanah yang Bisa Dijaminkan

BRI Agro menentukan 3 jenis tanah yang nantinya bisa dipertimbangkan oleh nasabah untuk kemudian dijaminkan sebagai agunan pinjaman. Jenis dari tanah kosong tersebut diantaranya adalah:

     Perkebunan menjadi jenis tanah kosong pertama yang bisa dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari produk BRI Agro ini.

     Sawah juga menjadi jenis lain dari tanah kosong yang bisa dijaminkan oleh nasabah.

     Tanah Matang menjadi jenis tanah kosong yang juga bisa dijaminkan. Pada jenis tanah satu ini berarti tanah kosong yang bisa ataupun siap untuk didirikan suatu bangunan diatasnya.

2. Tanah yang Tidak Bisa Dijaminkan

Memahami jenis tanah kosong yang boleh untuk menjadi jaminan tentu penting untuk diketahui begitupun dalam mengetahui jenis tanah yang tidak diperbolehkan. Nantinya melalui informasi ini maka, nasabah bisa mempertimbangkan pengajuan pinjaman supaya nantinya dapat diterima. Nah, berikut ini adalah 5 jenis tanah yang tidak diperbolehkan untuk dijadikan jaminan di BRI Agro:

     BRI Agro tidak menerima jaminan tanah kosong yang memiliki potensi pada daerah sering longsor.

     Tanah kosong di daerah perbukitan juga menjadi satu jenis tanah kosong yang tidak diijinkan untuk dijaminkan.

     Letak tanah tidak berada di daerah gang yang sempit.

     BRI Agro tidak menerima jaminan tanah kosong yang memiliki medan sulit.

     Tidak menerima tanah kosong dalam sengketa.

Nah, itulah tadi sekilas tentang pinjaman jaminan sertifikat tanah kosong bank BRI tepatnya BRI Agro yang bisa dijadikan pilihan pembiayaan tepat bagi nasabah. Melalui pembiayaan jenis ini nantinya nasabah bisa mendapatkan dana besar dengan cara memenuhi persyaratan dan prosedur yang dibutuhkan.