Melunasi hutang atau kredit di bank
tentu menjadi hal yang paling diidam-idamkan oleh sebagian besar orang. Namun,
untuk melakukan pelunasan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada cara dan
prosedur pelunasan kredit bank yang harus diketahui sebelum melakukannya.
Sebenarnya prosedur pelunasan harus
sudah diketahui calon nasabah di awal proses pengajuan pinjaman. Hal itu
bertujuan untuk memberikan gambaran kepada calon nasabah terkait prosedur yang
harus dilakukan ke depan jika ingin melunasi hutangnya. Nah, bagi yang belum
paham, simak hingga tuntas pembahasan prosedur pelunasan kredit berikut ini:
Prosedur Pelunasan
Kredit Bank
Tidak hanya pengajuan kredit, dalam
pelunasan pun juga ada prosedur yang harus dipatuhi. Setiap bank tentu memiliki
prosedur yang berbeda, namun artikel ini akan memberikan contoh prosedur yang
diberikan bank secara umum. Berikut 5 prosedur pelunasan kredit bank yang wajib
diketahui semua calon nasabah
1. Bawa
Dokumen ke Kantor Cabang Bank
Prosedur pelunasan kredit pertama
yang harus dilakukan jika ingin melakukan pelunasan kredit di bank adalah
membawa semua dokumen yang dibutuhkan. Siapkan semua dokumen pribadi dan bawa
berkas tersebut ke kantor cabang bank terdekat.
Nah, dokumen yang diminta biasanya
adalah KTP dan Buku tabungan atau kartu debitur, serta materai 10.000. Pastikan
semua persyaratan tersebut telah disiapkan sebelum berangkat ke bank untuk
melakukan pelunasan.
2.
Tandatangani Surat Pelunasan Hutang
Jika semua dokumen sudah dipastikan
lengkap, maka prosedur pelunasan kredit selanjutnya adalah menandatangani surat
pelunasan kredit. Nasabah bisa langsung menuju bank dan mengambil nomor
antrian. Jika sudah gilirannya, maka nasabah akan dipanggil ke customer service. Sampaikan maksud dan
tujuan untuk melunasi hutang kepada customer
service.
Petugas customer service akan meminta beberapa dokumen yang telah
disebutkan sebelumnya kepada nasabah. Selanjutnya, petugas akan membuatkan
surat pengajuan pelunasan hutang yang harus ditandatangani oleh nasabah di atas
materai 10.000.
3. Proses
Dokumen Pada Customer Service
Jika surat pengajuan pelunasan
hutang sudah ditandatangani nasabah, maka selanjutnya dokumen tersebut akan
diproses oleh customer service. Surat
tersebut akan diteruskan kepada pihak berwenang untuk ditandatangani.
Selama proses tersebut nasabah akan
disuruh menunggu kembali hingga selesai. Jika sudah, maka nasabah akan
dipanggil kembali dan diberi surat pelunasan rumah yang sudah ditandatangani
serta blangko untuk pembayaran di kasir.
4. Berikan
Dokumen Kepada Teller
Nah, prosedur pelunasan kredit bank
selanjutnya adalah melakukan pembayaran kepada Teller. Dokumen yang sudah
diberikan oleh customer service tersebut
selanjutnya sampaikan kepada teller.
Selanjutnya, petugas teller akan
meminta sejumlah uang yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah pelunasan yang
ada pada blanko. Setelah dibayar, maka teller akan memproses dan memberikan
stempel lunas pada dokumen tersebut untuk diserahkan kepada Loan Admin.
5. Temui
Loan Admin
Dokumen yang diberikan oleh teller
tersebut harus difotocopy terlebih dahulu oleh nasabah sebelum diberikan kepada
Loan Admin. Selanjutnya, maka datangi Loan Admin untuk dilakukan pengecekan
data.
Petugas Loan Admin akan meminta
dokumen yang telah diberikan oleh teller dan difotocopy. Kemudian, semua data
akan dicek kebenarannya oleh Loan Admin. Jika sudah terbukti benar, maka
nasabah akan disuruh menunggu maksimal 3 hari untuk pengambilan dokumen.
Cara Pengambilan
Dokumen
Selain prosedur pelunasan kredit
bank, nasabah juga harus mengetahui cara pengambilan dokumen yang benar. Hal
itu sangat penting untuk menghindari denda yang diberikan bank jika tidak
mematuhi arahan dan prosedur yang diberikan. Untuk itu, perhatikan waktu yang
ditetapkan untuk pengambilan dokumen serta cara-cara berikut ini:
● Pastikan
bahwa waktu pengambilan sesuai dengan yang ditetapkan pihak bank.
● Siapkan
dokumen yang telah diurus dan difotocopy
● Ambil
nomor antrian.
● Serahkan
dokumen kepada customer service.
● Tunggu
pengecekan dokumen hingga selesai.
●
Jika sudah, maka nasabah akan dipanggil untuk diberikan
dokumen agunan miliknya.
Itulah prosedur pelunasan kredit bank serta cara pengambilan dokumen yang wajib diketahui semua calon nasabah. Pastikan untuk memahami semua prosedur dan cara yang disebutkan di atas untuk menghindari penolakan atau bahkan denda dari pihak bank.