Air Terjun Tukad Cepung Bali, Rute, Lokasi, dan HTM -->

Kategori Berita

.

Air Terjun Tukad Cepung Bali, Rute, Lokasi, dan HTM

Faisol abrori
Senin, 09 Mei 2022

air terjun tukad cepung bali


Air terjun menjadi objek wisata yang sering diburu oleh masyarakat yang hobi dan ingin menikmati berbagai keindahan alam dengan suasana hijau yang asri dan sejuk. Di Bali, terdapat objek wisata Air Terjun Tukad Cepung yang mana menjadi daya tarik wisatawan domestik bahkan mancanegara. Maka dari itu, bagi wisatawan yang berencana untuk berlibur ke tempat outdoor dengan pemandangan indah, coba kunjungi wisata air terjun ini.

Baca juga : Pesona Air Terjun Jumog Karanganyar - Lokasi dan Harga Tiket Masuk (HTM)

Lokasi, Akses Jalan dan Harga Tiket Masuk Wisata

Objek wisata Air Terjun Tukad Cepung berlokasi di Jalan Tembuku, Bangli. Air terjun yang cantik dan eksotis ini dapat dikunjungi secara gratis, namun bagi wisatawan yang ingin berdonasi sesuai keinginan dapat memberikan uang kepada petugas yang sedang menjaga pintu masuk. Wisatawan dapat memberikan uang mulai dari Rp 15.000 kepada petugasnya.

Untuk mencapai objek wisata air terjun, wisatawan harus melewati rute dan akses jalan yang cukup menantang. Sebagai wisatawan yang sudah akrab dengan track pecinta alam, mungkin akses yang akan ditempuh tidak begitu menyusahkan. Namun bagi wisatawan baru, disarankan memakai outfit atau pakaian yang nyaman.

Selain itu, dipersiapkan juga sepatu yang nyaman untuk dipakai trekking. Hal tersebut berguna agar wisatawan tidak mudah terpeleset karena akses jalan berupa tanah yang berundak dan licin. Maka dari itu, menggunakan pakaian yang nyaman akan memberikan kenyamanan ketika melewati rute menuju lokasi air terjun.

Fasilitas Bagi Wisatawan Air Terjun

Terdapat fasilitas-fasilitas sederhana namun fungsional yang akan didapat oleh wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini. Berikut 4 fasilitas yang dapat dinikmati gratis maupun berbayar:

1. Jasa Tour Guide Sebagai Penunjuk Jalan

Objek wisata Air Terjun Tukad Cepung menyediakan jasa tour guide yang berfungsi sebagai penunjuk jalan bagi para wisatawan yang takut tersesat atau sekadar ingin mengetahui jalan tercepat. Tour guide dapat disewa dengan biaya seikhlasnya yang diberikan oleh wisatawan.

Keberadaan tour guide dapat mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan oleh wisatawan. Selain itu, tour guide juga dapat dijadikan fotografer dadakan untuk mengambil foto terbaik wisatawan ketika sudah sampai di air terjun.

2. Warung Kecil Untuk Beristirahat

Bagi wisatawan yang ingin beristirahat sebentar, terdapat warung kecil yang menjual berbagai makanan snacks dan minuman. Warung yang berfungsi sebagai menambah tenaga ketika lelah menempuh jarak trekking menuju air terjun. Wisatawan dapat menikmati mie instan, teh hangat dan lain sebagainya.

3. Area Parkir yang Sederhana

Area parkir yang sederhana namun aman, menjadi fasilitas berikutnya dari ari terjun terbaik di Bali ini. Wisatawan yang membawa mobil ataupun motor tidak perlu khawatir menitipkan kendaraannya. Terdapat petugas yang akan menjaga kendaraan wisatawan, yang mana nanti setelah pulang dari air terjun wisatawan dapat memberikan tips parkir seikhlasnya.

4. Penjual Jas Hujan dan Sandal Jepit

Bagi wisatawan yang berkunjung di saat musim hujan, terdapat penjual jas hujan plastik yang akan ditawarkan untuk wisatawan yang membutuhkannya. Terdapat pula sandal jepit yang dapat digunakan ketika wisatawan tidak membawa alas kaki yang nyaman ketika menempuh medan trekking menuju air terjun. Harga jas hujan dan sandal jepit juga sangat terjangkau.

Keindahan Air Terjun Sebagai Spot Foto

Ketika wisatawan sampai di lokasi Air Terjun Tukad Cepung, wisatawan akan diperlihatkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Selain disuguhi pemandangan hijau dan asri sepanjang jalan, wisatawan akan mendapatkan pemandangan aliran air bendungan yang dapat digunakan untuk mandi oleh masyarakat desa sekitar.

Bentuk air terjun yang menyerupai tirai sangat cocok menjadi latar belakang hasil foto yang indah. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan goa yang indah dengan bebatuan yang kokoh. Wisatawan dapat berendam dan mandi di air terjun, namun perlu diketahui bahwa air terjun ini cukup dalam. Sebaiknya wisatawan berhati-hati sebelum masuk ke dalam air.

Itulah berbagai informasi mengenai Air Terjun Tukad Cepung yang patut diketahui oleh wisatawan yang ingin mencari tempat healing terbaik di Bali. Tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai, Bali juga terkenal dengan berbagai objek wisata alam yang menampilkan hijaunya alam yang indah.