Wajib Tahu! Begini Prosedur Pelunasan Kredit Bank dan Cara Pengambilan Dokumen yang Benar -->

Kategori Berita

.

Wajib Tahu! Begini Prosedur Pelunasan Kredit Bank dan Cara Pengambilan Dokumen yang Benar

Faisol abrori
Minggu, 03 April 2022


Melunasi hutang atau kredit di bank tentu menjadi hal yang paling diidam-idamkan oleh sebagian besar orang. Namun, untuk melakukan pelunasan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada cara dan prosedur pelunasan kredit bank yang harus diketahui sebelum melakukannya.

Sebenarnya prosedur pelunasan harus sudah diketahui calon nasabah di awal proses pengajuan pinjaman. Hal itu bertujuan untuk memberikan gambaran kepada calon nasabah terkait prosedur yang harus dilakukan ke depan jika ingin melunasi hutangnya. Nah, bagi yang belum paham, simak hingga tuntas pembahasan prosedur pelunasan kredit berikut ini:

Prosedur Pelunasan Kredit Bank

Tidak hanya pengajuan kredit, dalam pelunasan pun juga ada prosedur yang harus dipatuhi. Setiap bank tentu memiliki prosedur yang berbeda, namun artikel ini akan memberikan contoh prosedur yang diberikan bank secara umum. Berikut 5 prosedur pelunasan kredit bank yang wajib diketahui semua calon nasabah

1. Bawa Dokumen ke Kantor Cabang Bank

Prosedur pelunasan kredit pertama yang harus dilakukan jika ingin melakukan pelunasan kredit di bank adalah membawa semua dokumen yang dibutuhkan. Siapkan semua dokumen pribadi dan bawa berkas tersebut ke kantor cabang bank terdekat.

Nah, dokumen yang diminta biasanya adalah KTP dan Buku tabungan atau kartu debitur, serta materai 10.000. Pastikan semua persyaratan tersebut telah disiapkan sebelum berangkat ke bank untuk melakukan pelunasan.

2. Tandatangani Surat Pelunasan Hutang

Jika semua dokumen sudah dipastikan lengkap, maka prosedur pelunasan kredit selanjutnya adalah menandatangani surat pelunasan kredit. Nasabah bisa langsung menuju bank dan mengambil nomor antrian. Jika sudah gilirannya, maka nasabah akan dipanggil ke customer service. Sampaikan maksud dan tujuan untuk melunasi hutang kepada customer service.

Petugas customer service akan meminta beberapa dokumen yang telah disebutkan sebelumnya kepada nasabah. Selanjutnya, petugas akan membuatkan surat pengajuan pelunasan hutang yang harus ditandatangani oleh nasabah di atas materai 10.000.

3. Proses Dokumen Pada Customer Service

Jika surat pengajuan pelunasan hutang sudah ditandatangani nasabah, maka selanjutnya dokumen tersebut akan diproses oleh customer service. Surat tersebut akan diteruskan kepada pihak berwenang untuk ditandatangani.

Selama proses tersebut nasabah akan disuruh menunggu kembali hingga selesai. Jika sudah, maka nasabah akan dipanggil kembali dan diberi surat pelunasan rumah yang sudah ditandatangani serta blangko untuk pembayaran di kasir.

4. Berikan Dokumen Kepada Teller

Nah, prosedur pelunasan kredit bank selanjutnya adalah melakukan pembayaran kepada Teller. Dokumen yang sudah diberikan oleh customer service tersebut selanjutnya sampaikan kepada teller.

Selanjutnya, petugas teller akan meminta sejumlah uang yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah pelunasan yang ada pada blanko. Setelah dibayar, maka teller akan memproses dan memberikan stempel lunas pada dokumen tersebut untuk diserahkan kepada Loan Admin.

5. Temui Loan Admin

Dokumen yang diberikan oleh teller tersebut harus difotocopy terlebih dahulu oleh nasabah sebelum diberikan kepada Loan Admin. Selanjutnya, maka datangi Loan Admin untuk dilakukan pengecekan data.

Petugas Loan Admin akan meminta dokumen yang telah diberikan oleh teller dan difotocopy. Kemudian, semua data akan dicek kebenarannya oleh Loan Admin. Jika sudah terbukti benar, maka nasabah akan disuruh menunggu maksimal 3 hari untuk pengambilan dokumen.

Cara Pengambilan Dokumen

Selain prosedur pelunasan kredit bank, nasabah juga harus mengetahui cara pengambilan dokumen yang benar. Hal itu sangat penting untuk menghindari denda yang diberikan bank jika tidak mematuhi arahan dan prosedur yang diberikan. Untuk itu, perhatikan waktu yang ditetapkan untuk pengambilan dokumen serta cara-cara berikut ini:

     Pastikan bahwa waktu pengambilan sesuai dengan yang ditetapkan pihak bank.

     Siapkan dokumen yang telah diurus dan difotocopy

     Ambil nomor antrian.

     Serahkan dokumen kepada customer service.

     Tunggu pengecekan dokumen hingga selesai.

     Jika sudah, maka nasabah akan dipanggil untuk diberikan dokumen agunan miliknya.

Itulah prosedur pelunasan kredit bank serta cara pengambilan dokumen yang wajib diketahui semua calon nasabah. Pastikan untuk memahami semua prosedur dan cara yang disebutkan di atas untuk menghindari penolakan atau bahkan denda dari pihak bank.