Mengenal Asal Usul Seblak dan Fakta Menarik Makanan Khas Bandung ini! -->

Kategori Berita

.

Mengenal Asal Usul Seblak dan Fakta Menarik Makanan Khas Bandung ini!

Faisol abrori
Kamis, 07 April 2022

suara.com


Sebagian masyarakat Bandung pastinya mengetahui makanan khas yang satu ini. Makanan seblak tidak terlepas dari asal usul seblak dan fakta menarik makanan khas Bandung. Pasalnya sekarang makanan seblak sudah populer di berbagai wilayah Indonesia.

Kebanyakan orang yang menyukai makanan seblak ini berasal dari kalangan wanita atau anak-anak. Namun orang dewasa juga banyak yang menyukai makanan khas Bandung seperti seblak. Banyak masyarakat yang mengetahui makanan seblak, namun tidak mengerti asal usulnya.

Asal Usul Makanan Seblak Sebagai Makanan Khas Kota Bandung

Ternyata seblak ini merupakan makanan khas Kota Bandung dan memiliki kesamaan dengan makanan khas dari daerah Sumpiuh Jawa Tengah. Bahkan banyak masyarakat yang mengira bahwa seblak merupakan makanan khas daerah Sumpiuh.

Namun kenyataannya seblak adalah makanan khas Bandung dan memiliki asal usulnya tersendiri. Pastinya terdapat salah satu faktor mengapa seblak sering dikira sebagai makanan khas dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah.

Salah satu faktornya adalah makanan seblak visualnya mirip dengan makanan krupuk yang direbus pada tahun 1940-an. Setelah itu makanan seblak menjadi cukup populer pada tahun 2000-an di berbagai kalangan masyarakat.

Sementara menurut beberapa penjual makanan seblak di Kota Bandung, makanan seblak ini bentuknya hampir mirip dengan krupuk kuning yang direbus dan dikasih bumbu pedas sebagai rasanya.

Akan tetapi nama asli seblak berasal dari nama bumbu yang terbuat dari kencur dan cikur. Kemudian seiring berjalannya waktu masyarakat mulai menyebut makanan tersebut sebagai seblak.

Sekarang ini tampilan makanan seblak sedikit lebih diberi variasi oleh penjualnya. Beberapa penjual bahkan memberikan tambahan toping seperti telur, sayur, makaroni, mie, bakso, sosis, tahu dan lain sebagainya.

Maraknya masyarakat yang menyukai makanan seblak, sekarang ini beberapa orang menggunakan seblak sebagai media bisnis. Terdapat juga produk seblak instan yang bisa dibeli secara online hanya dari rumah saja.

Asal usul seblak dan fakta menarik makanan Bandung kali ini memang menarik untuk dibahas lebih dalam lagi. Beberapa produsen seblak sekarang menambah berbagai varian rasa seperti rasa gule, rasa rendang dan lain sebagainya.

5 Fakta Menarik Mengenai Seblak Makanan Khas Kota Bandung

Selain asal usul mengenai makanan seblak, Anda juga harus mengetahui berbagai fakta menarik mengenai makanan seblak sebagai makanan khas Kota Bandung ini. Seblak juga sudah ada sejak 60 tahun yang lalu.

Namun perbedaan seblak tradisional dengan seblak modern terletak pada isian makanannya. Dimana dalam menu seblak tradisional hanya terdiri dari ceker ayam dan kerupuk saja.

Sedangkan menu seblak modern isinya lebih beragam dengan tambahan topping sesuai dengan keinginan. Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai makanan seblak sebagai makanan khas Kota Bandung yang perlu Anda pahami.

1. Arti Kata Seblak Bagi Orang Sunda

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa arti sebenarnya dari kata seblak? Nama seblak sendiri ternyata berasal dari kata nyeblak. Dimana dalam bahasa Sunda arti kata nyeblak adalah mengagetkan.

Hal tersebut dimaksudkan dalam suapan pertama jika Anda memakan seblak, maka Anda akan terkejut dengan rasanya yang penuh akan rempah-rempah. Rasa seblak sendiri memang disajikan dengan sedikit lebih pedas dibandingkan menu lainnya.

2. Makanan Seblak Mirip Dengan Krupuk Godog

Selain kota Bandung yang memiliki makanan khas seblak, terdapat makanan khas dari daerah Sumpiuh Jawa Tengah yang tampilannya hampir sama dengan makanan seblak. Makanan tersebut sering disebut dengan krupuk godog.

Namun seiring dengan kepopulerannya makanan seblak, sekarang ini makanan krupuk godog mulai tersingkirkan. Walaupun bentuk dan tampilan dari kedua makanan ini mirip, ternyata kedua makanan tersebut memiliki perbedaan rasa yang jelas.

3. Makanan Seblak Dikatakan Bisa Menyebabkan Usus Buntu

Banyak yang mengira bahwa makanan khas Bandung seperti seblak ini bisa menyebabkan penyakit usus buntu. Hal tersebut juga didukung dengan argumen bahwa rasa pedas dari seblak memang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Akan tetapi bukan berarti makanan seblak bisa menjadi salah satu faktor penyebab penyakit usus buntu. Bagi Anda yang memang menyukai makanan seblak, sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi buah atau sayur.

Hal tersebut bertujuan supaya menjaga pencernaan Anda tetap sehat dan lancar, namun pastikan Anda membatasi mengkonsumsi seblak dan jangan berlebihan.

4. Terdapat Seblak Basah Dan Seblak Kering

Salah satu asal usul dan fakta menarik makanan khas Bandung ini adalah terdapat varian seblak basah dan seblak kering. Bagi Anda yang tidak menyukai makanan berkuah, maka bisa mencoba seblak kering.

Perbedaan antara seblak basah dan seblak kering ini terletak dalam bumbu-bumbunya yang disangrai dan dihaluskan. Kemudian berbagai bumbu yang sudah kering tersebut ditaburkan diatas seblak kering.

Namun sekarang ini makanan seblak sudah bisa ditemukan dalam warung atau warteg dengan harga yang relatif lebih murah. Bahkan terdapat seblak instan yang bisa Anda pesan secara online.

5. Seblak Mulai Populer Akibat Ojek Online

Makanan seblak memang sudah ada sejak 60 tahun yang lalu, namun sempat tersingkirkan oleh makanan modern lainnya. Hingga pada tahun 2000-an seblak mulai populer kembali akibat ojek online.

Ojek online membuat para penjual seblak kecil mulai dikenal kembali oleh masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang menyukai makanan khas Kota Bandung ini. Hingga saat ini banyak penjual seblak yang bermunculan di berbagai kota di Indonesia.

Cari Resep Seblak yang Lengkap? Kunjungi Mamasuka.com Aja!

Nah, aku mau rekomendasiin untuk temen-temen yang ingin mencari resep seblak, atau makanan lain untuk buka puasa, sahur, atau menu sehari-hari, coba deh kunjungi mamasuka.com, di situ tersedia banyak banget resep makanan yang mantep bener.  Selamat mencoba!