Perbedaan Strategi Lump Sum dan Strategi Berkala Untuk Investasi di Reksadana Pendapatan Tetap -->

Kategori Berita

.

Perbedaan Strategi Lump Sum dan Strategi Berkala Untuk Investasi di Reksadana Pendapatan Tetap

Faisol abrori
Kamis, 28 April 2022

    


image 1 :https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-smartphone-menjelajah-internet-7616812/

Mulai berinvestasi di Reksadana berarti Anda harus memilih salah satu instrumen investasi Reksadana yang tepat. Salah satunya, yaitu produk Reksadana Pendapatan Tetap. Reksadana jenis ini memiliki cara kerja yaitu dana yang Anda investasikan akan dialokasikan ke efek utang dengan memberikan pendapatan tetap. Efek utang yang dimaksud, seperti misalnya surat utang atau obligasi baik dari swasta maupun pemerintah, dengan jatuh tempo lebih dari 1 tahun. 

Saat melakukan investasi dengan Reksadana jenis ini, ada yang namanya strategi investasi Reksadana lump sum dan berkala. Keduanya punya kelebihan dan kelemahan masing-masing yang akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini. 

Kelebihan Dan Risiko Reksadana Pendapatan Tetap

Sebelum membahas perbandingan antara strategi Reksadana lump sum dan berkala, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan risiko Reksadana Pendapatan Tetap. 

Kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap

        Cocok untuk tipe profil risiko konservatif dan moderat, dalam investasi Reksadana dikenal beberapa tipe profil risiko dari Anda para investor. Bagi Anda yang memiliki tipe profil risiko konservatif dan moderat, maka sangat cocok memilih Reksadana Pendapatan Tetap. Karena keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap adalah memiliki tingkat risiko menengah dengan jangka waktu investasi menengah pula yaitu mulai dari waktu 1 sampai 3 tahun. Jadi bisa dibilang bahwa Reksadana jenis ini, cocok pula untuk investor yang cari aman. 

        Return Tinggi, ketika memilih investasi Reksadana tentu saja Anda mengharapkan imbalan hasil atau return yang tinggi. Begitu pula dengan Reksadana Pendapatan Tetap yang akan memberikan Anda potensi keuntungan 7 sampai 8% pertahun, bahkan bisa mencapai rata-rata 9%. 

        Mudah pencairan, Reksadana Pendapatan Tetap merupakan salah satu pilihan Reksadana yang sangat fleksibel. Ini karena Reksadana jenis ini bisa dicairkan kapan saja pada hari bursa. Waktu pencairan juga sangat cepat, hanya membutuhkan beberapa hari saja. Sehingga Reksadana Pendapatan Tetap bisa jadi sebagai investasi dan juga dana darurat yang bisa diambil sewaktu-waktu dibutuhkan. 

        Investasi yang resmi, Reksadana merupakan jenis investasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Menariknya lagi, keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap adalah saat pencairan Anda tidak akan dikenakan pajak. Ini dikarenakan produk Reksadana bukan merupakan objek pajak. 

Perbedaan Strategi Lump Sum dan Strategi Berkala Untuk Investasi



image 2 : https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-smartphone-laptop-bekerja-5387260/

Dalam berinvestasi di Reksadana, Anda juga perlu mengetahui strategi yang tepat. Untuk Reksadana Pendapatan Tetap, Anda bisa menggunakan strategi lump sum dan strategi investasi berkala.  Apa yang membedakan kedua strategi ini?

        Strategi Lump Sum

Cara kerja strategi ini yaitu dengan menempatkan sejumlah dana yang besar di awal investasi. Kemudian dana investasi dibiarkan terus bergerak naik turun dan mengikuti perkembangan pasar. Anda juga tidak perlu melakukan penambahan dana investasi sampai memutuskan untuk mencairkan dana.

Kelebihan dari strategi lump sum, tentu saja lebih efektif jika Anda tahu waktu yang tepat melakukannya. Adapun waktu yang tepat adalah saat harga Nilai Aktiva Bersih atau NAB sedang turun di posisi terendah. Dengan begitu, maka investor bisa membeli lebih banyak produk Reksadana Pendapatan Tetap dengan harga yang jauh lebih murah. 

Namun kekurangan dari Reksadana jenis ini adalah karena posisi terendah dari Nilai Aktiva Bersih juga tidak selalu baik. Selain itu metode lump sum, mengharuskan Anda untuk memiliki modal yang besar. Untuk strategi ini, Anda juga harus pintar menganalisa waktu yang tepat dalam berinvestasi. 

Metode ini lebih cocok bagi investor yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang dan sudah siap menghadapi risiko penurunan harga. Alasannya karena memang cukup sulit memilih waktu yang tepat untuk berinvestasi, bahkan sekelas Manajer Investasi saja cukup sulit menganalisisnya. 

        Strategi Berkala

Sementara untuk strategi berkala disebut juga dengan Dollar Cost Averaging atau DCA. Cara kerja dari strategi ini adalah Anda akan menginvestasikan dana secara teratur atau berkala, sesuai dengan nominal yang tetap di setiap periode pembelian. Pada saat investasi dengan strategi berkala ini, Anda tidak perlu melihat kondisi pasar.

Keunggulan dari Reksadana Pendapatan Tetap dengan menggunakan strategi berkala adalah lebih fokus untuk tujuan investasi. Strategi ini sangat tepat bagi Anda yang memiliki modal terbatas tetapi tetap ingin konsisten berinvestasi. 

Sementara itu untuk risikonya, keuntungan yang didapatkan tidak sebesar ketika Anda memilih investasi secara sekaligus. Makanya disebut cocok untuk yang belum terlalu memiliki banyak modal dan belum mengerti pergerakan pasar. 

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Lewat DBS Treasures

Setelah mengetahui perbedaan strategi lump sum dan  strategi investasi berkala dalam melakukan investasi di Reksadana Pendapatan Tetap,  Anda juga harus tahu mitra yang tepat untuk mengalokasikan dana investasi. Anda bisa mempercayakan pada DBS Treasures sebagai priority banking dengan yakin. Adapun kelebihan berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures adalah sebagai berikut. 

        Dikelola oleh profesional, tidak perlu khawatir saat investasi Reksadana pendapatan tetap di DBS Treasures. Ini karena dana yang Anda investasikan, akan dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures. Dengan adanya Manajer Investasi, mampu mengoptimalkan kinerja produk Reksadana yang Anda pilih. 

        Mendapatkan wawasan investasi, investasi Reksadana Pendapatan Tetap melalui DBS Treasures Anda juga bisa sekalian menambah wawasan investasi. Dimana, DBS Treasures memiliki tim ahli finansial yang andal dan proaktif untuk menyampaikan analisa pasar. Selain itu, Anda juga bisa lebih mengetahui peluang terkini pada pasar. Semuanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan aspirasi Anda.

        Kurangi risiko dengan diversifikasi, investasi dengan DBS Treasures juga membantu mengurangi risiko dengan adanya diversifikasi. Alasannya tentu saja karena dana Anda akan disebar ke berbagai jenis aset investasi sehingga akan mengurangi risiko investasi. 

Kini tentu Anda memahami perbedaan antara strategi lump sum dan strategi berkala pada investasi Reksadana Pendapatan Tetap. Untuk pilihan mitra investasi yang tepat hanya percayakan pada DBS Treasures sebagai priority banking.