Apa Itu Brand Extension? Ini Definisinya yang Harus Kamu Ketahui -->

Kategori Berita

.

Apa Itu Brand Extension? Ini Definisinya yang Harus Kamu Ketahui

Faisol abrori
Jumat, 27 Mei 2022

 


Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknik brand extension. Tapi apakah Kamu tahu Apa Itu Brand Extension? Ini Definisinya yang akan membantu kamu dalam mencapai target penjualan.


Penjelasan Brand Extension

 

Menurut Investopedia, brand extension adalah suatu strategi bisnis yang digunakan oleh brand yang sudah terkenal untuk mengembangkan produk baru yang berbeda dari produk sebelumnya.Teknik ini biasanya dikenal juga dengan brand stretching. Untuk menggunakan strategi ini, brand terlebih dahulu harus memiliki ekuitas (equity) yang stabil.

 

Pada dasarnya peran esensial digunakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kualitas produk. Tidak jarang digunakan untuk melihat ekultas dari brand suatu perusahaan.

 

Suatu brand extension dapat digunakan untuk menjangkau konsumen dalam ruang lingkup yang lebih luas. Suatu brand mapan pasti memiliki produknya sendiri dan ketika ini dikembangkan menjadi produk baru akan menjadi berbeda.

 

Terakhirnya suatu produk baru ini akan disebut dengan brand stretching. Di mana untuk mencapai kestabilitas dalam pemasarannya memerlukan strategi yang baik. Sekilas jika berbicara mengenai brand extension maka ini akan berkaitan dengan berbagai hal.

Guna mencapai suatu kestabilitas dalam perusahaan dan esensial dilakukan dengan melibatkan beberapa seperti berikut ini;

 

     Menciptakan produk baru selaras dengan produk aslinya namun berbeda fungsi.

     Memberikan fitur-fitur tambahan pada produk baru.

     Memperbaiki komponen yang sudah ada dalam suatu produk.

     Pelan-pelan menjangkau pasar yang lebih baik, dengan memperluas fungsi produk pada bidang keahlian produk tersebut.

     Menciptakan suatu produk baru yang melengkapi fungsi dari produk lama yang sudah laku di pasaran.

Contoh Brand Extension Yang Masih Banyak Peminatnya

 

Meskipun istilah brand extension merupakan istilah baru, tapi kenyataannya brand essence sudah dilakukan lebih dari 10 tahun oleh perusahaan-perusahaan terkemuka. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan peran ekstensif sangat berpengaruh terhadap suatu bisnis yang dijalankan.

 

Contoh terkecilnya dari perusahaan yang telah menerapkan sistem adalah Apple. Pada awal kemunculannya Apple hanyalah sebuah perusahaan kecil yang menciptakan Mac. Tetapi karena berhasil dalam menciptakan produk baru seperti iPad dan alat elektronik lainya membuat Apple sukses sebagai perusahaan global.

 

Bisa dilihat sama dengan sekarang jumlah pengguna Apple yang tersebar di setiap penjuru dunia. Tidak hanya membicarakan soal kualitas dari produknya, melainkan juga upaya dalam pengembangan barangnya. Contoh-contoh upaya Apple dalam sistem Brand Extension;

 

     Update iOS.

     Melengkapi sistem keamanan hp dan iPad.

     Menyedeiakan layanan servis tambahan.

 

Kini kamu pasti sadar peran penting dari brand extension. Jangan lupa memastikan bahwa bisnis kamu sudah mulai mengaplikasikan brand extension agar bisa segera berkembang pesat.