7 Manfaat Memiliki Rekening Bisnis Dan Kelebihannya -->

Kategori Berita

.

7 Manfaat Memiliki Rekening Bisnis Dan Kelebihannya

Faisol abrori
Selasa, 24 Mei 2022



Mengelola keuangan perusahaan ataupun bisnis ada baiknya untuk dipisahkan dengan keuangan pribadi. Oleh karena itu, seseorang harus memiliki rekening bisnis untuk menata keuangan secara profesional. Disamping itu, ketahui juga 7 manfaat memiliki rekening bisnis dan kelebihannya.

Sayangnya, memiliki rekening bisnis masih belum disadari banyak orang terutama pemilik bisnis seperti UKM. Untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya memiliki rekening bisnis, simak ulasan mengenai 7 manfaat memiliki rekening bisnis dan kelebihannya serta informasi lainnya dibawah ini.

Apa Itu Rekening Bisnis?

Sebagai pelaku bisnis, manajemen atau pengelolaan keuangan yang baik sangatlah diperlukan. Hal ini harus dilakukan agar arus keuangan bisnis dapat berjalan lebih lancar. Lantas apa sebenarnya rekening bisnis itu sendiri?

Salah satu alasan yang mungkin menjadi alasan mengapa banyak pelaku bisnis tidak memiliki rekening bisnis adalah terbatasnya informasi terkait rekening bisnis itu sendiri. Rekening bisnis merupakan jenis rekening yang ditujukan khusus bagi pelaku bisnis maupun perusahaan yang memberikan suku bunga lebih kompetitif dibanding jenis lainnya.

Tidak hanya itu, rekening bisnis menawarkan fitur dan fleksibilitas yang mampu mendukung kelancaran transaksi bisnis. Dengan memiliki rekening bisnis, pelaku bisnis dapat mengelola keuangan secara lebih terukur.

Rekening bisnis memiliki 7 manfaat dan kelebihannya yang lebih unggul dibanding produk keuangan lainnya. Seperti adanya detail transaksi yang lengkap pada tabungan, fasilitas transaksi otomatis, bahkan info cash flow setiap akhir bulan.

7 Manfaat Memiliki Rekening Bisnis

Berbagai manfaat dapat diperoleh dengan memiliki rekening bisnis. Mulai dari menarik banyak perhatian para investor, bisnis lebih diakui, hingga mengontrol keuangan usaha bisnis. Tak hanya itu, berbagai kelebihan dapat diperoleh melalui rekening bisnis. Keunggulan ini bisa berupa kemudahan saat melakukan registrasi untuk membuka rekening bisnis.

Memiliki rekening bisnis sangat bermanfaat nantinya pada saat memulai bisnis. Pelaku bisnis tidak perlu lagi khawatir jika terjadi transaksi atau kebutuhan yang sangat mendadak. Dibawah ini terdapat ulasan mengenai 7 manfaat memiliki rekening bisnis dan kelebihannya terutama bagi para pelaku UKM (Usaha Kecil menengah).

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Kredibilitas yang baik menjadi salah satu kunci penting dalam mengantarkan bisnis pada kesuksesan. Maka dari itu, untuk meningkatkan kredibilitas bisa dilakukan dengan cara membuka rekening bisnis itu sendiri.

Dengan rekening bisnis maka bisnis yang dimiliki akan dianggap lebih profesional di mata calon konsumen atau mitra lainnya. Hal ini disebabkan karena nama yang tercantum pada rekening bukanlah nama pribadi melainkan nama perusahaan. Meskipun begitu, pemilik tetap memegang kendali atas rekening tersebut.

2. Lebih Mudah Mengatur Aset Bisnis

Ketika memiliki rencana untuk melakukan ekspansi bisnis untuk meningkatkan omzet ke depannya nanti, maka proses mengatur bisnis akan terasa lebih mudah. Mengelola aset bisnis seperti tabungan, giro, atau deposito akan menjadi lebih mudah karena tidak tercampur dengan aset pribadi.

Lain halnya jika pelaku bisnis tidak memiliki rekening bisnis. Pelaku bisnis tentu akan repot ketika mengelola aset bisnis karena harus memisahkan terlebih dahulu mana aset pribadi dan aset perusahaan.

3. Melindungi Aset Pribadi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kini banyak pelaku usaha yang mencampurkan asetnya dengan aset perusahaan. Aktivitas ini bisa berisiko memicu pengelolaan keuangan yang tidak terukur. Sangat mungkin terjadi apabila aset pribadi terpakai untuk keperluan usaha tanpa disadari.

Dengan memiliki rekening bisnis dianggap sebagai cara paling ideal untuk dengan tegas membatasi antara aset pribadi dan perusahaan. Ketika nantinya bisnis mengalami kerugian ataupun gugatan, maka aset pribadi akan aman.

4. Meningkatkan Peluang

Yang dimaksud meningkatkan peluang disini adalah peluang untuk mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Ketika melakukan pengajuan pinjaman modal ke pihak pemberi pinjaman tentunya menjadi salah satu solusi dalam mengembangkan skala usaha bisnis.

Umumnya pihak bank akan meminta dokumen seperti laporan pemasukan dan pengeluaran untuk melakukan analisis bisnis yang dimiliki. Dengan memiliki rekening bisnis, proses mengatur dan melakukan pembukuan laporan keuangan menjadi mudah. Alhasil peluang pinjaman usaha semakin terbuka lebar.

5. Mengontrol Keuangan Bisnis

Modal menjadi salah satu kebutuhan utama ketika menjalankan suatu kegiatan usaha bisnis. Dengan begitu, pengeluaran serta pemasukan yang harus diatur sedemikian rupa untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Dengan memiliki rekening bisnis, pengeluaran dan pemasukan dapat dilihat secara lebih rinci. Alhasil pengelolaan keuangan bisnis dapat terpantau dan terkontrol sehingga bisnis bisa terus berkembang dengan kondisi keuangan yang sehat.

6. Dapat Dialokasikan Untuk Aset Lain

Memiliki rekening bisnis akan memudahkan pelaku bisnis untuk mempunyai aset lain yang berkaitan dengan kegiatan bisnis.  Aset lain yang dapat dimiliki dengan menggunakan rekening bisnis antara lain membeli ruko atau gedung, membeli kendaraan, ataupun membeli mesin produksi yang dibutuhkan.

Dengan mengalokasikan dana untuk keperluan aset bisnis lainnya akan menjamin keberlangsungan suatu bisnis. Selain itu, aset dapat dijual untuk memperoleh modal tambahan tanpa harus meminjam modal pada siapapun.

7. Jaga-jaga Saat Masa Sulit

Dalam menjalankan bisnis, tentu terdapat pasang surut pada usaha yang dimiliki. Tidak mungkin penjualan selalu ramai serta omzet dan laba terus meroket. Ada kalanya hal tersebut susut dan pelaku usaha susah payah mempertahankan bisnis.

Rekening bisnis dapat menyelamatkan perusahaan dari situasi sulit tersebut. Sebab, dana darurat perusahaan sudah dipersiapkan pada rekening bisnis. Idealnya persiapan dana darurat sekitar 3 kali pengeluaran bulanan bisnis sehingga dapat menghadapi resiko kapan saja.

Kelebihan Rekening Bisnis

Rekening bisnis dapat membantu manajemen keuangan perusahaan dan memberikan 7 manfaat dan kelebihannya yang cukup unggul. Setelah mengetahui apa saja manfaat rekening bisnis, ketahui juga apa saja kelebihan atau keunggulan yang dimiliki. Berikut adalah daftarnya.

     Suku bunga yang tinggi.

     Aman karena dijamin LPS(Lembaga Penjamin Simpanan).

     Bebas biaya transfer ke bank lain kecuali ke RTGS.

     Bebas biaya setoran warkat kliring.

     Perolehan bonus/reward berupa poin yang bisa ditukar dengan voucher belanja.

     Bebas biaya administrasi bulanan.

     Kemudahan bertransaksi.



Nah, melalui OK Bank, buka rekening menjadi lebih mudah, apalagi kini terdapat OK Time Deposit, dimana kita bisa menikmati simpanan yang berbentuk deposito, yang terpercaya, aman, dan tentu menguntungkan. Sesuai dengan misi dari OK Bank, yakni memajukan keuangan mikro di Indonesia melalui LKM, sehingga dana bisa dialokasikan untuk membantu mitra LKM dengan menyasar kepada masyarakat luas secara umum, dan lebih khusus masyarakat berpenghasilan rendah, maupun yang belum terjangkau layanan bank.

Demikian artikel tentang 7 manfaat memiliki rekening bisnis serta kelebihannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman pembaca. See you next time..