Aki GS vs Yuasa, Mana yang Lebih Bagus? Simak Perbedaannya! -->

Kategori Berita

.

Aki GS vs Yuasa, Mana yang Lebih Bagus? Simak Perbedaannya!

Faisol abrori
Rabu, 04 Mei 2022


Aki gs atau Yuasa mana yang lebih baik?

Sebenarnya perbedaan antara aki GS vs Yuasa tidak begitu jauh. Mulai dari kualitas dan keawetannya hampir sama. Semua tergantung dari cara merawat dalam penggunaan saja. Meski terkadang membuat bingung, biasanya GS Astra sering digunakan untuk motor Honda, sedangkan Yuasa untuk motor Yamaha.


Baca selanjutnya:

Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan ketika membeli aki merek GS Astra, pasalnya banyak barang yang palsu. Oleh karena itu, temukan kedua aki tersebut di tempat resmi. Di bawah ini akan dijelaskan perbedaan aki GS Astra dan Yuasa. Mana yang lebih bagus? Ini dia alasannya:


Aki GS Astra


Kendaraan baik motor maupun  mobil pasti menggunakan aki. Nah, GS Astra merupakan aki yang paling sering digunakan dan menjadi andalan, terutama untuk kendaraan mobil. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki dari aki GS Astra. Yuk pahami sebelum menentukan pilihan!


1. Aki Berwarna Bening


Meski sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, aki GS Astra tetap memiliki warna yang bening. Perawatannya juga sangat mudah dan hemat biaya karena tidak perlu menambah air aki dalam penggunaan.


Namun, warna yang bening itu membuat pengguna kesusahan mengetahui waktu  pergantian karena warnanya tidak berubah. Karenanya, harus sering dicek kualitas air aki minimal sebulan sekali.


2. Bebas Dari Karat


Kelebihan lain yaitu bebas karat, sehingga kebersihan air aki selalu terjaga. Hal tersebut juga yang membuat aki GS Astra bisa lebih awet. Hanya saja, semua tetap tergantung dari perawatan.


3. Daya Start Tinggi


Aki GS Astra memiliki daya simpan energi yang lebih lama. Oleh sebab itu, meskipun tidak digunakan dalam waktu lama, aki merk ini tetap mudah ketika di starter. Sangat cocok untuk kendaraan yang hanya digunakan sekali saja.


Aki Yuasa


Aki merk ini lebih banyak memiliki varian ukuran yang beragam daripada aki lainnya. Harganya memang lebih sedikit mahal, tetapi kualitasnya bagus. Selain itu, aki Yuasa tidak membutuhkan perawatan secara rutin. Lalu, apa saja kelebihan menggunakan aki merk Yuasa? Berikut penjelasannya!


1. Tidak Perlu Mengisi Daya Baterai


Di awal penggunaan, aki Yuasa tidak memerlukan pengisian daya terlebih dahulu. Sehingga langsung bisa digunakan pada kendaraan. Hal itu disebabkan karena kualitas bahan yang digunakan berkualitas.


2. Mudah Menentukan Jadwal Pergantian


Berbeda dengan GS Astra yang warna air aki tidak berubah, Yuasa tidak demikian. Pengguna bisa melihat perbedaan air yang mulai keruh dan menandakan harus diganti, sehingga tidak perlu rutin melakukan pengecekan.


Namun, bagaimana perawatan aki yang baik untuk keduanya supaya bisa dipakai dalam waktu lama? mari bahas lebih detailnya di bawah!


     Gunakan aki yang memiliki ampere sesuai spesifikasi. Tidak besar dan juga terlalu kecil.

     Jangan pakai spull dan kiprok yang tidak standar. Penggunaan yang tidak sesuai akan membuat aki bekerja lebih keras.

     Pakai aksesoris kelistrikan sesuai daya simpan dari aki yang digunakan dan tidak berlebihan. Seperti menambah alarm pengaman motor dan lampu tembak.

     Rutin melakukan pengecekan pada aki, terutama aki basah. Lakukan tambahan air jika sudah berkurang.

     Beli aki yang resmi dan masih baru.

     Panaskan minimal 3 hari sekali sekalipun tidak dipakai untuk berkendara.

     Cabut sambungan aki pada alat kelistrikan motor apabila tidak digunakan dalam waktu lama.


Aki GS vs Yuasa sama-sama memiliki keunggulan tersendiri. Pengguna dapat dengan mudah menemukan kedua merk aki tersebut. Kendati demikian, GS Astra lebih mudah ditemukan hampir di seluruh Indonesia.