Rekomendasi 5 Aplikasi Pengukur Luas Tanah Terbaik -->

Kategori Berita

.

Rekomendasi 5 Aplikasi Pengukur Luas Tanah Terbaik

Faisol abrori
Jumat, 22 April 2022


Pengukuran luas tanah bukanlah hal yang rumit jika dilakukan pada tanah yang sempit dan simetris. Kesulitan akan muncul manakala tanah yang akan diukur cakupannya luas, sehingga membutuhkan banyak tenaga untuk mengukurnya. Faktor lain yang bisa menjadi penghambat pengukuran tanah adalah bentuk tanah yang tidak simetris. Keberadaan aplikasi pengukur luas tanah sangat membantu untuk mengatasi permasalahan tadi.

Penggunaan aplikasi pengukur ini dapat dibilang cukup mudah dan sederhana. Tingkat keakuratannya pun tinggi, bahkan ada yang hampir akurat. Hal tersebut menjadikan aplikasi ini sangat bermanfaat untuk meringankan pekerjaan manusia yang berhubungan dengan pengukuran tanah karena lebih menghemat waktu dan tenaga. Beberapa aplikasi pengukur lahan dapat disimak pada uraian berikut.

1. AutoCAD

AutoCAD merupakan aplikasi pengukur luas tanah hasil pengembangan yang dilakukan perusahaan Autodesk. Penggunaan AutoCAD pada mobile phone dapat mempersingkat waktu perhitungan luas tanah.

Aplikasi AutoCAD dapat diunduh langsung di Playstore, kemudian untuk cara penggunaannya hanya perlu mengikuti instruksi yang ada pada aplikasi. Hal awal yang harus dilakukan adalah membentuk denah tanah dengan polyline supaya seluruh garisnya terhubung, lalu ukur luasnya. Hasil pengukuran pun akan muncul.

2. Google Maps

Aplikasi Google Maps pada umumnya diketahui untuk mengukur jarak dari suatu lokasi ke lokasi lain atau mengecek rute jalan tertentu. Nyatanya, Google Maps juga dapat berfungsi untuk mengukur luas tanah. Hasil pengukuran luas tanah dari Google Maps mungkin tidak seakurat pengukuran manual, namun cukup menggambarkan kondisi yang sebenarnya.

Pengukuran luas tanah dengan Google Maps dapat dilakukan dengan cara mengklik gambar satelit. Kemudian, tulis lokasi keberadaan tanah yang hendak diukur pada kotak pencarian. Hasil yang lebih akurat dapat diperoleh dengan memperbesar (zoom) layar Google Maps.

3. Area Calculator

Rekomendasi aplikasi pengukur luas tanah berikutnya adalah Area Calculator. Aplikasi ini mampu mengukur luas tanah cukup dengan satu kali ketuk di peta yang sudah disediakan. Aplikasi Area Calculator memungkinkan penggunanya untuk menghapus tanda titik, sehingga pengguna lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Area Calculator juga memiliki fitur menyimpan luas tanah untuk waktu tertentu serta menyimpan hasil pengukuran yang sudah dilakukan. Cukup memudahkan bagi pengguna yang ingin mengukur luas tanah yang dimiliki, bukan?

4. Geo Area Calculator

Aplikasi Geo Area Calculator tepat digunakan untuk mengukur luas tanah pada properti yang akan dibeli. Aplikasi ini dilengkapi dengan Filed Ukur dan fitur canggih untuk mengukur luasan pada sebuah peta. Geo Area Calculator juga mempunyai GPS area yang di dalamnya terdapat bermacam jenis Map View, peta medan, satelit, dan peta pencaharian.

Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah fleksibel digunakan untuk survey, mempermudah dalam pekerjaan yang berkaitan dengan kebun dan pertanian. Bahkan bisa dibilang cukup baik dalam menyimpan catatan luas tanah, serta praktis digunakan untuk mengukur luas area padang rumput.

5. GPS Field Area Measure

Aplikasi GPS Field Area Measure merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan Global Apps Technology. Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan menentukan titik-titik pada bidang tertentu, kemudian aplikasi akan melakukan pengukuran luas tanah secara otomatis.

Fitur yang ada pada aplikasi ini di antaranya area calculator, area calculator for land, measure square foot area, measure distance and area, GPS land mapping app, field area measure free, serta map field measurement.

Demikian rekomendasi aplikasi pengukur luas tanah yang dapat dicoba. Setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan penggunanya. Penggunaan aplikasi juga disesuaikan menurut jenis pengukuran yang akan dilakukan apakah dalam kategori profesional atau tidak. Pengguna perlu melakukan pengukuran langsung untuk memastikan luas tanah yang sesungguhnya agar keakuratannya tepat.