Takaran Oli Samping Vespa Beserta Rekomendasi Oli Samping yang Bagus -->

Kategori Berita

.

Takaran Oli Samping Vespa Beserta Rekomendasi Oli Samping yang Bagus

Faisol abrori
Senin, 11 April 2022

 

takaran oli samping vespa


Hingga saat ini, motor klasik vespa masih banyak digandrungi oleh pecinta otomotif. Bagi yang tertarik dengan skuter legendaris tersebut, wajib mengetahui takaran oli samping vespa yang pas, supaya performa vespa tetap optimal. Vespa sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan, meskipun begitu kondisi bekasnya masih diburu banyak orang.

Takaran Oli Samping Untuk Vespa

Salah satu cara merawat vespa agar awet dan performanya tetap prima adalah dengan mengetahui takaran oli samping vespa yang tepat. Mengingat setiap merk sepeda motor memiliki takaran oli yang beragam, tidak terkecuali motor klasik yang satu ini. Lalu, berapa takaran oli samping untuk motor vespa yang ideal?.

Sebenarnya, takaran tersebut tergantung dengan kualitas dari oli yang digunakan, apakah memiliki kualitas bagus atau tidak. Untuk kualitas oli yang bagus, dapat menggunakan takaran 25 ML oli dan dicampur dengan 1 L bahan bakar. Sedangkan untuk oli yang memiliki kualitas standar, dapat menggunakan 30 ML untuk 1 L bahan bakarnya.

Apabila kompresi oli samping motor klasik yang satu ini sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka pengendara dapat menyiasatinya dengan mencampurkan oli samping tersebut secara langsung ke tangki bahan bakar. Dengan cara seperti ini pun tentu harus menggunakan takaran oli yang sesuai, agar performa dari motor vespa tidak berkurang.

Untuk takaran ini, dapat dilakukan dengan memanfaatkan tutup botol oli samping yang digunakan. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak pengendara vespa ketika dalam keadaan darurat untuk mendapatkan gambaran takaran oli yang tepat. Takaran ini disesuaikan dengan kebutuhan, untuk penggunaan harian dapat mencampurkan dua tutup oli dengan 1 L bahan bakar.

Oli Samping Motor Vespa Yang Memiliki Kualitas Bagus

Selain mengetahui berapa takaran oli samping vespa yang tepat, pengguna vespa juga perlu mengetahui oli samping yang bagus untuk vespa. Pemilihan oli yang tepat, tentu saja dapat melindungi piston, dinding silinder dan komponen lainnya dalam vespa. Bagi yang belum mengetahui oli samping yang bagus untuk motor vespa, simak rekomendasinya berikut:

1. Idemitsu

Oli Idemitsu pasti sudah tidak asing lagi bagi pengguna setia motor klasik vespa, karena memang sudah banyak digunakan. Oli Idemitsu ditawarkan dengan harga yang tidak begitu mahal, mulai dari kisaran 48 hingga 52 ribu. Selain sangat ramah mesin, oli ini pun dinilai dapat menghemat bahan bakar dan memaksimalkan performa vespa.

2. Castrol Activ 2T

Castrol Activ 2T juga termasuk salah satu oli yang memiliki kualitas bagus dan cocok digunakan pada motor vespa. Jika dibandingkan dengan Idemitsu, oli ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau, karena hanya berkisar 35 ribuan. Penggunaan oli Castrol Activ 2T dapat membuat tarikan vespa lebih enak untuk harian maupun touring.

3. Pertamina Mesrania

Oli samping untuk motor vespa keluaran dari pertamina ini kualitasnya juga cukup bagus, meskipun tidak sebagus merk Idemitsu. Namun, biasa dijadikan sebagai alternatif sekaligus menghemat budget untuk pembelian oli. Hanya saja, penggunaan oli yang dibanderol dengan harga 38 ribuan ini dapat menghasilkan asap yang lebih banyak dibandingkan 2 oli sebelumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai takaran oli samping vespa lengkap beserta rekomendasi oli yang bagus untuk digunakan pada mesin vespa. Namun, yang perlu diketahui bahwa pemilihan oli juga memperhatikan aspek dari vespa yang digunakan. Formulasi oli yang baik biasanya dapat dilihat dari knalpot yang mengeluarkan asap lebih sedikit dan wangi.