Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknik
brand extension. Tapi apakah Kamu tahu Apa Itu Brand Extension? Ini Definisinya
yang akan membantu kamu dalam mencapai target penjualan.
Penjelasan Brand
Extension
Menurut Investopedia, brand extension adalah suatu strategi
bisnis yang digunakan oleh brand yang sudah terkenal untuk mengembangkan produk
baru yang berbeda dari produk sebelumnya.Teknik ini biasanya dikenal juga
dengan brand stretching. Untuk menggunakan strategi ini, brand terlebih dahulu harus
memiliki ekuitas (equity) yang stabil.
Pada dasarnya peran esensial digunakan untuk meningkatkan
kesadaran terhadap kualitas produk. Tidak jarang digunakan untuk melihat
ekultas dari brand suatu perusahaan.
Suatu brand extension dapat digunakan untuk menjangkau konsumen
dalam ruang lingkup yang lebih luas. Suatu brand mapan pasti memiliki produknya
sendiri dan ketika ini dikembangkan menjadi produk baru akan menjadi berbeda.
Terakhirnya suatu produk baru ini akan disebut dengan brand
stretching. Di mana untuk mencapai kestabilitas dalam pemasarannya memerlukan
strategi yang baik. Sekilas jika berbicara mengenai brand extension maka ini
akan berkaitan dengan berbagai hal.
Guna mencapai suatu kestabilitas dalam perusahaan dan
esensial dilakukan dengan melibatkan beberapa seperti berikut ini;
●
Menciptakan
produk baru selaras dengan produk aslinya namun berbeda fungsi.
●
Memberikan
fitur-fitur tambahan pada produk baru.
●
Memperbaiki
komponen yang sudah ada dalam suatu produk.
●
Pelan-pelan
menjangkau pasar yang lebih baik, dengan memperluas fungsi produk pada bidang
keahlian produk tersebut.
●
Menciptakan
suatu produk baru yang melengkapi fungsi dari produk lama yang sudah laku di
pasaran.
Contoh Brand Extension
Yang Masih Banyak Peminatnya
Meskipun istilah brand extension merupakan istilah baru, tapi
kenyataannya brand essence sudah dilakukan lebih dari 10 tahun oleh
perusahaan-perusahaan terkemuka. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan peran
ekstensif sangat berpengaruh terhadap suatu bisnis yang dijalankan.
Contoh terkecilnya dari perusahaan yang telah menerapkan
sistem adalah Apple. Pada awal kemunculannya Apple hanyalah sebuah perusahaan
kecil yang menciptakan Mac. Tetapi karena berhasil dalam menciptakan produk
baru seperti iPad dan alat elektronik lainya membuat Apple sukses sebagai
perusahaan global.
Bisa dilihat sama dengan sekarang jumlah pengguna Apple yang
tersebar di setiap penjuru dunia. Tidak hanya membicarakan soal kualitas dari
produknya, melainkan juga upaya dalam pengembangan barangnya. Contoh-contoh
upaya Apple dalam sistem Brand Extension;
●
Update
iOS.
●
Melengkapi
sistem keamanan hp dan iPad.
●
Menyedeiakan
layanan servis tambahan.
Kini kamu pasti sadar peran penting dari brand extension. Jangan lupa memastikan bahwa bisnis kamu sudah mulai mengaplikasikan brand extension agar bisa segera berkembang pesat.